FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Kembalikan Berat Badan Setelah Berlibur dengan 5 Cara Ini

Libur panjang tentu menyisakan cerita tersendiri. Selain membawa memori menyenangkan, liburan juga sering kali menyisakan 'oleh-oleh' yaitu peningkatan berat badan akibat asupan makanan yang sering tidak terkontrol. 

Kembalikan Berat Badan Setelah Berlibur dengan 5 Cara Ini 

SELAMA masa liburan, semua keinginan diet sambil olahraga, makan makanan sehat, seakan menguap begitu saja. Apalagi saat berkunjung ke rumah saudara yang menyediakan banyak makanan enak, lidah seolah tidak mau berhenti menyantap hidangan yang disajikan. 

Meski masa liburan panjang terbilang jarang, namun ternyata kebiasan singkat mengonsumsi makanan lezat dalam jumlah banyak malah membuat badan ‘malas’ untuk kembali ke pola hidup sehat yang sudah direncanakan sebelumnya.

Karena itu, setelah menyadari pertambahan berat badan, tidak jarang banyak orang akan mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat pelangsing berbentuk pil, minuman, dan lain-lain.

Cara tersebut mungkin efektif menurunkan berat badan Anda, namun jika mau sedikit berusaha, ada lho cara sehat untuk melunturkan lemak dan mendapatkan berat badan ideal yang sehat dan lebih aman pastinya.

Apa saja? Berikut 5 cara menurunkan berat badan dengan sehat usai liburan!

1. Kurangi Makanan Manis

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan manis dapat membuat ‘kecanduan’ yang berujung pada keinginan Anda untuk terus makan dalam porsi besar. Ini disebabkan karena meningkatnya kadar insulin setelah konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Insulin yang tinggi akhirnya menurunkan kadar gula darah, dan menyebabkan kalori ekstra dari makanan-makanan tersebut tersimpan dalam tubuh sebagai lemak. 

Kadar insulin tinggi pun mempengaruhi kondisi emosi dan fisik Anda. Bukannya tubuh bugar dan sehat yang didapat setelah makan, Anda malah akan mengantuk, mudah kesal, dan tidak ingin bergerak.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah mengembalikan tubuh ke pola makan semula adalah untuk tidak sama sekali mengonsumsi makanan manis selama 4-10 hari. Meski sulit, keinginan untuk makan makanan manis akan berkurang, dan tubuh Anda akan mencari manis yang lebih alami seperti dari buah-buahan.

Mustika Ratu Kaplet Slimming, Rp 23.700,- ; Beli di sini

2. Kecilkan Perut

Apakah Anda tahu bahwa perut bersifat elastis? Maksudnya, perut dapat membesar ataupun mengecil sesuai jumlah makanan yang dikonsumsi. Ini berarti jika porsi makan Anda besar dan tinggi kalori, perut pun akan mengakomodasi jumlah tersebut dan berpotensi meningkatkan berat badan.

Namun sebaliknya, jika Anda mencoba mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit, lama kelamaan, perut pun akan menyusut dan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang dibanding sebelumnya.

Ini dapat dilakukan dimulai dengan hal kecil misalnya mengurangi nasi dari satu porsi menjadi setengah, atau bahkan menggunakan piring yang lebih kecil agar jumlah makanan yang Anda masukkan pun tidak sebanyak biasanya.

Baca juga: 5 Karbohidrat Sehat yang Harus Anda Konsumsi

3. Tingkatkan Protein

Cara menurunkan berat badan berikutnya adalah dengan meningkatkan konsumsi protein. Protein membuat tubuh Anda merasa kenyang dengan lebih lama.

Ini karena protein lebih sulit untuk diproses dan dicerna tubuh, sehingga memperlambat kenaikan kadar insulin, dan juga membakar lebih banyak kalori tubuh untuk mencerna zat tersebut.

Dibanding makan makanan dengan karbohidrat tinggi, konsumsi protein sebagai sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang sampai waktu makan berikutnya, serta tetap membuat tubuh bugar dan sehat untuk melakukan aktivitas. Contoh protein yang bisa dikonsumsi adalah daging ayam, salmon, atau greek yogurt.

4. Kurangi Alkohol

Jika Anda mengonsumsi alkohol, tinggalkan kebiasaan tersebut jika ingin menurunkan berat badan. Selain gula dan lemak yang terkandung di dalamnya, perut dan otak tidak mengenali kalori dalam alkohol sama seperti yang ada dalam makanan padat.

Ini menyebabkan Anda tidak pernah merasa kenyang meski sudah menenggak banyak gelas karena minuman beralkohol mempunyai kalori yang tinggi. Jika merasa haus, cobalah minuman rendah kalori seperti teh, sparkling water, atau infused water dengan potongan buah di dalamnya.

Banyak orang juga salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi, jika lain kali Anda merasa lapar, cobalah untuk meminum beberapa gelas air dan tunggu selama 20 menit. Perasaan lapar ‘palsu’ ini biasanya akan segera hilang dan membantu mengurangi berat badan dari konsumsi kalori berlebih.

Mustika Ratu Slimming Gel Plus Jahe, Rp 65.000,- ; Beli di sini

5. Olahraga Secara Rutin

Sambil melakukan 4 poin di atas, untuk lebih cepat mengurangi berat badan, tingkatkan olahraga rutin Anda. Setelah liburan, kembalilah melakukan jadwal olahraga yang biasa Anda lakukan, misalnya dengan pergi ke gym atau melakukan jogging di daerah tempat tinggal.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi