Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Makan Kentang Untuk Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

Oleh: AsmaraKu Editorial | 4 menit membaca


Bagi sebagian orang, terutama di Indonesia, mengonsumsi kentang merupakan hal yang biasa dan tidak terlalu diketahui manfaatnya. Akan tetapi, tahukah Anda, bahwa kentang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda? Simak fakta-faktanya berikut ini!

Makan Kentang Untuk Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya!

SEBUAH penelitian yang diterbitkan dalam The BMJ menemukan bahwa makan kentang sebanyak empat porsi atau lebih, baik kentang panggang, kentang tumbuk, kentang goreng, atau keripik kentang per minggu sangat berhubungan dengan kelancaran tekanan darah Anda, dan sangat berpotensi untuk menurunkan berat badan. Sementara itu, porsi kentang dan sayuran harian seperti bayam dan brokoli dapat dikaitkan dengan penurunan kadar tekanan darah.

Lalu bagaimana kita  memakan kentang supaya enak? Kita dapat mencampur kentang goreng, misalnya dengan mentega, krim kental, atau saus, hmm mouthwatering! Namun dalam salah satu Journal of American College of Nutrition Study, penelitian menemukan bahwa ketika orang mengikuti pola makan kentang dengan resep sehat, mereka akan benar-benar mengalami penurunan berat badan dengan memakan 5-7 porsi kentang per-minggu. Berikut adalah fakta-fakta mengonsumsi kentang dapat menurunkan berat badan Anda.

 

KENTANG MENCEGAH TERLALU BANYAK MAKAN

jual suplemen multivitamin lengkap hanya di AsmaraKuKentang menjadi salah satu makanan yang dapat membuat Anda tidak terlalu banyak makan. Anda bahkan dapat mengonsumsi kentang sebagai makanan pokok Anda. Serius. Dalam Journal of American College of Nutrition Study, para peneliti menjelaskan bahwa orang-orang yang meningkatkan asupan kentang secara otomatis akan mengurangi keseluruhan asupan kalori harian mereka.

Pertanyaannya, apa yang membuat kentang dapat ‘mengisi’ tubuh Anda? Sebuah penelitian di Purdue University menunjukkan, kentang putih mengandung 4,7 gram serat, yang hampir sama dengan apel. Selain itu, kentang juga kaya akan saripati, yang akan mengisi saluran pencernaan Anda dan membuatnya melambat sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama.

Yang lebih mencengangkan lagi dan mungkin Anda belum pernah mengira, bahwa kentang juga mengandung 4,3 gram protein. Memang angka ini tidak sebanyak dada ayam, tapi mengonsumsi kentang akan lebih baik daripada kebanyakan sayuran.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Diet


KENTANG MEMILIKI PENYERAPAN KALORI RENDAH

Tahukah Anda bahwa kentang memiliki kadar penyerapan kalori rendah? Itu artinya, tenaga yang Anda gunakan akan semakin lama, dan tidak cepat lelah. Kentang hanya memiliki kadar 163 kalori.

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa semua ini hanya tergantung bagaimana Anda mengolah dan mengonsumsi kentang. Terlebih lagi, kentang memiliki saripati yang sulit untuk dicerna, sehingga Anda tidak benar-benar dapat menyerap semua kalori yang ada. Bahkan untuk kentang yang sekarang masih di piring Anda.

Jika Anda tidak yakin bahwa kentang memiliki kalori rendah, Anda dapat merebusnya atau memanggangnya dengan sayuran yang memiliki kandungan nutrisi semisal rempah-rempah, yogurt Yunani, telur rebus, salsa, kacang panggang, irisan alpukat, atau makanan lain yang Anda sukai. Mungkin terkesan tidak wajar, tapi kentang memiliki memiliki rasa ringan yang dapat dicampur dengan bahan-bahan yang lain yang Anda sukai.

 

KENTANG MEMBUAT TENAGA ANDA LEBIH TAHAN LAMA

jual suplemen untuk daya tahan tubuh lengkapDalam hal ini, bisa dikatakan bahwa kentang dapat menjadi andalan bagi para atlet. Itu karena kentang merupakan “bahan bakar” bagi tubuh Anda sehingga menjadi energi yang cukup untuk kerja Anda.

Selama Anda berlama-lama melakukan olahraga, gula darah dan glikogen otot (karbohidrat yang disimpan) serta kalori yang dihasilkan kentang menjadi sumber utama bagi tubuh Anda. Itu sebabnya, menurut penelitian Sports Medicine, karbohidrat  dapat meningkatkan olahraga secara maraton dan intensitas kinerja tubuh. Dan olahraga yang baik adalah olahraga yang banyak membakar kalori sehingga dapat membangun otot-otot Anda.

Selain itu, karbohidrat kentang tidak seperti karbohidrat lainnya, kentang mengandung cukup serat dan protein untuk menjaga kadar gula darah Anda. Meskipun sebagian besar pecinta kentang tidak menyadarinya, namun kentang sebenarnya mengandung lebih banyak kalium dibanding pisang. Dengan mengonsumsi kentang, Anda akan mendapatkan cukup elektrolit yang penting untuk fungsi otot Anda.

 Baca juga: Diet Gluten Free, Yuk!

 

KENTANG ADALAH KARBOHIDRAT KOMPLEKS

Kentang sebenarnya mengandung karbohidrat kompleks, bahkan jika Anda tahu bahwa karbohidrat kentang sangat baik sebagai cara menurunkan berat badan. Penelitian sebelumnya telah secara konsisten meneliti terkait karbohidrat kompleks yang sangat berguna menurunkan berat badan. Manfaat kentang dengan patinya sangat berguna untuk mengontrol gula darah, yang pada gilirannya berguna bagi penurunan berat badan dan mencegah resistensi insulin.

Sekarang, Anda tidak perlu ragu lagi mengonsumsi kentang yang kaya karbohidrat ini, apalagi untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan Anda. Cukup mudah, bukan? 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_obat pelangsing, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli krim pelangsing, Beli muscle recovery, Beli suplemen fitnes, Beli suplemen pelangsing, Beli weight loss

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com