Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Happy Valentine's Day!
Advertisement
Advertisement

Ladies, Jangan Sepelekan Mastalgia, ya!

Mastalgia adalah istilah untuk nyeri pada payudara yang mana lazim terjadi pada wanita, terutama ketika masa haid. Namun, bukan berarti Anda bisa menyepelekannya lho, ladies.

UMUMNYA, payudara akan terasa sakit apabila mendekati atau selama periode haid, terutama payudara nyeri sebelah kiri. Tidak heran jika kemudian banyak wanita yang mengabaikan payudara nyeri saat haid tak kunjung datang.

Sebenarnya, ada 2 jenis mastalgia yang paling umum, yaitu: nyeri payudara siklis dan nyeri payudara non-siklis. Adapun perbedaan keduanya sebagai berikut:

  • Nyeri payudara siklis: sakit payudara berkaitan atau disebabkan oleh perubahan hormonal ketika periode menstruasi.
  • Nyeri payudara non-siklis: rasa sakit berasal dari payudara atau hal lain, misalnya seperti otot atau sendi di sekitar area payudara.

Payudara sakit dapat membuat sangat tidak nyaman, dengan intensitas mulai dari ringan sampai serius. Bahkan, dalam beberapa kasus, payudara sakit bisa mengganggu aktivitas penderita hingga tubuh terasa lemas.

Banyak wanita yang mengalami payudara nyeri haid tak kunjung datang juga sangat khawatir pada gejala-gejala kanker payudara.

Tetapi, nyeri payudara justru jarang dikaitkan dengan kanker payudara. Jadi, payudara sakit seharusnya tidak dianggap sebagai kemungkinan gejala kanker payudara.

Baca juga: Ladies, Ini yang Perlu Anda Tahu Sebelum Melakukan Cek Kanker Payudara di Rumah

Apa Itu Nyeri Payudara Siklis?

Nyeri payudara siklis adalah jenis nyeri payudara yang paling umum terkait dengan siklus menstruasi. Hal ini sangat wajar karena pengaruh hormon. Beberapa wanita mulai merasa payudara sakit sekitar periode masa subur.

Rasa sakit payudara akan terus berlanjut sampai awal siklus menstruasi wanita. Tetapi, payudara nyeri haid tak kunjung datang sangat relatif, ada yang ringan namun ada pula yang sangat parah, hingga kadang menghambat aktivitas.

Rasa sakit payudara dapat dirasakan hanya pada satu payudara. Jadi, tidak heran bila Anda merasa payudara nyeri sebelah kiri, umumnya bisa dirasakan mulai dari sekitar ketiak.

Beberapa penyedia layanan kesehatan meminta wanita untuk memetakan nyeri payudara tersebut untuk mengetahui apakah rasa sakit itu berkaitan dengan siklus atau tidak.

Setelah beberapa bulan, hubungan antara siklus menstruasi dan nyeri payudara akan muncul.

Peran Hormon Dalam Mastalgia

Para peneliti terus mempelajari peran yang dimainkan hormon dalam mastalgia. Sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa wanita dengan kondisi ini memiliki progesteron lebih sedikit di paruh kedua siklus menstruasi.

Studi lain menemukan bahwa kelainan pada hormon prolaktin dapat memengaruhi nyeri payudara. Hormon juga dapat memengaruhi nyeri payudara siklus akibat stres.

Nyeri payudara dapat meningkat atau berubah polanya seiring dengan perubahan hormon yang terjadi selama masa stres.

Hormon mungkin bukan satu-satunya penyebab nyeri payudara siklis. Itu karena rasa sakit sering lebih parah di satu payudara daripada di yang lain, sementara hormon akan cenderung mempengaruhi kedua payudara secara sama.

Banyak peneliti percaya bahwa jawabannya mungkin kombinasi antara aktivitas hormonal dan sesuatu di payudara yang merespons aktivitas ini. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

Baca juga: Apakah Mood Wanita Benar-Benar Bisa Dipengaruhi Oleh Hormon?

Apa Saja Perawatan Untuk Nyeri Payudara Siklis?

Perawatan untuk nyeri payudara siklis akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan wanita secara umum. Ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya.

Perawatan sangat bervariasi dan mungkin termasuk yang berikut:

  • Tidak memiliki kafein
  • Mengonsumsi vitamin E
  • Makan makanan rendah lemak

Dalam beberapa kasus, berbagai hormon tambahan dan penghambat hormon juga diresepkan. Ini mungkin termasuk:

  • Pil KB
  • Bromocriptine (yang menghambat prolaktin di hipotalamus)
  • Danazol, hormon pria
  • Hormon tiroid
  • Tamoxifen, penghambat estrogen

Hormon tambahan dan penghambat hormon mungkin memiliki efek samping. Selain itu, risiko dan manfaat obat-obatan tersebut harus dikonsultasikan dengan tenaga medis lebih lanjut.

Apa Itu Nyeri Payudara Non-Siklis?

Nyeri payudara non-siklik jarang terjadi, terasa berbeda dari siklus mastalgia, dan tidak berbeda dengan nyeri payudara akibat siklus menstruasi. Secara umum, rasa sakit hadir sepanjang waktu dan hanya di suatu lokasi tertentu.

Salah satu penyebab nyeri payudara non-siklik adalah trauma, atau pukulan pada payudara. Penyebab lain dapat termasuk nyeri rematik di rongga dada dan di leher, yang menjalar ke payudara.

Apa Saja Perawatan Untuk Nyeri Payudara Non-Siklis?

Mengetahui pengobatan untuk nyeri payudara non-siklik dapat dibilang lebih rumit, karena sulit untuk mengetahui secara pasti dari mana rasa sakit itu berasal.

Selain itu, rasa sakit yang ditimbulkan tidak disebabkan oleh hormon. Pengobatan akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan Anda secara umum. Ini juga akan tergantung pada seberapa parah kondisinya.

Penyedia layanan kesehatan Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat memesan mammogram. Dalam beberapa kasus, biopsi lokal juga diperlukan. Jika ditemukan penyebab rasa sakit karena kista, maka kista akan diambil.

Pengobatan mastalgia dapat termasuk penghilang rasa sakit, obat anti-inflamasi, dan kompres, tergantung di mana rasa sakit berada.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi