We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Pembalut saat Menstruasi?

Saat datang bulan atau menstruasi, pembalut menjadi barang terpenting yang harus selalu dibawa para wanita. Sayang, meskipun dalam sehari bisa membawa beberapa pembalut ganti, padatnya aktivitas membuat para wanita lupa untuk mengganti alat kebersihan yang satu ini.

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Pembalut saat Menstruasi?

SEBAGAI wanita yang telah mengalami pubertas, siklus menstruasi pasti akan dialami Anda para wanita selama tiga hari sampai satu minggu. Selama siklus tersebut, selain mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi, wanita juga akan mengalami beberapa perubahan mood

Selain perubahan mood, menstruasi juga kerap kali menimbulkan sakit seperti sakit kepala, sakit perut dan sakit pada payudara. Meskipun pada beberapa wanita sakit pada saat menstruasi sangat menganggu, namun hal ini wajar karena terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh dan bukan merupakan penyakit.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Keputihan Tidak Kunjung Diobati?

Di sisi lain, meskipun mengalami banyak gangguan selama menstruasi, para wanita harusnya lebih menjaga kebersihan terutama kebersihan organ intim. Hal tersebut karena darah yang tersimpan terlalu lama dalam pembalut dapat menjadi sarang penyakit. 

Sayangnya, masih banyak wanita yang mengabaikan waktu penggantian pembalut atau tidak tahu kapan waktu yang tepat. Agar Anda tidak lagi bingung dan mencegah berbagai penyakit yang mungkin timbul, berikut kami telah merangkum waktu yang tepat untuk mengganti pembalut. 

1. Ketika Pembalut Sudah Tidak Nyaman

    Pembalut yang kita gunakan seharian untuk melakukan aktivitas tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada organ intim. Meskipun pembalut yang Anda gunakan adalah pembalut panjang atau pembalut yang aman dan mahal, namun itu semua tetap tidak menjadi jaminan kebersihan Miss V .

    Ada baiknya, Anda langsung mengganti pembalut jika terasa sudah tidak nyaman. Ciri dari pembalut yang tidak nyaman dapat dilihat dari pembalut yang sudah penuh, bergeser, menimbulkan bau tidak sedap, dan gatal pada area selangkangan.

    Jika sudah begini, semalas apapun Anda harus segera mengganti pembalut, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti darah yang bocor pada pakaian. Selain itu, kesehatan organ intim Anda juga akan dipertaruhkan jika malas mengganti pembalut. 

     

    Dapatkan Avail Feminine Comfort Sanitary Pad Night Use Pads dengan harga Rp 34.000,- Beli di sini

    2. Ganti Setiap 3-4 Jam Sekali

      Umumnya wanita akan mengganti pembalutnya pada saat pembalut terasa penuh. Tapi ada saja wanita yang hanya akan mengganti pembalutnya jika telah bocor dan mengenai celana atau rok Anda. 

      Jika Anda masih melakukan hal di atas, sebaiknya ubah sekarang juga! Menurut penelitian, untuk menjaga kebersihan organ intim pada saat menstruasi, wanita harus mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali.

      Sementara itu, jika siklus menstruasi Anda tidak sedang dalam masa puncak/ deras, dapat mengganti pembalut 4-6 jam sekali. Menurut para ahli, semakin lama Anda mengganti pembalut maka semakin tinggi pula resiko terkena ISK (Infeksi Saluran Kemih). 

      3. Jika Sudah Terjadi Infeksi

        Pemakaian pembalut yang berkepanjangan akan menyebabkan infeksi pada area organ intim. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, darah dalam pembalut yang sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama merupakan media yang sangat digemari oleh bakteri untuk berkembang biak.

        Sifat malas untuk mengganti pembalut akan membuat daerah kewanitaan menjadi lembab. Daerah kewanitaan yang lembab akan membuat bakteri menjadi berkembang biak dengan leluasa. Bakteri yang berkembang biak akan menyebabkan gatal-gatal, keputihan, bau dan iritasi. Selain bakteri, jamur juga akan ikut lebih leluasa untuk berkembang biak di daerah yang lembab.

        Lebih parahnya lagi Ladies, para ahli mengatakan pembalut yang lembab adalah cikal bakal terjadinya kanker rahim. Untuk itu agar menghindari terjadinya infeksi, Anda sebaiknya mengganti pembalut setiap 4 jam sekali meskipun darah menstruasi tidak banyak.

        Dapatkan Rapet Wangi Kaplet Botol - 60 dengan harga Rp 55.400,- Beli di sini

        Meskipun sering kali merasa lelah atau malas untuk mengganti pembalut, Anda harus tetap segera menggantinya. Apalagi jika pembalut yang digunakan sudah lebih dari 6 jam. Meskipun belum penuh, Anda sebaiknya tetap mengganti pembalut 4-5 jam sekali demi menghindari berbagai infeksi seperti gatal-gatal, bau, keputihan dan jamur yang mungkin akan terjadi, karena mencegah jauh lebih baik dari mengobati bukan?

        Tinggalkan komentar

        Artikel Terkait

        icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
        Keranjang Belanja
        Halaman Privasi
        Kembali —

        Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
        ketika berbelanja di Asmaraku.com

        Gambar Halaman Privasi