Advertisement
Advertisement

Kerjaan Bikin Stress? 7 Manfaat Lilin Aromaterapi ini Buat Anda Rileks

Lilin telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun. Contoh sederhananya adalah saat listrik turun, kita pasti akan menyalakan lilin. Selain mengandalkan lilin untuk menerangi ruangan gelap, lilin juga biasa digunakan untuk mengisi ruangan dengan aroma minyak esensial tertentu, seperti lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi ini terbuat dari minyak esensial yang memiliki aroma menyenangkan untuk mengisi ruang. Di balik itu semua, tahukah Anda kalau ternyata lilin aromaterapi punya banyak manfaat?

Kerjaan Bikin Stress? 7 Manfaat Lilin Aromaterapi ini Buat Anda Rileks

LILIN aromaterapi dapat menyembuhkan kita dengan aroma yang menghibur dan menyenangkan. Anda dapat menemukan berbagai macam lilin aromaterapi di toko-toko umum atau toko-toko khusus yang menjual produk aromaterapi. Belakangan ini, ada lebih banyak orang yang sadar akan lingkungan serta memilih untuk menghabiskan malam dengan lilin.

Hal ini jelas sebagai bukti bahwa lilin aromaterapi memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah manfaat penyembuhan dan sebagai cara menghilangkan stress. Tetapi, apakah Anda tahu cara kerjanya? Inilah 7 manfaat lilin aromaterapi.

Bersantai dengan suara 1/f

Api lilin benar-benar bisa membuat banyak orang merasa rileks. Disebutkan bahwa cahaya lilin dapat menghasilkan suara 1/f. Ketidakteraturan api yang berpadu dengan irama yang sama seperti aliran sungai, kelap-kelip bintang dan sepoi angin membuat suasana tenang. Otak manusia pun dikatakan mempunyai irama yang sama dengan api lilin yang bergoyang, sehingga ketika Anda melihat api lilin, hal itu dapat memberikan efek rileksasi yang mendalam. 

Kerjaan Bikin Stress? 7 Manfaat Lilin Aromaterapi ini Buat Anda Rileks

Menyembuhkan Ion-Ion Negatif

Anda mungkin pernah mendengar bahwa ion negatif yang ada di dalam diri Anda seketika lenyap saat mendekati hutan atau air terjun. Lilin aromaterapi ini ternyata mampu membantu melepaskan ion negatif. Ketika lilin terbakar, ia melepaskan partikel kecil air melalui ion yang menyebar ke seluruh ruangan. Ion negatif akan mengimbangi ion di atmosfer karena kita memiliki banyak ion positif yang dipancarkan oleh gelombang elektromagnetik. Anda dapat bersantai seperti Anda berada di tengah hutan karena lilin aromaterapi ini.

Memberikan Kesegaran

Umumnya, lilin aromaterapi memiliki efek relaksasi yang mendalam. Namun, setiap aroma memiliki manfaat yang berbeda. Ketika Anda mengalami depresi dan ingin menyegarkan diri, Anda bisa menggunakan lilin aromaterapi yang menyegarkan seperti citrus. Bergamot, yang dikenal dapat memberikan rasa Earl Grey tea memiliki efek untuk menyegarkan dan mengurangi stres Anda. Serai juga dikatakan memiliki manfaat menyegarkan dan mengurangi kecemasan.

Meningkatkan Daya Feminin Anda

Lilin aromatherapy dengan aroma bunga sangat populer, karena romantisme yang ditawarkannya. Bau bunga bisa memberikan keuntungan bagi kaum hawa. Mawar melambangkan feminitas dan dikenal dapat membawa kebahagiaan dan menenangkan nyeri haid, gangguan menopause, dan gejala pra-menstruasi. Sementara itu, aroma enrapturing melati dan bau manis kamboja dapat membuat Anda bahagia serta meningkatkan daya feminin Anda.

Meningkatkan Konsentrasi Anda dengan Aroma

Lilin aromateraphy memiliki manfaat relaksasi, tapi tergantung pada aroma yang Anda pilih. Gunakan aroma rosemary atau eucalyptus jika Anda ingin lebih fokus untuk belajar atau melakukan pekerjaan Anda. Aroma yang kuat dari rosemary dapat meningkatkan daya ingat Anda. Eucalyptus telah digunakan sebagai obat oleh suku Aborigin dan dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Membuat Anda Santai dan Tidur dengan Nyenyak

Lilin aromaterapi dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak karena mereka dapat menghilangkan stres dan kelelahan. Namun, hindarilah tidur dengan lilin menyala untuk alasan keamanan. Jadi, gunakanlah lilin aromaterapi sebelum tidur atau saat Anda mandi. Aroma dan lilin dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membantu Anda memiliki tidur nyenyak. Setiap aroma bisa membantu, tapi lavender adalah pilihan yang tepat untuk membantu Anda tidur.

