Advertisement
Advertisement

7 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan

Sebagai bunga dengan bentuk yang indah, bunga matahari tidak hanya bagus untuk dipandang sebagai tanaman hias. Bunga dengan kelopak besar ini nyatanya telah lama dikenal memiliki banyak manfaat mulai untuk memasak sampai kecantikan kulit. 

Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan

SEBAGAI salah satu tanaman hias, bunga matahari memang sangat sedap dipandang karena bentuknya yang indah. Namun siapa sangka, dibalik keindahannya, bunga yang asli berasal dari Amerika ini memiliki segudang manfaat bagi kecantikan kulit

Untuk urusan kecantikan, bunga dengan kelopak besar ini ternyata memiliki sifat emolien atau melembabkan yang sangat baik untuk kulit. Sifat melembabkan tersebut bisa Anda dapatkan melalui minyak bunga matahari yang berasal dari biji bunga matahari. 

Minyak bunga matahari sendiri memiliki komponen utama asam linoleat. Selain asam linoleat, komponen lainnya yang ada dalam minyak bunga matahari adalah asam oleat, asam palmitat, lesitin, karotenoid, tocopherol dan jumlah vitamin A, D dan E. yang cukup besar.

Biji Bunga Matahari dan Minyak

Pada dasarnya ada dua jenis biji bunga matahari yaitu biji bunga matahari minyak dan biji bunga matahari non-minyak. Biji bunga matahari minyak dapat dimakan dan digunakan untuk ekstraksi minyak, sedangkan biji bunga matahari non-minyak digunakan untuk memberi makan hewan dan tidak untuk dikonsumsi manusia.

Sementara itu, minyak biji bunga matahari diekstraksi dari biji hitam serta seluruh bagian bunga matahari. Minyak bunga matahari biasanya berwarna kuning dengan cita rasa ringan dan enak, sedangkan minyak yang dimurnikan akan berwarna kuning pucat.

Dapatkan Nourish Skin Bio White Serum Box dengan harga Rp 170.000,- Beli di sini

Manfaat Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari dapat digunakan sebagai perawatan kulit alami. Sifat menenangkan dan emolien (melembabkan) sangat baik untuk kulit. Minyak bunga matahari ini kaya akan nutrisi dan antioksidan sehingga sering digunakan untuk mengatasi permasalahn kulit dan menjadi campuran dalam kosmetik.

Terbukti, manfaat bunga matahari untuk kulit dapat melawan jerawat, eksim, radang, kemerahan umum, dan iritasi pada kulit. Beberapa manfaat minyak bunga matahari untuk kulit adalah sebagai berikut.

1. Pelembab

Sifat emolien yang terkandung di dalam minyak bunga matahari dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Menggunakan minyak bunga matahari sebagai lotion pada kulit bayi juga dapat membuatnya lebih segar dan lembab. 

Selain itu, manfaat bunga matahari untuk kulit lainnya adalah sebagai minyak pijat yang dapat mengurangi infeksi kulit hingga hampir 14 persen. Oleh karena itu, minyak bunga matahari bisa digunakan di perawatan kulit sehari-hari.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minyak bunga matahari sangat tinggi vitamin E dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya seperti minyak almond atau shea butter. Vitamin E sangat penting untuk mencegah kerusakan sel kulit oleh sinar ultraviolet atau sinar UVA dari sinar matahari. Vitamin E meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit Anda dengan mencegah bekas luka dan menyamarkan keriput.

Baca juga: Kenali 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

3. Mengatasi Jerawat

Minyak bunga matahari juga kaya akan Vitamin A, C, dan D serta karotenoid dan wax sehat yang membentuk pelindung pada kulit yang sangat efektif dalam mengobati jerawat.

Minyak bunga matahari sering dipilih sebagai obat jerawat karena teksturnya yang sangat ringan dan mudah terserap ke dalam kulit dengan mudah, tanpa menyumbat atau menghalangi pori-pori wajah

Vitamin dan asam lemaknya berperan sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel kulit mati dan membantu kulit menghilangkan jerawat yang menyebabkan bakteri. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kulit cerah dan sehat secara alami.

4. Kaya Beta-Karoten

Beta-karoten adalah senyawa berpigmen kaya lemak dan kaya lemak yang dapat diubah menjadi Vitamin A dan sifat antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan dan kulit Anda. Minyak bunga matahari adalah sumber beta-karoten yang sangat baik.

Konsumsi senyawa ini membuat kulit Anda kurang sensitif terhadap sinar matahari. Antioksidan di dalamnya menetralkan radikal bebas yang menembus kulit Anda, menyebabkan sengatan sinar matahari dan jenis kerusakan matahari lainnya seperti kanker kulit.

5. Mengurangi Tanda Penuaan

Paparan radikal bebas dan sinar matahari yang berlebihan dapat mempercepat proses penuaan kulit yang menyebabkan munculnya keriput dan garis halus pada usia dini. Hal tersebut jelas sangat menakutkan bagi wanita karena wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang terlihat jelas.

Namun Anda tidak perlu khawatir, cukup dengan memakai minyak bunga matahari, maka wajah akan lebih sehat dan cerah. Manfaat tersebut didapat karena minyak bunga matahari mengandung antioksidan tinggi yang dapat memelihara kecantikan kulit. 

Dapatkan Bio Oil Botol dengan harga Rp 95.600,- Beli di sini

6. Mengatasi Kulit Kering

Sebagai emolien yang alami, minyak bunga matahari meningkatkan kapasitas penyimpanan air yang bermanfaat menjaga kelembaban kulit Anda. Manfaat ini jelas sangat berguna terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur minyak bunga matahari dan minyak jarak. Kedua bahan ini sangat efektif membuat kulit Anda kenyal serta mengeluarkan sel-sel mati dan kotoran yang terperangkap dalam kulit.

Campuran ini bisa digunakan sebagai pembersih wajah dan tidak perlu menggunakan pelembab karena minyak matahari telah mengandung asam lemak dan vitamin untuk melembabkan kulit Anda.

7. Merawat Kulit Sesuai dengan Kondisinya

Minyak biji bunga matahari adalah minyak dengan kualitas bagus karena teksturnya yang ringan dan sangat sesuai untuk perawatan mata dan kulit. Minyak bunga matahari sangat cocok untuk kulit normal hingga kering dan banyak juga digunakan sebagai minyak aromaterapi.

Dengan aroma dan teksturnya yang ringan, produk kecantikan dengan minyak matahari akan menciptakan kesan lembut pada kulit. 

 

 

Banyaknya manfaat minyak bunga matahari untuk perawatan kulit alami tentunya menarik perhatian dunia kecantikan. Apakah Anda ingin mendapatkan kulit cerah dan sehat? Jika iya, cobalah untuk mengaplikasikan minyak bunga matahari secara rutin. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi