We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Kantung Mata Bikin Wajah Lesu? Hilangkan dengan 8 Trik Alami Ini

Kantung mata memang bikin tidak percaya diri. Meskipun sudah ditutupi dengan concealer, keberadaan kantung mata yang terlalu tebal akan tetap terlihat dengan jelas. Tentu saja hal ini dapat mengurangi kesegaran tampilan wajah Anda.

Kantung Mata Bikin Wajah Lesu? Hilangkan dengan 8 Trik Alami Ini

SEJATINYA, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata secara sederhana tanpa perlu menggunakan kosmetik high-end atau menjalani perawatan mahal. Cara-cara sederhana yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari ini ternyata dapat menghilangkan kantung mata secara alami.

Ganti Posisi Tidur

Keberadaan kantung mata sering dihubungkan dengan kebiasaan begadang dan kurang tidur. Memang benar jika begadang dapat menimbulkan kantung mata, tapi posisi tidur juga berpengaruh dalam membentuk kantung mata, lho.

Ketika Anda tidur menghadap ke kanan atau kiri, gravitasi akan menarik kulit ke bawah sehingga menimbulkan kantung mata. Peregangan akibat gravitasi tersebut perlahan-lahan akan membentuk kerutan, bengkak, dan lama-lama melonggar.

Untuk menghindari kantung mata karena efek gravitasi ini, Anda bisa mencoba untuk tidur telentang. Jika Anda sudah terbiasa tidur menghadap ke kiri atau kanan, coba gunakan bantal yang lebih tinggi untuk menjaga posisi tidur tetap menghadap ke atas.

Hapus Makeup Sebelum Tidur

Seringkali kita merasa lelah ketika baru tiba di rumah dan ingin cepat-cepat tidur. Padahal, tidur tanpa menghapus makeup terlebih dulu dapat membahayakan kesehatan kulit, lho.

Salah satu dampak dari tidur dengan makeup yang belum dihapus adalah kemunculan kantong mata. Jika saat ini Anda sedang mencari cara menghilangkan kantung mata, maka mulailah dari hal yang sederhana terlebih dahulu, seperti menghapus makeup di wajah sebelum tidur.

Pakai Masker Alpukat

Salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan alami, yaitu buah alpukat. Alpukat mengandung sejumlah bahan yang “ramah” terhadap kulit, seperti Vitamin E, Vitamin C, Karotenoid, dan lemak tak jenuh tunggal.

Karotenoid bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mengurangi bengkak pada area bawah mata. Sementara itu, kombinasi antara Vitamin E dan Vitamin C dapat melancarkan peredaran darah di sekitar mata sehingga kantung mata akan memudar secara perlahan tapi pasti.

Kompres Area Mata

Butuh cara menghilangkan kantung mata secara cepat dan instan? Kompres mata Anda untuk mengurangi peradangan yang menimbulkan kantung mata. Selain krim mata, Anda dapat menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain atau sendok stainless steel yang sudah dibekukan di dalam freezer.

Alternatif lain untuk mengurangi kantung mata adalah mengompres mata dengan irisan tipis mentimun. Untuk memberikan sensasi dingin dan menyegarkan sebaiknya letakkan mentimun di dalam lemari es beberapa jam sebelum digunakan.

Kurangi Konsumsi Garam

Sekilas tak ada hubungannya mengonsumsi garam dengan kantung mata. Namun, jika terlalu banyak asupan sodium yang masuk ke dalam tubuh, hal tersebut dapat menyebabkan bengkak karena retensi air, terutama di bagian bawah mata.

Anda dapat mengganti garam dengan rempah-rempah alami lain yang memiliki rasa yang juga kuat. Jika tetap tidak bisa move on dari garam, ganti saja garam meja yang biasa dipakai dengan garam laut Himalaya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari sejumlah makanan yang tinggi garam, seperti makanan beku, makanan kalengan, acar, fast food, dan berbagai jenis makanan lain yang menggunakan garam sebagai bahan pelengkapnya.

Tambahkan Kolagen ke Menu Diet

Kolagen dapat meremajakan kulit dan membuatnya tetap elastis. Sayangnya, seiring bertambahnya usia maka kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen semakin berkurang. Akibatnya, keriput dan kantung mata akan lebih mudah terbentuk.

Anda tetap dapat memperoleh asupan kolagen dari skin care atau kosmetik yang diperkaya dengan kolagen. Namun, alangkah lebih baik jika Anda mendukung perawatan sederhana ini dengan turut mengonsumsi makanan yang memberikan asupan kolagen. Sebagai contoh, buatlah kaldu dari tulang ayam, lalu konsumsi kaldu tersebut dalam bentuk sup atau makanan lainnya.

Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Tahukah Anda bahwa minuman beralkohol adalah salah satu pemicu dehidrasi? Konsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dengan mengurangi kemampuan tubuh untuk memproduksi vasopressin, hormon yang mendorong retensi air.

Dehidrasi karena minuman beralkohol ditandai dengan frekuensi buang air kecil yang meningkat. Ketika tubuh mulai kekurangan cairan, tanda-tanda sederhana yang dapat terlihat adalah terbentuknya kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk menghilangkan kantung mata, cobalah membatasi konsumsi minuman beralkohol. Ganti dengan minuman lain yang dapat menghidrasi tubuh dengan baik, seperti air putih, teh, atau air kelapa hijau.

Berhenti Merokok

Bahan kimia yang terkandung di dalam asap rokok dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan yang signifikan pada kulit tipis di bagian bawah mata. Iritasi ini akan bermanifestasi menjadi kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

Jadi, jika Anda ingin mencari cara menghilangkan kantung mata secara alami, cobalah menghentikan kebiasaan merokok. Jika bukan seorang perokok aktif, maka Anda pun harus berusaha untuk tidak menjadi perokok pasif. Pasalnya, paparan asap rokok di lingkungan sekitar Anda juga berpotensi untuk menimbulkan kantung mata.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi