Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Jadi yang pertama untuk mencoba ONE® - The Next Generation Condoms. Beli Sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ladies, Ini Dia yang Harus Anda Tahu Tentang Bisul Vagina!

Pernah merasakan benjolan di bibir vagina? Hal ini pastinya akan terasa mengganggu aktivitas Anda dan membuatnya terasa tidak nyaman. Bisa jadi benjolan tersebut merupakan bisul vagina.

BISUL vagina adalah benjolan berisi nanah yang berkembang di luar vagina akibat folikel rambut atau kelenjar minyak yang tersumbat.

Meskipun sebagian besar akan sembuh sendiri, beberapa kasus bisul vagina memerlukan perhatian medis untuk menghindari infeksi yang berpotensi membuat kondisi vagina Anda memburuk. 

Beberapa Fakta Mengenai Bisul Vagina

  • Hadirnya bisulnya vagina dimulai dengan iritasi kulit yang terinfeksi akibat bakteri yang timbul di kulit secara alami
  • Jika bisul tersebut menghasilkan nanah dan sangat terinfeksi, maka bisul tersebut dapat diobati sampai kering dengan suntikan obat, dan jarum suntik yang steril
  • Obat-obatan rumahan juga dapat menyembuhkan bisul vagina

Apa Yang Menjadi Penyebab Bisul Vagina?

Ada beberapa penyebab bisul yang muncul di vagina Anda. Adapun penyebabnya yaitu:

Infeksi dan Kondisi Kulit

Penyebab bisul yang muncul di vagina adalah karna adanya infeksi yang terjadi karena bakteri Staphylococcus Aureus, Escherichia Coli, dan Chlamydia Trachomatis.

Selain itu, kondisi kulit folikulitis atau ketika adanya bakteri yang menginfeksi sekitar area rambut vagina juga menjadi penyebab munculnya bisul pada vagina

Kista 

Munculnya benjolan di bibir vagina juga dapat disebabkan oleh kista kelenjar Bartholin. Jenis kista ini disebabkan oleh infeksi kelenjar Bartholin yang terletak di bawah kulit dekat lubang vagina.

Kelenjar ini dapat mengeras dan menyebabkan benjolan keras seperti kista, sehingga dapat menginfeksi dan membetuk bisul pada vagina Anda.

Infeksi Seksual Menular

Penyebab lain yang dapat menimbulkan munculnya bisul vagina adalah infeksi dari hubungan seksual, atau dari tindikan di sekitar area kemaluan.

Selain itu, wanita dengan kulit berminyak ataupun memiliki rambut vagina lebih lebat juga beresiko mengalami bisul vagina.

Lalu, bila Anda sudah mengalami bisul vagina, bagaimana penyembuhannya? Ada 2 cara penyembuhan dari bisul vagina. Anda bisa mengobatinya dengan obat-obatan alami, atau melakukan pengobatan rumahan.

Apabila Anda merasa bisul yang dialami cukup serius, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit & kelamin. Berikut langkah pengobatan yang bisa dilakukan baik dengan pengobatan sendiri maupun dengan berkunjung ke dokter.

Pengobatan Rumahan Untuk Penyembuhan Bisul Vagina

Mengompres dengan Air Hangat

Cara menyembuhkan bisul yang muncul di sekitar area vagina adalah dengan mengompreskan air hangat.

Anda dapat menggunakan waslap lembut yang sudah direndam air hangat dan mengompreskannya di area vagina selama 10 hingga 15 menit.

Hal ini bertujuan agar bisul tersebut melembek dan pecah mengeluarkan nanah dengan sendirinya tanpa harus menekan bisul.

Jaga Area Vagina agar Tetap Bersih dan Kering 

Agar bisul di area vagina cepat kemps dan pecah, anda harus memastikan area sekitar bisul tumbuh dalam keadaan selalu bersih dan kering.

Anda disarankan untuk membersihkannya dengan sabun anti bakteri, menyiramkan dengan air yang disemprot dan juga membasuh sampai dengan kering menggunakan handuk bersih dan steril.

Untuk mempercepat penyembuhan, cara menyembuhkan bisul yang tumbuh adalah memberikan salep bisul yang aman digunakan di sekitar area vagina. Pastikan Anda tangan Anda bersih sebelum mengoleskan salep di area bisul.

Menggunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Ketika Anda mengalami masalah tumbuhnya bisul vagina, hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa Anda juga menggunakan pakaian dalam yang nyaman sehingga tidak membuat bisul vagina terhimpit dan menjadi sakit.

Anda bisa memilih pakaian dalam yang agak longgar sehingga akan lebih nyaman digunakan meski sedang ada bisul pada vagina Anda.

Menggunakan Penghilang Rasa Sakit yang Dijual Bebas 

Munculnya bisul pada vagina akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut,

Anda juga diperkenankan untuk mengonsumsi pereda nyeri sehingga Anda tetap bisa beraktivitas di tengah rasa nyeri yang muncul akibat bisul vagina.

Pengobatan Dokter Untuk Penyembuhan Bisul Vagina

Bila Anda sudah melakukan upaya pengobatan alami namun bisul vagina tak kunjung sembuh atau bahkan semakin menyiksa Anda, saatnya Anda mengonsultasikannya ke dokter.

Ketika Anda mengunjungi dokter, yang akan dilakukan adalah upaya untuk menghilangkan bisul vagina dan mengurangi rasa nyerinya dengan penggunaan salep antibiotik.

Setelah itu, bisul dibalut dengan pembalut luka steril agar bisul cepat mengempis dan hilang.

Cara lainnya yang akan dilakukan dokter adalah dengan memberikan suntikan pengempis bisul agar nanah di dalamnya bisa keluar dengan segera.

Lalu, dokter juga akan memberikan Antibiotik dengan menggunakan resep yang sudah disesuaikan dengan tingkat keparahan infeksi bisul yang terjadi agar bisul dapat segera mengempis dan sembuh. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi