FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

7 Kesalahan Fitnes yang Perlu Anda Tahu

Anda merasa sudah bersusah payah melakukan fitnes namun tidak juga melihat hasilnya? Bukan karena latihan yang salah, bisa jadi tanpa disadari Anda melakukan beberapa kesalahan saat fitnes yang membuat latihan jadi kurang maksimal.

7 Kesalahan Fitnes yang Perlu Anda Tahu

UNTUK mendapatkan tubuh sehat dan bugar serta menambah massa otot, pergi latihan ke tempat gym tidaklah cukup. Lebih dari itu Anda juga harus menjaga pola makan yang seimbang agar otot cepat terbentuk.

Bahkan tidak hanya itu, agar latihan fitnes yang sudah Anda jalani selama ini memiliki efek yang maksimal, coba hindari beberapa kesalahan saat fitnes berikut ini.

Beberapa kesalahan tersebut tanpa disadari sering Anda lakukan dan nyatanya memiliki efek cukup besar dalam latihan fitnes Anda. 

Apa saja kesalahan saat fitnes yang mereka tidak diduga. Berikut ulasan lengkapnya: 

1. Melewati latihan dasar

Beberapa orang yang melakukan latihan angkat beban mengira bahwa hanya dengan melakukan latihan isolasi seperti chest fly atau leg extention akan lebih cepat membentuk otot.

Faktanya, gerakan latihan dasar seperti bench press dan squat akan memaksa beberapa otot untuk bekerja dengan bersamaan, memfokuskan lebih banyak tekanan pada tubuh untuk hasil yang lebih besar.

Cobalah tulis latihan angkat beban yang akan Anda lakukan, buat persentase latihan isolasi dan latihan dasar setidaknya dengan angka perbandingan 40 sampai 50.

Dalam hal ini, latihan dasar dapat membantu Anda menguatkan otot-otot dasar seperti otot tangan, bahu, perut, kaki, dan sayap agar mampu melakukan latihan yang butuh koordinasi beberapa bagian otot dalam waktu yang sama tanpa menciderai otot.

2. Tidak ada jeda latihan

Terlalu sering olahraga latihan angkat beban sebetulnya akan menghambat pertumbuhan otot. Otot biasanya butuh waktu 48 jam untuk beristirahat setelah  stres akibat latihan.

Karena itu sebaiknya Anda mulai dengan melakukan gerakan kardiovaskular dengan waktu 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jika latihan kardio membentuk otot, maka Anda akan mulai merasakan kekuatan yang bertambah.

Setelah itu Anda dapat menambah beban angkat dan menambah repetisi dalam waktu 2 sampai 3 minggu. Lakukan olahraga dengan mengurangi beban angkat jika anda hanya menyasar bagian-bagian tubuh tertentu saja. Sisanya Anda selingi dengan latihan kardio.

Scitec Nutrition Carni X 500mg Kapsul, Rp 466.000,- ; Beli di sini

3. Merokok dan minum minuman beralkohol

Merokok berarti memasukkan karbon monoksida ke dalam sistem tubuh Anda, yang artinya menghambat otot menyerap oksigen untuk diubah menjadi energi.

Dengan kata lain, semakin sedikit otot mendapat oksigen, akan semakin berkurang efisensinya dalam berkontraksi dan akan mengurangi kapasitas untuk bekerja.

Tidak hanya rokok, minuman beralkohol juga akan menutupi otot dengan lemak dan mengganggu keseimbangan hormon. Terlalu sering minum minuman berlakohol dapat mengurangi level testoteron dan mengurangi massa otot.

Jadi berhenti melakukan kedua kegiatan tidak bermanfaat tersebut dan teruslah berolahraga. Olahraga secara rutin dapat memberikan efek yang menyenangkan karena otak Anda mengeluarkan dopamin.

4. Membiarkan diri Anda kelaparan

Banyak orang berpikir, setelah melakukan fitnes, tubuh harus dibiarkan sedikit kelaparan agar latihan tidak sia-sia. Padahal Anda harus makan setelah melakukan olahraga sebab energi telah terkuras dan membuat rasa lapar datang.

Makan setelah berolahraga dapat memberikan nutrisi pada otot dan membantu otot untuk pulih. Jika Anda kelaparan, tubuh akan mengubah asam amino menjadi glukosa dan disinilah tubuh malah akan menimbun lemak.

Makanlah makanan tinggi karbohidrat dan protein. Untuk efek yang maksimal Anda disarankan minum suplemen fitnes sebelum olahraga dan sesudah olahraga. Anda dapat memilih suplemen fitnes bentuk kapsul atau susu protein.

Baca juga: Cara Sehat untuk Menambah Massa Otot

5. Tidak dapat tidur yang cukup

Kesalahan selanjutnya dalam melakukan fitnes adalah kurang tidur. Perlu diketahui, kurangnya tidur juga berdampak pada otot Anda. Jadi sebaiknya buat jadwal teratur kapan Anda tidur dan bangun bahkan pada akhir pekan.

Jika kurang tidur, latihan akan tetap terhitung dengan intensitas rendah walaupun Anda merasa sudah melaukan latihan intensitas tinggi. Buat jadwal latihan 4-6 jam sebelum waktu tidur malam.

Tidur cukup juga dapat memaksimalkan pembentukan otot ketika Anda menjalani fitness. Sebab pada saat tidurlah terjadi proses pembentukan otot hingga ke bentuk yang sempurna.

6. Makan dan minum manis

Minum atau makan makanan dengan kadar gula tinggi akan membuat gula dalam darah menjadi tinggi dan menghambat Anda menambah nutrisi dari sumber lain.

Untuk itu saat sedang fitness kurangi makan atau minuman dengan kadar gula tinggi seperti minuman bersoda. Hindari juga sumber makanan lain yang memiliki gula tersembunyi seperti buah kering, bar sereal bahkan berbagai jenis saus di dapur Anda.

Mutant Mass Chocolate, Rp 1.261.300,- ; Beli di sini

7. Dehidrasi

Dalam membentuk otot, Anda membutuhkan protein setidaknya 25-30 gram protein pada setiap makan. Protein memiliki efek diuretik sehingga Anda harus minum banyak air putih untuk mengurangi beban ginjal. 

Minum setidaknya 8 sampai 10 gelas air sehari agar tubuh terhidrasi dengan baik. Minum air putih saat melakukan fitnes juga berguna sebagai detoks tubuh dimana air akan menjadi media untuk membuang racun-racun yang menumpuk di tubuh Anda.

 

Itulah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan ketika fitness, dengan menghindari kesalahan ini maka hasil dari fitness yang Anda lakukan akan maksimal.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi