FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ladies, Sudahkah Anda Tahu 9 Fakta Unik Tentang Puting Anda?

Baik pria maupun wanita memiliki puting sebagai bagian dari anatomi tubuh. Tetapi, ada beberapa fakta unik tentang puting yang tidak semua orang tahu.

SALAH satu bagian tubuh wanita yang sensual ini juga bisa memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Bagaimana cara mengidentifikasi bentuk puting sehat atau bentuk puting normal?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui wanita tentang fakta unik puting Anda.

1. Ada 4 hingga 8 jenis puting

Bentuk puting Anda bisa rata, menonjol, melesak ke dalam (tidak menonjol ke luar), atau bahkan tidak teridentifikasi. Wanita juga dapat memiliki 2 jenis puting sekaligus.

Misalnya, satu payudara dengan puting yang menonjol, sedangkan puting di payudara lain melesak ke dalam. Berbagai bentuk puting sehat ini sangat normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Jadi, tidak ada penanda khusus bentuk puting yang belum disentuh karena semua bentuk puting adalah normal.

2. Puting bukan areola

Puting payudara berada di bagian paling tengah payudara Anda, dan terhubung ke kelenjar susu, tempat ASI diproduksi. Sedangkan areola adalah area berwarna lebih gelap yang mengelilingi puting susu.

3. Puting yang melesak ke dalam itu normal

Alih-alih menonjol ke luar seperti kebanyakan puting pada umumnya, ada pula bentuk atau jenis puting yang melesak ke dalam. Meski banyak orang mengira ini bukan bentuk puting sehat, puting yang melesak ke dalam tetap dapat berfungsi normal seperti puting pada umumnya.

Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda hanya memiliki satu puting melesak sedangkan yang lainnya tidak melesak, atau jika Anda tiba-tiba puting Anda melesak dengan sendirinya. Hal ini masih tergolong normal.

Puting payudara yang melesak akan hilang dengan sendirinya setelah program menyusui bayi selama 2 tahun selesai. Lagipula, bentuk puting yang melesak ini adalah bentuk puting normal yang tidak akan mengganggu proses menyusui sama sekali.

Baca juga: Puting Ibu Hamil Tersumbat, Apa Penyebabnya?

4. Anda dapat memiliki dua puting pada satu areola

Kondisi ini disebut puting ganda atau bercabang dua. Kedua puting juga masih bisa memproduksi ASI untuk bayi, tergandung pada kondisi anatomi tubuh wanita. Meski demikian, bayi mungkin akan kesulitan memasukkan kedua puting ke dalam mulutnya ketika sedang menyusu.

5. Rambut puting

Terdapat benjolan di sekitar puting Anda? Itu adalah folikel rambut. Rambut bisa tumbuh di sekitar puting pria maupun wanita. Rambut-rambut ini akan terlihat lebih gelap dan halus ketimbang rambut lain di tubuh. Anda bisa mencukur atau mencabut rambut ini apabila keberadaannya mengganggu Anda.

6. Tinggi puting rata-rata

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009 terhadap 300 puting dan areola wanita, hasilnya menunjukkan diameter areola rata-rata 4cm, diameter puting rata-rata 1,3cm, dan tinggi puting rata-rata 0,9cm.

7. Menyusui bukan hal yang umum

Meski di era modern memberikan ASI Eksklusif kepada bayi adalah hal yang umum, pada abad Renaisans, para wanita aristokratis dan bangsawan justru menggunakan pengasuh untuk menyusui anaknya.

Sementara di awal abad ke-20, susu formula bayi dianggap ideal karena harga untuk membelinya merupakan penanda kekayaan. Sejak itu, seiring waktu banyak wanita yang mengetahui bahwa susu formula tidak pernah bisa menyediakan semua bahan yang sama seperti ASI.

8. Nyeri puting sering terjadi pada wanita

Bukan hal yang aneh bagi ibu menyusui bila mengalami rasa sakit pada puting karena berbagai alasan, termasuk masalah posisi saat menyusui. Tetapi, menyusui seharusnya tidak menyakitkan.

Selain ibu menyusui, nyeri puting juga bisa terjadi pada wanita umum karena gejala PMS atau perubahan hormon, dan beberapa masalah seperti:

  • iritasi kulit
  • alergi
  • gesekan dari bra olahraga

Kanker puting jarang terjadi. Tetapi, segera periksakan diri ke dokter apabila terdapat pendarahan atau hal yang mencurigakan pada puting Anda.

9. Puting bisa berubah ukuran

Kondisi ini kerap terjadi selama kehamilan. Salah satu studi tahun 2013 terhadap 56 wanita hamil menunjukkan bahwa puting mereka tumbuh lebih panjang dan lebar selama kehamilan. Lebar areola mereka juga meningkat secara signifikan.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi