FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

6 Manfaat Apel untuk Kecantikan Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan cantik adalah dambaan setiap wanita. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak sedikit wanita yang menggunakan banyak produk kecantikan berbasis kimia. Padahal, banyak bahan di sekitar Anda yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan rambut, seperti apel

Manfaat Apel untuk Kecantikan Rambut

APEL adalah buah yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim dingin, tapi Asia Tengah adalah negara pertama yang menanam pohon apel sehingga bisa dikatakan juga bahwa buah ini tumbuh subur di daerah tropis.

Sebagai buah yang memiliki rasa manis dan banyak mengandung air, buah apel menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya dimakan mentah, apel juga diolah menjadi berbagai macam bentuk mulai dari campuran kue sampai jus. 

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Apel

Apel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bekerja sama memberikan kontribusi terbaik bagi sistem tubuh manusia untuk menjadi sehat dan terlindungi dengan baik. Apel mengandung flavonoid, polifenol, dan vitamin C yang bertindak sebagai anti oksidan untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang mengancam kesehatan.

Kandungan beta karoten (vitamin A) di dalamnya juga mampu melawan sel kanker dan menurunkan kolesterol. Ada juga turunan vitamin B kompleks seperti tiamin, riboflavin, dan piridoksin untuk memperkaya manfaat apel.

Dengan semua manfaat tersebut, sudah tidak perlu diragukan jika Apel sangat baik dikonsumsi dan bagus untuk kesehatan.

Baca juga: 13 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kecantikan Rambut

Namun tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tahukah Anda jika ternyata apel juga bisa memberi manfaat bagi kesehatan rambut? Ya, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa apel mampu menjaga rambut agar sehat berkilau. Nah, daripada penasaran, berikut ini manfaat apel bagi kesehatan rambut.

1. Mengatasi Kerontokan Rambut

Rambut rontok adalah masalah yang menjengkelkan. Banyak orang menyerah untuk mengatasi masalah rambut rontok setelah mencoba berbagai cara tapi tidak juga berhasil. Jika Anda salah satu dari mereka, sudahkah Anda menggunakan apel sebagai perawatan rambut intensif untuk mengatasi kerontokan?

Apel yang tidak dikupas mengandung procyanidin B-2 dan biotin. Senyawa alami ini berfungsi dalam mengikat protein yang bisa memicu pertumbuhan rambut. Terlebih lagi, apel bisa menguatkan akar rambut sehingga bisa mencegah kerontokan rambut yang parah.

Anda bisa mengonsumsi satu buah apel setiap hari. Jika Anda bosan, apel juga bisa dijadikan minuman jus asalkan tanpa mengupas kulit. Ekstrak biji apel juga menjadi nutrisi penting dalam menstimulasi pertumbuhan rambut. Ekstrak biji apel ini bisa ditemukan pada produk sampo.

Dapatkan Mustika Ratu Minyak Cem-Ceman 75ml dengan harga Rp 12.300,- Beli di sini

2. Perawatan Kulit Kepala Kering

Kesehatan kepala adalah faktor yang menentukan kondisi rambut Anda. Apel mengandung senyawa yang bisa melindungi kulit kepala dari efek buruk sinar matahari dalam bentuk UVB sehingga menjaga kelembapan kulit kepala dan mencegahnya mengering.

Selain itu, debu, kotoran, dan radikal bebas bisa menjadi penyebab kulit kepala dan gundukan gatal. Kulit kepala yang bermasalah bisa memicu rambut rontok. Anda juga bisa mencoba perawatan rambut dengan cuka apel sebagai perawatan kulit kepala kering.

3. Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang, apalagi saat Anda banyak beraktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung di kepala. Ketombe timbul karena kotoran yang tertinggal di kulit kepala, sampo yang tidak bersih, atau faktor stres.

Apel memiliki kandungan serat yang disebut pyrus malus. Serat jenis ini bisa berfungsi sebagai penyeimbang tingkat pH pada rambut dan membantu membersihkan kotoran dari kulit kepala sehingga Anda bisa terbebas dari ketombe.

Bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan apel? Anda bisa langsung mengoleskan jus apel sebagai pembersih terakhir setelah Anda mencucinya.

Baca juga: Ladies, Rawat Rambut Berwarna dengan 10 Tips Ini!

4. Merawat Rambut Panjang

Rambut sehat berkilau dan panjang memang menjadi impian banyak orang, sebab rambut untuk para wanita adalah penunjang penampilan utama. Jika Anda memiliki rambut panjang, pastikan untuk memerhatikan cara perawatannya.

Apel adalah salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut panjang secara alami. Kandungan nutrisi apel bisa membuat rambut Anda tetap sehat dan terbebas dari berbagai masalah.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari masker rambut apel sebagai salah satu cara untuk melembutkan dan mencegah rambut bercabang. Gunakan kulit apel yang telah dicampur sebagai masker rambut Anda. Manfaat kulit apel untuk perawatan rambut memang tak diragukan lagi.

5. Membuat Rambut Hitam dan Bersinar

Selain menyebabkan berbagai masalah rambut seperti kulit kepala kering dan ketombe, efek buruk sinar matahari juga cenderung merubah warna rambut menjadi kusam dan tidak berkilau.

Radikal bebas yang kita dapatkan dari aktivitas sehari-hari juga bisa berkontribusi terhadap kusamnya rambut. Apel bisa memberi perawatan rambut sehingga Anda bisa mendapatkan cahaya alami kembali.

Cara rambut hitam dengan apel adalah dengan menggunakan apel yang telah dihaluskan. Setelah itu pakai pada rambut secara merata, diamkan beberapa saat dan bilas sampai bersih. 

Dapatkan Nutrimax Hair Shine dengan harga Rp 387.000,- Beli di sini

6. Mencegah dan Menghilangkan Uban Rambut

Uban bisa dialami saat usia berapapun. Tidak hanya dimiliki oleh orang tua, tapi generasi muda bisa memiliki uban di sela-sela rambut hitam. Ini pasti akan sangat mengganggu tampilan dan membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab pertumbuhan uban. Selain berasal dari keturunan, faktor ini meliputi kesehatan kulit kepala, kekurangan gizi, dan stres.

Usahakan mengatasi uban yang tumbuh di sela-sela rambut hitam Anda dengan menggunakan apel yang hancur. Kandungan polifenol dalam apel bisa memperbaiki kesehatan rambut dan memberi warna hitam mengkilap.

 

Itu dia manfaat apel untuk kesehatan rambut yang perlu Anda ketahui. Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu bingung untuk merawat rambut, sebab buah apel bisa menjadi perawatan rambut intensif alami yang minim efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi