FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Kenali 8 Alasan Payudara Terasa Sakit

Meskipun telah melewati masa pubertas, beberapa wanita seringkali masih merasakan nyeri pada payudaranya. Rasa sakit bisa datang sesekali atau bahkan intens sehingga sangat mengganggu. Sebenarnya apa penyebab payudara terasa sakit? 

Kenali 8 Alasan Payudara Terasa Sakit

APAKAH Anda pernah merasakan nyeri payudara? Anda mungkin merasa khawatir jika nyeri payudara adalah salah satu tanda kanker payudara. Namun, tidak perlu khawatir karena nyeri payudara bukan berarti Anda terserang kanker payudara.

Agar tidak merasa was-was, sebaiknya Anda kenali faktor apa saja yang dapat membuat payudara terasa sakit seperti berikut ini: 

1. Alergi terhadap Lotion

Saat memutuskan untuk memakai lotion atau masker payudara, Anda harus mengenal jenis kulit terlebih dahulu karena faktanya ada beberapa jenis lotion atau masker payudara yang bisa menyebabkan masalah kulit.

Masalah kulit yang ditimbulkan bisa beragam seperti kulit kemerahan, pecah-pecah, dan kulit terasa sakit saat disentuh. Kondisi tersebut disebabkan bahan kimia dalam produk lotion tidak dapat bereaksi dengan baik pada kulit Anda.

Jika Anda memakai lotion di sekitar payudara, maka kondisi tersebut bisa menyebabkan nyeri pada payudara. Oleh karena itu, Anda harus konsultasi ke dokter atau mengganti produk lotion yang lebih sesuai dengan jenis kulit.

2. Tanda kehamilan

Hamil bisa menjadi salah satu alasan payudara terasa sakit yang disertai dengan payudara membengkak. Hal ini wajar karena perempuan mengalami perubahan hormon saat masuk trisemester awal kehamilan yang dipengaruhi oleh kenaikan hormon estrogen.

Mustika Ratu Kaplet Ayudara, Rp 25.000,- ; Beli di sini

3. Memakai bra yang salah

Sebuah penelitian mengungkapkan hanya 40% perempuan memilih bra yang tepat sedangkan sisanya memilih bra yang salah ehingga menyebabkan masalah pada payudara mereka.

Para perempuan cenderung memakai bra yang ukurannya lebih kecil dibandingkan ukuran payudara mereka sehingga kondisi tersebut menyebabkan nyeri pada payudara.

Kondisi lainnya adalah para perempuan sering memakai bra dalam waktu yang lama sehingga aliran darah pada payudara menjadi tidak lancar. Anda sebaiknya menghindari penggunaan bra lebih dari 12 jam dan melepas bra saat tidur untuk melancarkan peredaran darah di sekitar payudara.

4. Terlalu keras saat berolahraga

Faktor selanjutnya yang bisa menyebabkan nyeri pada payudara adalah Anda terlalu keras dan bersemangat saat berolahraga. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meregangkan otot.

Jika Anda ingin melakukan push up atau plank, sebaiknya lakukan secara bertahap dari intensitas ringan, sedang, dan berat untuk menghindari otot tegang di sekitar payudara. Tidak hanya itu jangan lupa pakai sport bra agar payudara tidak kendur. 

Baca juga: Perawatan Payudara Secara Alami yang Perlu Anda Tahu

5. Kamu Perempuan

Perempuan adalah makhluk yang unik yang mengalami beberapa fase kehidupan seperti mensturasi, pubertas, dan menopause. Fase kehidupan tersebut bisa mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh Anda yang juga menjadi penyebab utama nyeri payudara.

Nyeri pada payudara umumnya dirasakan ketika memasuki fase menstruasi ataupun menopause. Kondisi tersebut tergolong normal jika tidak disertai dengan gejala-gejala lainnya.

6. Sedang Menyusui

Jika sedang menyusui, maka payudara menjadi sumber makanan utama dari buah hati Anda. Untuk memenuhi asupan gizi, payudara Anda harus menghasilkan ASI secara terus menerus hingga akhirnya payudara merasa lelah. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada payudara Anda.

Eve Cool Pre Pregnancy Padded Bra, Rp 223.000,- ; Beli di sini

7. Efek Konsumsi Pil KB

Apakah Anda sedang mengonsumsi pil KB? Pil KB menyebabkan kadar estrogen dalam tubuh meningkat yang bisa mempengaruhi kondisi payudara Anda.

Jika Anda saat ini tengah mengonsumsi Pil KB maka bisa jadi itu yang membuat payudara terasa nyeri karena pil ini akan menimbulkan sakit  sama seperti saat anda hamil.

8. Kanker Payudara

Alasan terakhir payudara Anda terasa sakit adalah kanker payudara. Seseorang yang menderita penyakit ini umumnya mengalami gejala awal sering mengalami nyeri pada bagian dada.

Selain nyeri, biasanya penyakit ini juga diikuti oleh beberapa gejala lain seperti  munculnya benjolan di sekitar payudara, adanya perubahan pada puting payudara, dan penurunan berat badan secara drastis.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.  Sementara jika keturunan keluarga mempunyai riwayat terserang kanker payudara, maka Anda harus rutin konsultasi ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingin tahu tips dan informasi seputar kesehatan lainnya? Baca Tanya AsmaraKu untuk informasi lebih lengkap. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi