Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Konsumsi Biji-bijian Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Oleh: Roselinda Lewellyn Njoto | 3 menit membaca


Akhir-akhir ini tren mengonsumsi oatmeal yang dipadukan dengan biji-bijian dari granola memang sedang tren. Bahkan, makanan tersebut diklaim dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Nah, seberapa besar pengaruh biji-bijian untuk menjalankan diet sehat? Apakah keampuhan biji-bijian dalam menurunkan berat badan hanya sekedar mitos belaka?

biji-bijian untuk diet sehat

BIJI-BIJIAN adalah salah satu makanan diet yang dipercaya dapat melancarkan program diet Anda. Bahkan, hampir semua menu makanan diet saat ini turut menggunakan biji-bijian di dalamnya. Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk memulai diet sehat, berikut adalah 5 biji-bijian terbaik yang bisa diolah menjadi makanan diet sehat Anda.

Chia

Biji chia untuk diet sehat

Biji chia merupakan salah satu jenis biji-bijian yang paling sering diolah menjadi makanan diet sehat. Biji chia mentah bisa dicampurkan ke hampir semua jenis makanan, jus, smoothies, sup, pancake, sampai dengan saus salad.

Chia dipercaya sebagai makanan yang ampuh untuk menurunkan berat badan karena chia sangat kaya akan serat alami. Di samping itu, jenis biji-bijian ini juga menawarkan sejumlah kandungan yang sehat untuk tubuh, seperti protein, zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan asam lemak omega-3.

Perlu Anda ketahui bahwa chia tidak secara drastis menurunkan berat badan. Akan tetapi, biji chia mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak cepat lapar. 

Baca Juga: 5 Cara "Menipu Diri" Untuk Berdiet 

 

Biji Rami

biji rami untuk diet sehat

Selanjutnya, ada jenis biji yang biasa diolah sebagai makanan ringan, yakni Biji Rami. Biji berwarna coklat gelap atau cenderung keemasan ini sarat akan protein yang diperlukan oleh tubuh. Cara menurunkan berat badan dengan Biji Rami adalah dengan mencampurkan biji ini ke dalam smoothies, yogurt, atau sereal, lalu nikmati makanan dengan campuran Biji Rami ini.

Satu sendok biji rami mengandung 1 – 2 gram serat alami, itulah sebabnya mengapa biji rami dapat melancarkan pencernaan serta menurunkan berat badan secara efektif. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan fakta bahwa mengonsumsi biji rami setiap hari selama  6 bulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Di samping itu, biji rami juga mampu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara.

 

Biji Bunga Matahari

Sejak dulu, biji bunga matahari sudah menjadi makanan ringan untuk ngemil. Namun, jika Anda ingin memanfaatkan biji bunga matahari menjadi sebuah menu makanan diet yang sehat, Anda bisa mencampurkannya ke dalam sereal, keripik, dan yogurt.

¼ cangkir biji bunga matahari memberikan sepertiga dari kebutuhan Vitamin E harian dan fosfor. Sementara itu, dengan porsi yang sama biji bunga matahari menawarkan asupan protein, serat, zinc, folat, Vitamin B6, dan kolin.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 di Jerman mengatakan bahwa biji bunga matahari dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang memasuki masa postmenopause. Biji matahari juga dipercaya sebagai salah satu makanan yang sehat untuk program diet Anda. 

 

Biji Labu

biji labu untuk diet sehat

Biji Labu mentah berwarna hijau, tapi biji tersebut akan berubah menjadi kecoklatan setelah dipanggang. Anda bisa menemukan biji labu ini dengan sangat mudah di toko atau supermarket. Biji labu adalah pelengkap makanan diet yang sangat sehat. Anda bisa menambahkan biji labu yang sudah dipanggang ke dalam oatmeal atau yogurt.

Nutrisi yang terdapat dalam 1 ons biji labu antara lain adalah 126 kalori, 5 gram protein, dan 5,5 gram lemak. Seperti biji-bijian pada umumnya, biji labu juga merupakan sumber mineral, magnesium, potassium, dan seng yang baik. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Jenis Buah Ini Untuk Menurunkan Berat Badan 

 

Biji Fumayin

Walaupun harganya sedikit mahal, tetapi biji fumayin sangat sehat untuk para pelaku diet nabati. Biji fumayin menyediakan protein yang lengkap. Bahkan, jenis biji ini termasuk dalam makanan nabati yang mengandung sembilan asam amino esensial. Di samping itu, ada sejumlah vitamin dan nutrisi penting yang terdapat di dalam biji ini, antara lain adalah Vitamin E, asam lemak omega-3, fosfor, kalium, magnesium, kalsium, besi, dan seng.

Banyak yang mengira bahwa biji fumayin memiliki efek negatif seperti ganja, tetapi berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan, biji fumayin aman dan tidak berbahaya. Bahkan salah satu makanan diet sehat ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

 



Sebelumnya: Bingung Memilih Ukuran Kondom? Ini Dia Tipsnya


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_obat pelangsing, Beli diet sehat, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli makanan diet

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com