Memurnikan Ruangan dengan Api yang Lembut

Lilin aromaterapi juga dapat memurnikan atmosfer dengan apinya. Sejak zaman kuno, orang-orang percaya bahwa api dapat meningkatkan energi kehidupan atau memurnikan ruangan.

Api lilin membuat kita dapat merasakan kekuatan spiritual. Biasanya, lilin-lilin digunakan di gereja-gereja dan kuil-kuil untuk membantu menenangkan jiwa untuk berdoa bagi Tuhan. Kekuatan api dapat membantu Anda menangani depresi dan kemarahan.


Kerjaan Bikin Stress? 7 Manfaat Lilin Aromaterapi ini Buat Anda RileksLilin

Ada banyak jenis lilin aromaterapi yang bisa Anda pakai, tapi tentunya Anda harus berhati-hati. Tidak semua lilin aman digunakan. Di masa lalu, sebelum masa industri, masyarakat mengandalkan alam untuk menghasilkan semua yang mereka butuhkan, termasuk lilin. Tidak semua lilin saat ini diproduksi menggunakan metode-metode alami. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus tidak mengambil lilin secara asal-asalan dan memilih yang aman.

Pada zaman kuno, hanya lilin alami yang digunakan untuk membuat lilin. Ini bisa menjadi lilin lebah (wax terbuat dari lebah), lilin kedelai (terbuat dari minyak yang diekstrak dari kedelai alami), rapeseed lilin (minyak yang diekstraksi dari rapeseed), lilin kelapa (dibuat dari buah kelapa) dan candelilla lilin (berasal dari daun semak). Ada banyak lilin alam lainnya yang dapat digunakan, tetapi karena industri jauh lebih tertarik untuk mendapatkan keuntungan maka mereka cenderung lebih memilih produk lilin yang jauh lebih murah.

Sebuah contoh dari lilin murah yang populer digunakan saat ini adalah lilin parafin. Jenis lilin ini berasal dari minyak bumi. Anda harus tahu bahwa bila terbakar, 11 zat beracun yang kita kenal dilepaskan di udara dan beberapa dari racun tersebut diketahui dapat menyebabkan kanker. Contohnya, yaitu benzena, formaldehida dan toluena. Selain itu lilin parafin juga lebih cepat habis saat dibakar daripada lilin alami sehingga hal ini membuat Anda berpikir dua kali untuk membelinya.

The Soot

The Soot (jelaga) adalah zat tepung hitam yang ditemukan di langit-langit tepat di atas area di mana lilin menyala ditempatkan. Zat yang mungkin tidak aman bagi manusia dan sayangnya semua jenis lilin menghasilkan jelaga. Penelitian yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency menunjukkan bahwa lilin minyak memancarkan 100 kali lebih jelaga dari lilin alami lainnya.

Sumbu

Sumbu yang baik adalah yang terbuat dari kapas sumbu 100%. Lilin industri saat ini memiliki beberapa bahan kimia berbahaya dalam sumbu mereka. Unsur-unsur beracun seperti timbal, seng dan logam lainnya ditemukan di dalamnya. Timbal diketahui dapat mengganggu fungsi ginjal, sistem kardiovaskular dan sistem saraf pusat. Ingat, ketika Anda membakar sumbu yang dibuat dengan timah maka zat-zat kimia yang beracun akan otomatis tersebar ke udara dan masuk ke tubuh melalui sistem pernapasan Anda.

Minyak Esensial

Seperti yang disebutkan sebelumnya, industri selalu berusaha untuk memotong biaya dan mendapatkan keuntungan lebih banyak tanpa memikirkan konsekuensi jangka panjang dari pilihan yang mereka buat. Perusahaan besar kebanyakan memilih semua jenis aroma kimia yang bukan berasal dari aroma minyak esensial alami yang murni. Anda perlu berhati-hati dengan produk yang Anda pilih. Saat Anda melihat "Lavender" yang ditulis pada kotak, maka sebaiknya jangan langsung berpikir itu benar-benar mengandung lavender alami karena bisa jadi itu adalah lavender sintetis.

Ada banyak label yang menyesatkan sehingga Anda harus berhati-hati saat memilih produk. Telitilah dalam membaca label di suatu produk untuk memastikan Anda tahu apa yang Anda beli. Jika Anda melihat sesuatu seperti "Parfum" atau "Fragrance Oil", maka Anda harus ekstra hati-hati. Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk mencampur bahan kimia mereka dengan sedikit minyak esensial.

Itu dia manfaat lilin aromaterapi yang mungkin belum Anda ketahui. Jadi, selain dijadikan alternatif sebagai cara menghilangkan stress, ternyata lilin aromaterapi juga punya banyak manfaatnya ya!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi