FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Lelah dengan Bau Badan? Simak 5 Cara Mengatasinya!

Selain mengganggu diri sendiri dan orang lain, bau badan tentu akan membuat kepercayaan diri Anda menurun drastis.

PERHATIKAN ekspresi teman Anda ketika kalian sedang asik mengobrol, apakah Anda tiba-tiba mendapati sesuatu yang aneh pada ekspresi mereka?

Jika ya, cobalah segera cek lipatan lengan atau ketiak Anda. Bisa jadi, itu karena Anda menyebarkan bau badan yang tidak enak dan sangat menganggu!

Apalagi, bau badan terkadang hadir pada saat yang tidak diduga dan diharapkan. Mungkin menggunakan deodoran untuk bau badan berlebih saja tidak cukup memberikan perlindungan sepanjang hari.

Sementara itu, Anda tidak mungkin bisa mandi setiap Anda bau badan, bukan? Jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara yang efektif, lho! berikut ulasannya.

1. Mandi dengan sabun alami anti bakteri

Keringat tidak selalu menjadi penyebab bau badan berlebih yang Anda alami. Bakteri di kulit Anda yang bercampur dengan keringat akan menghasilkan aroma yang tidak sedap, atau yang dikenal dengan bau badan.

Cara ampuh mengatasi bau badan adalah dengan menyerang penyebab utamanya, yaitu bakteri. Gunakan sabun mandi antibakteri supaya bakteri di kulit Anda mati. Anda pun akan merasa bersih dan segar.

Beberapa sabun mengandung bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti triclosan.

Jika Anda khawatir pada bahan kimia ini, Anda bisa menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti tea tree oil, oregano, peppermint dan kayu putih. Zat-zat alami ini memiliki sifat anti bau dan antibakteri untuk menjaga Anda tetap wangi.

2. Gunakan breathable undershirt

Mengenakan kaos adalah cara yang bagus untuk mencegah bau badan. Alih-alih merembes ke pakaian, kaos dapat menyerap keringat Anda.

Selain itu, kaos juga menjaga kelembaban dan mengurangi bau badan. Pilihlah kaos yang terbuat dari kain berbahan alami seperti katun yang dapat membantu melawan bau badan yang tidak sedap.

Bahan sintesis seperti poliester dan rayon justru membuang kelembaban dan bakteri ke luar, membuat bekas keringat sangat terlihat sertamenciptakan bau yang menyengat

3. Gunakan deodoran probiotik

Anda mungkin pernah mendengar bahwa probiotik sangat baik untuk kesehatan usus, tetapi apakah Anda tahu probiotik juga bagus untuk kulit Anda?

Probiotik adalah bakteri baik yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab bau badan berlebih.

Menjaga habitat yang sesuai bagi bakteri probiotik di ketiak Anda adalah kunci melawan bau badan. Anda bisa melakukannya dengan deodoran yang mengandung probiotik.

Baca juga: Bau Ketiak? Yuk Intip Deodorant Paling Oke untuk Mengatasinya!

4. Gunakan cuka sari apel

Jika Anda tidak menyukai deodoran probiotik, ada cara lain yang dapat Anda coba yaitu cuka sari apel. Sifat antiseptiknya dapat membunuh bakteri dan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit Anda.

Cara memaikainya pun mudah, cukup cuci bagian badan yang rawan bau dengan cuka sari apel seperti ketiak, leher, atau area lainnya yang rentan terhadap bau, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari untuk menghindari bau badan.

5. Perhatikan apa yang Anda makan

Asupan makanan yang Anda konsumsi juga dapat memengaruhi aroma tubuh, bisa menjadi lebih baik atau justru menjadi lebih buruk. Berikut adalah daftar apa jenis makanan penyebab bau badan dan yang mencegah bau badan.

Makanan pencegah bau badan:

  • Buah-buahan dan sayuran yang tidak mengandung belerang
  • Rempah-rempah
  • Yogurt
  • Kefir
  • Kombucha (fermentasi teh manis)
  • Acar
  • Kol parut segar

 Makanan penyebab bau badan

  • Makanan pedas
  • Bawang putih dan bawang merah
  • Daging merah
  • Makanan olahan
  • Sayuran yang mengandung belerang seperti brokoli, kubis dan kembang kol
  • Kafein dan alkohol
Makanan penyebab bau badan tentu boleh dimakan, namun jika Anda memakan dalam jumlah berlebih Akan menyebabkan bau badan.

    Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


    Sumber

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait

    icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
    Keranjang Belanja
    Halaman Privasi
    Kembali —

    Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
    ketika berbelanja di Asmaraku.com

    Gambar Halaman Privasi