Advertisement
Advertisement

Kenali 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

Tidak hanya indah dipandang sebagai tanaman hias, mawar juga memiliki beragam manfaat bagi kecantikan. Salah satu manfaat mawar terletak pada airnya yang ternyata mampu merawat kecantikan wajah wanita.

Kenali 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

SIAPA yang tak kenal dengan bunga mawar? Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang paling populer di masyarakat karena keindahannya. Tapi, tidak hanya indah dipandang sebagai tanaman, mawar juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan, yaitu pada air mawarnya.

Air mawar bisa diperoleh dari hasil dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan mawar akan menghasilkan cairan aromatik yang memiliki banyak khasiat. Air mawar memiliki kandungan bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat bagi kecantikan dan bisa membuat kulit terelaksasi.

Penggunaan bunga mawar sebagai produk perawatan kecantikan digunakan pertama kali oleh ratu Cleopatra di Mesir. Sejak itu, mawar sering digunakan untuk spa, pembersih wajah sampai masker. Bahkan di India Anda akan menemukan air mawar sebagai barang wajib di rumah gadis India.

Di sisi lain, tidak hanya harus, air mawar juga cocok digunakan oleh Anda yang memiliki berbagai jenis kulit seperti kulit kering, berminyak dan bahkan kombinasi.

Untuk mengetahui manfaat air mawar untuk kecantikan, kami telah merangkum 10 manfaat air mawar untuk kecantikan.

1. Meredakan Radang dan Jerawat

Jerawat yang meradang sering kali membuat wanita merasa tidak percaya diri dan mencoba berbagai obat kimia. Nah daripada Anda semakin merusak kulit wajah, mungkin ada baiknya Anda menggunakan air mawar untuk mengurangi peradangan.

Hal ini dikarenakan air mawar memiliki sifat anti inflamasi yang akan membantu mengurangi kemerahan akibat peradangan jerawat, iritasi atau berbagai peradangan kulit lainnya.

2. Mengurangi Puffy Eyes

Setelah semalam suntuk mengerjakan tugas atau berbagai pekerjaan lainnya, biasanya pada pagi hari mata akan lebih bengkak dan berwarna hitam karena berkantung. Untuk mengurangi puffy eyes, Anda bisa menggunakan air mawar dan mengompres mata yang kelelahan.

Caranya sangat mudah, tetesi kapas dengan air mawar lalu kompres mata Anda. Tunggu sekitar 10 menit, mata Anda akan terlihat jauh lebih baik. Ulangi langkah ini setiap dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Sebagai Alternatif Obat Kumur

Karena memiliki sifat anti bakteri, air mawar sering disebut sebagai alternatif obat kumur oleh para pencinta alam. Jika Anda selama ini sudah merasa bosan dengan bau mouthwash pada umumnya, mungkin Anda perlu mencoba air mawar sebagai obat kumur. Mulut berbau mawar tentu memiliki efek dan sensasi baru bagi yang menggunakannya.

Dapatkan Mustika ratu Air Sari Mawar Putih - 75ml dengan harga Rp 9.800,- Beli di sini

4. Sebagai Toner

Manfaat air mawar ini  sudah pasti sering Anda dengar, apalagi saat ini sudah banyak brand yang menawarkan air mawar sebagai toner wajah. Anda bisa menggunakannya dengan meneteskan di kapas lalu menepuk-nepuk di wajah Anda.

Selain itu toner air mawar ini akan membantu melembabkan, menghidrasi dan merevitalisasi kulit Anda. Wajah Anda akan terlihat jauh lebih segar setelah menggunakan air mawar asli ini.

5. Anti Aging

Untuk mencegah penuaan dini pada kulit Anda yang disebabkan oleh umur yang semakin bertambah pula, Anda bisa menggunakan air mawar sebagai perawatan anti aging. Air mawar memiliki kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Vitamin C yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan dapat mengurangi flek hitam akibat penuaan dini. Selain itu, nutrisi yang menyerap maksimal ke dalam kulit akan mengurangi munculnya garis halus atau berbagai kerutan lainnya

Baca juga: Ini Manfaat Bunga Mawar Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Mencegah Munculnya Jerawat

Anda bisa menggunakan air mawar ini sebagai skin care untuk mencegah munculnya jerawat. Air mawar memiliki antiseptik yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat apalagi bagiyang memiliki kulit yang sangat sensitif. Caranya Anda bisa menggunakan air mawar pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk skin care Anda.

7. Membuat Rileks

Setelah aktivitas yang padat dan panjang, beristirahatlah sejenak dengan menggunakan campuran air hangat dan air mawar untuk berendam. Hal ini akan merelaksasi tubuh Anda dan membuat Anda jauh lebih menikmati me time Anda. Campurkan dua gelas air mawar asli pada saat Anda hendak mandi.

Dapatkan Taman Sari Royal Heritage Essential Oil Concentrate Rose dengan harga Rp 87.500,- Beli di sini 

8. Mencerahkan Kulit

Air mawar memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang berperan penting dalam eklfloliasi wajah dan mencerahkan kulit tentunya. Selain itu air mawar juga memiliki kandungan vitamin C yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Air mawar juga memiliki sifat antioksidan yang mampu meregenerasi jaringan sel baru dan memperkuat sel-sel kulit.

9. Mencegah Komedo

Sebagai toner alami wajah, air mawar memiliki manfaat untuk mencegah komedo pada wajah. Air mawar memiliki kandungan anti bakteri, vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Selain itu pada saat menggunakan air mawar sebagai toner atau pelembab wajah, air mawar juga mampu mengontrol minyak berlebih pada kulit dan bisa membersihkan sisa kotoran penyebab komedo pada wajah Anda.

10. Merawat Rambut

Bukan hanya memiliki banyak manfaat untuk kulit dan wajah, air mawar asli juga memiliki manfaat baik untuk merawat rambut Anda. Anda bisa menggunakan air mawar untuk merawat rambut agar tetap sehat.

Menggunakan air rambut air mawar akan membantu rambut Anda cepat panjang dan juga bisa membantu mengurangi ketombe. Selain itu, air mawar juga memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu mencegah iritasi pada kulit kepala.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi