FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ketahui Tanda Hamil sebelum Telat Menstruasi

Informasi kategori wanita ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Bagi anda yang sedang menanti kehadiran buah hati, sangat penting untuk mengetahui tanda awal kehamilan sebelum tanggal menstruasi tiba. Memang pada umumnya, telat haid atau terlambat datang bulan dijadikan indikator bahwa seorang wanita sedang mengalami kehamilan.

Ketahui Tanda Hamil sebelum Telat Menstruasi

TAPI, perlu diketahui juga bahwa beberapa wanita yang jadwal haidnya tidak teratur tentu kesulitan dalam menentukan masa ini. Oleh karena itu, berikut tanda awal kehamilan sebelum terlambat menstruasi yang bisa Anda ketahui. 

1. Flek atau Bercak Darah

Tanda selanjutnya adalah sering terjadi yaitu adanya bercak darah ringan (flek/spotting). Bercak darah ini biasanya berwarna merah muda atau coklat yang seringkali menempel pada celana dalam. Adanya bercak darah pada awal masa kehamilan ini disebabkan oleh adanya proses implantasi sel ovum yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempel pada dinding rahim.

Jadi, adanya spotting merupakan sesuatu hal yang wajar dan normal. Tetapi jika flek tersebut volumenya banyak atau dengan kata lain terjadi perdarahan, maka Anda harus pergi ke dokter/sarana kesehatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kemungkinan terjadinya keguguran.

2. Kram Perut

Hal lumrah seperti kram perut biasanya merupakan tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang cukup khas. Sebab pada umumnya, saat awal kehamilan, calon ibu akan mengalami kram atau rasa kencang pada perut.

Gejala ini diakibatkan oleh terhentinya produksi hormon progesteron dari corpus luteal setelah hadirnya plasenta. Kram perut juga dapat dapat disebabkan karena otot rahim yang meregang akibat hadirnya janin.

Kondisi ini biasanya hanya berlangsung ringan. Tapi jika terjadi di luar kewajaran, ada baiknya bila Anda berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan pada Organ Intim

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid juga dapat diawali dengan adanya perubahan pada bibir organ intim/area kewanitaan. Perubahan yang dapat diamati misalnya warna bibir vagina yang semula merah muda menjadi lebih pucat ataupun gelap.

Pada awal kehamilan biasanya juga akan keluar cairan dari organ intim calon ibu yang mirip keputihan, yang merupakan cairan hasil  pembuahan (cervical mucus).

4. Mual dan Muntah

Morning sickness atau mual/muntah merupakan tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang diakibatkan karena hormon estrogen yang meningkat menyebabkan peningkatan asam lambung.

Mual/muntah juga dapat disebabkan karena hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang mulai dihasilkan oleh plasenta. Selain itu, rasa mual juga dapat dipicu oleh adanya perubahan metabolisme pada organ hati pada saat awal kehamilan, serta dapat pula ditambah karena adanya faktor psikis calon ibu yang mulai labil. 

5. Sensitif terhadap Bau

Salah satu tanda awal kehamilan setelah berhubungan dan sebelum terjadi telat haid, yaitu calon ibu biasanya lebih sensitif terhadap bau. Bahkan, aroma-aroma yang biasanya disukai pun akan dihindari.

Hal ini mudah disadari ketika Anda memasak atau menginjakkan kaki ke dapur dan mencium bumbu dapur, ada rasa eneg yang dirasakan. Selain merasa eneg, Anda juga bisa mengalami muntah jika merasa bau-bau tertentu terlalu menyengat.

6. Mudah Capek

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang berikutnya, yaitu Anda mungkin menjadi mudah lelah. Hadirnya janin akan menyebabkan peningkatan pasokan aliran darah menuju ke janin dan tentunya, ibu harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya.

Pada fase awal penyesuaian, calon ibu biasanya akan sering merasakan mudah capek. Oleh karena itu, jika kehamilan diketahui sejak dini maka tentunya Anda harus memperbanyak asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan diri sendiri serta perkembangan janin.

7. Rasa Sensitif di Payudara

Pada masa awal kehamilan, biasanya juga terjadi perubahan pada payudara calon ibu. Anda mungkin merasakan area payudara menjadi lebih sensitif dibandingkan sebelumnya, areola (daerah sekitar puting susu) akan terlihat menghitam, ukuran payudara membesar serta terasa lebih berat, dan area payudara terasa agak sakit.

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita hamil.

8. Sering Buang Air Kecil

Kebanyakan calon ibu juga mengalami tanda awal kehamilan sebelum telat haid berupa sering buang air kecil. Tanda ini disebabkan karena pada awal kehamilan, tubuh akan beradaptasi terhadap hadirnya janin.

Salah satunya adalah volume dalam darah yang meningkat dan ginjal yang bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga Anda mungkin lebih sering mengalami buang air kecil.

Selain itu, gejala ini juga dipicu oleh peningkatan hormon HCG, serta hadirnya janin yang mendesak kandung kemih.

 

Nah, sebagaimana tanda awal kehamilan yang telah dirangkum di atas, ada baiknya juga bila Anda pastikan dengan alat tes kehamilan untuk hasil yang lebih akurat.

Selain itu, dapatkan tips lengkap seputar wanita dan bergabung dengan forum khusus wanita yang aktif membahas soal seks, kehamilan, dan juga kisah percintaan di Aplikasi Hawa. Download sekarang aplikasinya di Google Play.

download HAWA app

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi