FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ladies, Ini yang Perlu Anda Tahu Sebelum Melakukan Cek Kanker Payudara di Rumah

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda kanker payudara sedari dini, bahkan jika hanya dengan melakukan pengecekan di rumah. Bagaimana caranya?

KANKER payudara menjadi momok menakutkan bagi setiap perempuan. Bahkan, aktris ternama Angelina Jolie segera melakukan mastektomi begitu tahu ia berisiko terkena kanker payudara.

Hal yang dilakukan oleh Angelina Jolie adalah langkah yang bagus untuk menjauhkan diri dari kanker payudara. Anda juga bisa ikut memeranginya, walau langkah yang diambil tak perlu sedrastis Jolie.

Mulailah dengan hal kecil seperti rutin memeriksa kondisi payudara secara mandiri di rumah dan kenali apakah ada tanda kanker payudara di situ.

Charity Breast Cancer Care melakukan survei kepada sekitar 1.100 perempuan di Inggris. Hasilnya, banyak di antara perempuan tersebut yang tidak mengetahui tanda-tanda umum kanker payudara.

Para responden ini pun tidak secara rutin memeriksakan kondisi payudaranya setiap 4-6 minggu sekali seperti yang direkomendasikan para dokter.

Supaya risiko terserang kanker payudara kian menurun, yuk mulai rajin memeriksakan kondisi payudara di rumah! Berikut panduan yang bisa Anda ikuti.

Bukan Hanya tentang Benjolan

Kanker payudara kerap dikaitkan dengan keberadaan benjolan yang membuat payudara sakit. Padahal, tanda kanker payudara tidak hanya terbatas pada hal ini saja loh, ladies.

Anda juga harus mengecek apakah ada bekas kemerahan atau ruam di payudara dan juga puting. Tak hanya itu, perubahan bentuk pada puting dan keluarnya cairan dari puting juga menjadi tanda kanker payudara.

Tidak Ada Cara Khusus

Untuk mengecek ada atau tidaknya kanker payudara, Anda tidak perlu cara khusus. Ceklah kondisi payudara seperti biasa. Anda bisa meraba permukaan payudara untuk mengetahui ada atau tidaknya benjolan.

Perhatikan pula puting dengan teliti untuk melihat ada atau tidaknya perubahan bentuk dan ukuran.

Payudara Kecil pun Perlu Dicek

Tanda kanker payudara tidak ada kaitannya dengan ukuran payudara. Setiap perempuan memiliki jaringan payudara dan karenanya tetap berisiko terkena kanker payudara. Jadi, apapun ukuran payudara Anda, ceklah secara rutin!

Bisa Dilakukan Kapanpun

Anda mungkin pernah mendengar saran bahwa pengecekan payudara tidak seharusnya dilakukan saat menstruasi. Hal ini tidak sepenuhnya benar, loh. Memang benar jika payudara Anda akan berubah ketika menstruasi.

Namun, Anda pasti tahu perubahan seperti apa yang terjadi ketika menstruasi, karena Anda telah mengalaminya bertahun-tahun.

Perubahan payudara karena kanker payudara akan terasa sama sekali berbeda dibading perubahan karena menstruasi. Oleh karena itu, baik saat menstruasi maupun tidak, Anda tetap bisa melakukan pengecekan.

Segera Temui Dokter

Ketika Anda merasakan payudara sakit atau terjadi beberapa perubahan, segeralah temui dokter. Jangan menunda-nunda konsultasi. Waktu penanganan sangat menentukan peluang kanker payudara bisa teratasi.

Cara Mengecek Payudara di Rumah

Meski tak ada cara khusus untuk mengecek kondisi payudara, langkah-langkah ini bisa Anda ikuti untuk pemeriksaan payudara yang lebih nyaman.

  • Lakukan ini di sela aktivitas rutin, seperti ketika Anda mandi atau berganti baju.
  • Pengecekan akan lebih nyaman dilakukan jika tangan Anda lembap atau basah.
  • Jika ukuran payudara Anda cukup besar, Anda bisa mengeceknya di depan cermin. Angkat payudara untuk tahu apakah ada benjolan di bagian bawah.
  • Anggap ini sebagai pengecekan biasa. Jangan sengaja mencari-cari masalah, karena ini hanya akan membuat Anda stres.

Ladies, itulah panduan untuk mengecek payudara di rumah. Selamat mencoba!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

4 komentar

  • jAoynavwfC

    uDhOHnaBRP on
  • KUvAwtDO

    YcNAXjuna on
  • iwmocrQULdNv

    mDTZlHeCELFQ on
  • bZraNRvJVDMoWeAS

    NMGkLVBRfubd on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi