FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Kulit Belang Terbakar Matahari Kapan Pulihnya, Ya?

Informasi kategori kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Kemarau berkepanjangan membuat terik matahari terus menerus terjadi setiap hari sehingga membuat kulit menjadi terbakar. Bukan hanya itu, berlibur di daerah tropis dengan sinar matahari menyengat juga bisa  membuat kulit belang terbakar. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Kulit Belang Terbakar Matahari Kapan Pulihnya, Ya?

SEHARIAN bermain di pantai memang terdengar menyenangkan. Tapi jika setelahnya kulit terlihat memerah dan bahkkan terasa perih, apakah Anda masih akan merasa senang? 

Tak hanya itu, efek kulit terbakar matahari bisa bertahan hingga berminggu-minggu lamanya, mulai dari kulit yang mengelupas, sampai kulit belang yang tentunya bisa mengganggu penampilan Anda.

Lalu, berapa lama sampai kulit belang mereda?

Jawabannya, tergantung. Berapa lama kulit Anda terpapar sinar matahari akan menentukan seberapa cepat kulit pulih dari belang. 

Pada dasarnya, sinar matahari membunuh lapisan atas kulit dan merusak DNA (karena itulah, warna kulit pun jadi berubah). Baru setelah itu, sel kulit yang sehat membentuk lapisan baru untuk menggantikan lapisan yang rusak tadi.

Itulah mengapa, mungkin Anda sedikit memerah ketika keluar rumah sebentar, sementara berjemur di pantai akan mengakibatkan kulit lebih merah atau bahkan gelap.

Belang akibat sedikit paparan sinar matahari hanya butuh waktu 2-3 hari untuk pulih. Sementara itu, jika terlalu lama di bawah sinar matahari, Anda mesti sabar menunggu hingga 2 minggu sampai belang pada kulit hilang.

Untuk meredakan rasa perih dan nyeri, Anda juga bisa mencoba cara-cara berikut yang dipercaya dapat membantu mempercepat proses pemulihan kulit belang dan terbakar.

Mandi air dingin

Setelah seharian berjemur di bawah matahari, maka langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulihkan kulit terbakar adalah dengan mandi air dingin. Anda disarankan untuk mandi air dingin untuk mencegah kulit kering berkelanjutan.

Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer setelah Anda mandi agar kulit yang terkena sinar matahari tetap terjaga kelembabannya sehingga terhindar dari masalah kulit kering.

Oleskan lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya di sekitar area kulit yang terbakar sinar matahari merupakan cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari yang juga dapat dilakukan.

Anda bisa memilih gel lidah buaya yang saat ini banyak di jual di pasaran atau langsung mengambil gel dari tanaman lidah buaya. Lidah buaya dipercaya memiliki kandungan pendingin sehingga dapat memberikan kesegaran serta meremajakan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Kompres dengan es batu

Anda juga dapat memberikan rasa nyaman pada kulit yang terbakar dan memulihkannya dengan mengompres area kulit terbakar menggunakan es batu.

Bungkus es dalam kain sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit, atau rendam kain lap dalam air dingin atau susu dan tempatkan pada luka bakar.

Selain memberikan rasa nyaman pada area kulit yang terakar, susu yang digunakan untuk mengompres akan memberikan vitamin dan antioksidan yang berguna untuk menyembuhkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Minum banyak air putih

Selain melakukan perawatan dari luar tubuh, Anda juga dapat melakukan mengoptimlkan perawatan dari dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi banyak air.

Tubuh yang terbakar sinar matahari akan mengeluarkan banyak cairan sehingga Anda butuh mengembalikan cairan tersebut dengan mengonsumsi banyak air putih.

Air putih yang akan mengembalikan cairan tubuh sehingga kulit yang terbakar akibat sinar matahari akan terbantu penyembuhannya.

Bagaimana jika kulit sampai melepuh?

Panasnya sinar matahari terkadang bahkan dapat membuat kulit menjadi melepuh. Bila hal itu terjadi, maka sebaiknya lakukan perawatan yang lebih intensif agar kulit Anda kembali sehat.

Jika mengalami lepuhan di kulit akibat terbakar sinar matahari, Anda disarankan untuk tidak memecahkan lepuhan tersebut. Memaksakan lepuhan tersebut untuk pecah dapat berpotensi membuat kulit menjadi infeksi.

Sebaiknya, lakukan perawatan untuk membersihkan kulit secara perlahan dengan sabun cair yang ringan agar tidak memecahkan lepuhan tersebut. Tak perlu khawatir karena secara berangsur-angsur, lepuhan tersebut akan mengempis dengan sendirinya.

Jika kulit sudah terlanjur terbakar sinar matahari, maka salah satu langkah untuk memulihkannya yaitu melindunginya dari kerusakan lebih lanjut. Lakukan pencegahan seperti mengoleskan tabir surya saat hendak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, opsi lainnya yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dari terik sinar matahari adalah dengan menggunakan pakaian atau topi.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi