Advertisement
Advertisement

Kenali Andropause Pada Pria dan 12 Cara Mengatasinya

Seiring bertambahnya usia, tanpa disadari pria mulai kehilangan gairah seksualnya. Ternyata, hal tersebut merupakan ciri dari menopause pada pria atau yang dikenal dengan andropause. 

Kenali Andropause Pada Pria dan Cara Mengatasinya

TIDAK hanya wanita, setiap pria nyatanya dapat mengalami menopause atau yang disebut juga dengan andropause.

Secara medis, andropause merupakan kondisi dimana produksi hormon testosteron dalam tubuh mulai berkurang. Berkurangnya testosteron akan berdampak pada menurunnya tingkat libido yang akan mempengaruhi gairah pria di ranjang

Selain itu, turunnya kadar testosteron ini dapat membawa banyak efek lain terhadap pria, seperti depresi, menurunnya massa otot, naiknya kadar lemak dalam tubuh, dan disfungsi ereksi.

Kondisi andropause biasanya mulai dialami pria ketika memasuki usia 50. Jika tidak diatasi maka andropause dapat membawa dampak buruk seperti yang disebutkan tadi dan permasalahan di atas ranjang. 

Oleh karena itu para pria membutuhkan beberapa trik ini untuk mengatasi andropause yang mereka alami.

1. Konsumsi banyak buah

Pola makan yang buruk dapat berpengaruh kepada kondisi andropause. Untuk mengatasinya, Anda harus mengkonsumsi banyak buah yang mengandung banyak anti oksidan, polyphenols, vitamin, serat dan mineral yang berguna sebagai suplemen kesehatan pria.

2. Pilih sumber lemak yang sehat

Setelah mengonsumsi banyak buah dan sayur, Anda juga harus bisa mengontrol jumlah lemak yang masuk. Hindari lemak-lemak jahat yang berasal dari dari merah seperti sapi dan kambing. Sebaiknya pilih lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan omega 3 yang berasal dari minyak zaitun misal, karena dapat membantu kerja jantung dan sirkulasi darah.

3. Pilih protein nabati

Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, dan biji-bijian yang terpilih merupakan komposisi yang penting dari sebuah suplemen kesehatan pria. Protein nabati juga dapat mencegah andropause dan menurunnya massa otot pada tubuh pria.

Dapatkan Madu Perkasa - 380ml dengan harga Rp 55.000,- Beli di sini

4. Teh hijau

Bagi Anda yang menyukai teh hijau, minuman yang satu ini juga dapat digunakan untuk mencegah andropause. Teh hijau mengandung substansi yang disebut catechins yang mengandung anti oksidan sehingga dapat menangkal penyakit dan semakin menunjang kesehatan pria.

5. Lemak omega 3

Lemak omega 3 dapat menghindari pria dari pembengkakan yang merupakan proses perusakan anti oksidan alami pada tubuh, dan melemahkan sistem imun. Selain itu omega 3 juga dapat menghindarkan pria dari depresi.

Lemak omega 3 dapat Anda temukan pada beberapa makanan seperti ikan tuna, kacang kenari, alpukat dan bayam. Namun yang perlu diingat, pengolahan makanan-makan tersebut juga sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat seperti dikukus atau panggang. 

Baca juga: Atasi Ejakulasi Dini dengan Acupressure

6. Hindari makanan yang dapat mengancam kesehatan pria

Beberapa jenis makanan, suplemen, zat adiktif, dan nutrisi dapat mengancam kesehatan pria. Termasuk mengurangi konsumsi daging merah, kalsium, dan makanan dengan kadar gula yang tinggi.

7. Mulailah mengkonsumsi suplemen untuk andropause

Terdapat beberapa suplemen alami untuk andropause, termasuk suplemen yang dapat meningkatkan testosteron untuk gairah seksual yang lebih baik dan menurunkan kadar estrogen. Konsultasikan kepada dokter atau tenaga kesehatan soal pengkonsumsian suplemen ini.

8. Pertahankan berat badan ideal

Menjadi orang yang memiliki berat badan berlebih dengan kadar lemak yang tinggi dapat memberikan efek terhadap kadar testosteron karena sel lemak menghasilkan estrogen. Kondisi ini dapat merusak keseimbangan antara estrogen dan testosteron.

Dapatkan Madu SP Subur Pria - 280gr dengan harga Rp 60.000,- Beli di sini

9. Berolah raga secara rutin

Kurang berolahraga dapat menyebabkan pria mengalami kondisi andropause. Oleh karena itu para pria disarankan untuk berolahraga yang rutin, di saat yang sama pria juga dapat menjaga berat badan sehat.

10. Manajemen stress yang baik

Andropause memiliki komponen psikologikal yaitu stress dan bergantinya suasana hati dengan mudah. Melakukan teknik manajemen stres yang baik dapat mencegah kondisi andropause.

Baca juga: Atasi Impotensi dengan Diet Vegan

11. Cobalah terapi alami

Selain pergi ke dokter dan meminum berbagai suplemen untuk meningkatkan vitalitas pria, Anda juga dapat mencoba terapi secara alami.

Pengobatan alami seperti akupuntur, biofeedback, homeopati, restorasi hormon, dan teknik manajemen stres yang sudah banyak terbukti dapat mengatasi andropause.

12. Jaga keseimbangan hormon

Keseimbangan hormon memegang peranan penting untuk dapat mengatasi kondisi andropause pada pria. Cobalah berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis tentang pengukuran hormon dan keseimbangan hormon. Diskusikan juga kemungkinan dilakukannya penggantian hormon untuk menjaga keseimbangan hormon pria.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi