FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ladies, 6 Bahan Alami Ini Ternyata Berbahaya Bagi Wajah

Tren perawatan wajah alami memang tengah menjamur belakangan ini. Selain murah, metode ini dipercaya minim efek samping dan lebih baik untuk kulit. Namun ternyata, tidak semua bahan alami di rumah dapat Anda jadikan perawatan wajah loh!

Ladies, 6 Bahan Alami Ini Ternyata Berbahaya Bagi Wajah

MEMILIKI kulit bersih dan cantik adalah impian setiap wanita. Namun mendapatkan kulit sehat dan cantik tidak semudah dengan apa yang diharapkan. Dibutuhkan berbagai usaha seperti menggunakan banyak produk kecantikan agar kulit wajah senantiasa terawat.

Bahkan, beberapa wanita akan pergi untuk konsultasi khusus ke dokter dan memakai produk perawatan wajah yang harganya mencapai jutaan rupiah. Sementara itu, bagi mereka yang tidak memiliki banyak biaya, merawat wajah dengan berbagai bahan alami menjadi solusinya.

Berbekal pengetahuan yang didapat di internet, para wanita biasanya akan mencoba berbagai berbagai bahan alami mulai dari sayur sampai buah untuk membuat wajah lebih cantik. 

Sayangnya, ternyata tidak semua bahan alami yang bisa Anda dapatkan di rumah boleh digunakan untuk wajah. Beberapa bahan yang terkenal sebagai produk kecantikan alami di internet ternyata justru berbahaya bagi wajah. 

Apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

1. Buah Lemon

Buah lemon merupakan buah yang paling sering dipercaya sangat tepat digunakan sebagai skincare karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Oleh karena itu tak jarang wanita menggunakan perasan lemon sebagai masker dan scrub tubuh.

Selain itu buah lemon ini juga dipercaya dapat memutihkan area kulit yang hitam pada bagian tubuh Anda seperti ketiak dan lutut. Untuk cara penggunaannya sendiri, sebagai scrub biasanya lemon akan digosokkan langsung ke tubuh, sementara sebagai masker, lemon akan diambil sarinya lalu dioleskan ke wajah.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya bahan alami buah lemon adalah salah satu bahan yang cukup berbahaya bagi kulit karena memiliki pH yang begitu rendah yaitu 2. Tingkat pH 2 termasuk dalam golongan asam yang sangat pekat, sehingga jika terlalu lama digunakan pada wajah dapat membuatnya perih dan iritasi. 

Dapatkan Mustika Ratu Peeling Mundisari - 60gr dengan harga Rp 15.900,- Beli di sini

2. Mayonaise

Saus mayonaise yang umumdigunakan pada pizza dan burger adalah salah satu bahan alami yang biasa dijadikan para wanita sebagai perawatan kulit. Siapa sangka, mayonaise rupanya banyak digunakan wanita sebagai masker wajah.

Padahal, bukan melembabkan kulit, mayonaise yang terbuat dari minyak dan telur mentah justru akan membuat kulit Anda semakin berminyak.Tidak hanya itu, alih-alih membuat Anda cantik, masker mayonaise justru bisa membuat wajah berjerawat karena minyak yang terjebak di pori-pori bercampur dengan bakteri. 

Jadi tidak usah heran jika jerawat Anda justru makin bertambah setelah menggunakan masker mayonaise.

3. Baking Soda

Baking soda atau soda kue yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap dalam membuat kue rupanya jadi salah satu bahan alami yang biasa dijadikan sebagai perawatan kulit. Biasanya wanita mencampurkan baking soda dan madu yang bisa dijadikan sebagai bahan eksfoliasi kulit dan agen acne fighter. Ada juga yang biasa menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi dan menghilangkan komedo di hidung.

Sayangnya, baking soda bukanlah bahan alami yang seutuhnya aman bagi kulit wajah Anda. Baking soda memiliki pH yang sangat tinggi (alkaline) yaitu pH 9. Dengan pH yang sangat tinggi, jika baking soda diaplikasikan ke wajah Anda justru akan memicu terjadinya iritasi. Oleh karena itu gunakan baking soda hanya pada saat membuat kue ya, jangan sampai diaplikasikan ke wajah cantik Anda.

Baca juga: Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit

4. Alkohol

Alkohol memang sudah banyak diketahui sebagai salah satu unsur yang ada dalam produk skin care Anda seperti toner dan make up remover. Apalagi bagi yang memiliki kulit cenderung berminyak, alkohol menjadi salah satu produk skin care yang tak boleh dilupakan.

Alkohol sebagai bahan kecantikan begitu digemari karena dianggap dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan jerawat di kulit. Padahal, menggunakan alkohol terlalu sering apalagi dengan konsentrasi cukup tinggi bisa mengikis lapisan lipid, protein dan lemak yang berfungsi sebagai pelindung kulit.

Alkohol sangat tidak rekomendasikan untuk digunakan pada wajah karena bisa menghilangkan kelembaban alami yang bisa memicu terjadinya peradangan. Lebih parah lagi, jika digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda mengalami penuaan dini.

5. Telur mentah

Salah satu bahan alami yang juga kerap kali dijadikan masker yaitu telur mentah. Masker telur mentah sudah dipakai sejak dahulu kala untuk mempercantik kulit wajah wanita. Biasanya, untuk membuat masker, telur mentah akan dicampur dengan madu dan jeruk nipis, kemudian dioleskan secara merata pada wajah. 

Meskipun masker telur mentah dan jeruk nipis agak bau, namun masker ini sangat digemari karena mudah dan murah untuk didapatkan. Telur mentah dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah seperti menghaluskan, mengontrol minyak berlebih di wajah, mengencangkan, memperkecil pori-pori dan menghilangkan bekas noda hitam jerawat.

Tapi, dibalik semua itu banyak orang yang belum menyadari jika telur mentah mengandung bakteri jahat seperti salmonella yang bukan hanya berbahaya bagi wajah Anda tapi juga sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Selain itu jika digunakan setiap hari, masker telur akan menyebabkan dampak negatif bagi kulit seperti infeksi, kulit kering, jerawat dan iritasi.

Dapatkan Biore Pore Pack Cherry Blossom - 4pcs dengan harga Rp 11.900,- Beli di sini

6. Kayu Manis

Bahan alami terakhir yang juga berbahaya bagi kulit wajah adalah kayu manis. Kayu manis adalah salah satu bahan makanan yang digunakan oleh ibu rumah tangga untuk memasak di dapur. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rupanya wanita juga biasa menggunakan kayu manis sebagai perawatan masker wajah alami.

Sebagai masker wajah alami, kayu manis dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mempercantik wajah wanita. Masker kayu manis biasanya dicampur madu, pisang dan minyak zaitun. Masker kayu manis dipercaya dapat menyamarkan garis halus, mencerahkan warna kulit, mengangkat kulit mati dan menyamarkan bekas jerawat.

Tapi tahukah Anda, ternyata masker kayu manis yang dicampurkan dengan madu justru memiliki efek berbahaya bagi wajah. Makser kayu manis yang ditambah dengan madu bisa mengubah pH wajah dan membuatnya mengalami iritasi sampai peradangan. Layaknya buah lemon dan baking soda, masker kayu manis juga dapat mengikis lapisan pelindung wajah.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi