Advertisement
Advertisement

Ladies, Ini Dia 7 Alasan Mata Anda Sembab

Pepatah mengatakan, mata merupakan jendela hati. Untuk itu, kesehatan mata harus terus dijaga agar penampilan Anda selalu terlihat prima dan dapat menarik perhatian lawan jenis. 

Ladies, Ini Dia 7 Alasan Mata Anda Sembab

RIASAN wajah yang digunakan wanita sehari-hari memang dapat membuat penampilan terlihat lebih sempurna.

Selain itu, riasan wajah juga dapat menyembunyikan kekurangan pada wajah seperti mata sembab.

Tapi, meskipun bisa disembunyikan dengan riasan wajah, memiliki mata yang sembab dalam jangka panjang tentu akan menganggu.

Terlebih jika Anda sedang tidak sempat menggunakan riasan wajah, bukan tidak mungkin mata sembab akan terlihat dan membuat penampilan kurang maksimal. 

Nah ketimbang terus menggunakan riasan wajah untuk menyembunyikan mata sembab, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya agar bisa dihindari. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Menghidupkan Pemanas

Menyalakan pemanas saat cuaca dingin memang nyaman dan membuat tubuh lebih hangat, tapi dibalik itu semua pemanas yang Anda nyalakan justru dapat menyebabkan mata lebih kering dan sensitif dari biasanya.

Hal dikarenakan hawa panas dari pemanas ruangan bisa mengenai selaput lendir di bola mata Anda yang akan menyebabkan jaringan di mata menebal sehingga terjadi pembengkakan.

2. Kurang Istirahat pada Malam Hari

Kurangnya waktu tidur pada malam hari adalah salah satu penyebab mata sembab di pagi hari. Kondisi tersebut akan diperparah jika Anda tidur larut malam dalam keadaan stres.

“Saat mengalami stres, Anda melepaskan kortisol dari kelenjar adrenal yang mengubah keseimbangan garam di dalam tubuh,” ujar Mike Swan M.D., ahli dermatologi bersertifikat di Swann Dermatology di Springfield, Missouri.

Dengan keseimbangan garam yang tidak aktif itulah, mata akan menahan air dan tampak membengkak.

Agar tidak terus menerus memiliki mata yang bengkak, Anda bisa mengatasi hal ini dengan memakai masker mata secara teratur setiap malam. Selain itu, cobalah mengontrol stres dan tidak tidur terlalu larut. 

Acerola Jin Moisture Vital Eye Cream, Rp 208.000,- ; Beli di sini

3. Alergi Musim

Mata bengkak adalah gejala umum yang terkait dengan alergi musiman. Jika Anda memiliki alergi, tubuh akan memasuki mode pertahanan dan memberikan serangan penuh dengan melepaskan histamin ke sistem.

Dalam beberapa kasus, saat tubuh melepaskan histamin ke kulit, hal tersebut akan menyebabkan reaksi seperti “sarang”, terutama di sekitar area mata, kata Swann.

4. Periode Menstruasi

Penyebab mata sembab selanjutnya adalah Premenstrual Syndrome (PMS). Mirip dengan bagaimana seluruh tubuh membengkak selama siklus bulanan Anda, mata juga bisa menahan air, kata Swann.

Seperti perut kembung, pembengkakan mata yang disebabkan oleh menstruasi umumnya akan hilang setelah beberapa hari.

Baca juga: Cara Memilih Eye Cream untuk Mengatasi Mata Panda

5. Menangis

Penyebab yang paling umum memicu mata menjadi sembab adalah menangis. Ada alasan ilmiah di balik itu, menangis akan membuat lakrimal mata bekerja lebih banyak untuk menghasilkan air mata.

Ketika menangis, akan terdapat perbedaan konsentrasi garam antara air mata dan jaringan sekitarnya sehingga menyebabkan pembengkakan kelopak mata. Jangan khawatir, hal ini akan berhenti seiring Anda juga berhenti menangis. 

6. Alkohol & Garam

Mata rentan terhadap banyak perubahan kecil dalam makanan, kata Swann. Alkohol, misalnya, jika Anda terlalu sering/ banyak meminumnya dalam satu kesempatan maka dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan membuat mata Anda kering.

Selain alkohol, orang yang mengonsumsi banyak makanan asin juga bisa membuat matanya terlihat sembab karena mata akan menahan air di area kelopak bawah sehingga memicu terjadinya pembengkakan.

Olay Regenerist Anti Aging Revitalising Eye Serum, Rp 170.000,- ; Beli di sini 

7. Anda Memiliki Masalah Tiroid

Selain enam alasan di atas yang disebabkan oleh sesuatu yang sederhana, ternyata penyebab mata sembab terakhir ini cukup serius. Ya, pembengkakan mata ternyata bisa disebabkan oleh hipertiroidsme. 

"Pasien dengan beberapa jenis hipertiroidisme bisa mendapatkan penebalan lemak di sekitar mata yang menyebabkan mata menjadi bengkak," kata Swann. "Kelopak mata sembab bisa juga terlihat pada penderita lupus, dermatomiositis, dan penyakit jaringan ikat lainnya."

Nah ladies, itu dia penyebab mata sembab yang perlu Anda ketahui. Sebenarnya, bengkak yang terlihat di area mata dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Anda bisa melakukan perawatan intensif mata, salah satunya dengan memakai masker mata.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan intensif lainnya untuk mengurangi mata bengkak.

Perawatan intensif mata yang tepat tentunya dapat membantu Anda mengatasi mata yang sembab. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi