Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

BUNGA

Kagumi Buket Bunga Lebih Lama dengan Cara Mengeringkannya

Oleh: AsmaraKu Editorial | 3 menit membaca


Buket bunga, karangan bunga, atau rangkaian bunga adalah sebuah hal yang sakral dalam berbagai pernikahan. Tidak jarang buket bunga disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama atau bisa saja seumur hidup. Beberapa orang memilih untuk menggunakan bunga sintetis dalam buket bunganya agar dapat disimpan lama. Akan tetapi, bagaimana cara menyimpan buket yang terbuat dari bunga asli? Dengan mengeringkannya! Yuk, simak cara mengeringkan buket bunga kesayangan Anda!

Kagumi Buket Bunga Lebih Lama dengan Cara Mengeringkannya

 

Mengeringkannya dengan cara menggantung

Buket bunga akan terlihat cantik jika dikeringkan dengan cara menggantung. Sebab, dengan cara inilah keaslian bentuk karangan bunga tetap terjaga. Untuk melakukan cara ini:

  1. Tentukan lokasi yang akan Anda jadikan tempat untuk menggantung. Lokasi yang Anda pilih harus yang jauh dari gangguan yang memungkinkan bunga terjatuh.
  2. Setelah itu, pisahkan bunga dari dedaunan yang menjadi penghias buket, kalau Anda ingin mempercantik hiasan bunga dengan dedaunan kering, Anda bisa mengambil beberapa daun.
  3. Jika sudah disiapkan apa saja yang ingin dikeringkan, Anda perlu melepaskan pita atau sesuatu yang mengikat bunga-bunga pada buket, mengikatnya ulang dengan lebih kencang, dan tumpuk ikatannya dengan lilitan akar atau batang.
  4. Apabila ikatannya sudah dipastikan kencang, Anda bisa menggantung buket bunga di tempat yang hangat, kering, dan jauh dari jangkauan matahari selama beberapa hari. Anda perlu tahu jika cahaya matahari dapat mengubah warna bunga Anda menjadi kurang menarik, lho!
  5. Jika Anda ingin mengeringkan daun, Anda bisa meletakkan daun pilihan Anda pada tempat yang tertiup angin dan jangan lupa ditutup menggunakan kertas atau koran agar daunnya tidak terbang dan tidak menggulung ke atas saat kering.
  6. Saat bunga mengeras dan tangkainya rapuh, maka buket bunga Anda sudah kering sempurna.
jual buket bunga murah dan lengkap

 

Saat buket bunga kering sudah jadi, pastikan Anda menyimpannya baik-baik untuk menjaga bentuknya. Sebab, bunga kering sangat mudah hancur. Untuk membuat tangkai-tangkai bunga lebih kuat dan menyatukan daun kering yang pengeringannya terpisah, Anda bisa menggunakan lem tembak.

Baca juga: Rangkaian Bunga Murah Bisa Terlihat Mahal dengan 9 Trik Ini!

Apabila Anda menginginkan rangkaian bunga kering yang lebih awet, Anda bisa menggunakan semprotan khusus untuk menguatkannya, seperti Dried Flower Spray yang bisa ditemukan di toko bunga terdekat, Craft Spray atau semprotan yang biasanya digunakan untuk mengilapkan berbagai kerajinan, dan Hairspray yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar Anda.

Mengeringkannya dengan Silica Gel

Selain digantung, Anda juga bisa mengeringkan buket bunga dengan bantuan Silica Gel. Butiran-butiran silica gel menyerap cairan dari buket bunga Anda tanpa mengubah bentuk bunganya. Sayangnya, cara ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan cara sebelumnya, mengingat harga silica gel cukup mahal di pasaran. Berikut adalah langkah-langkahnya.

jual rangkaian bunga lengkap
  1. Foto buket bunga Anda terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusunnya kemudian. Lepaskan ikatan buket bunga dan pisahkan bunga dari daun atau tumbuhan rambat lainnya.
  2. Potong tangkai bunga agar tidak panjang atau sisakan tangkai sepanjang satu inchi dari mahkota bunga.
  3. Siapkan wadah bertutup yang cukup besar, taruh silica gel di dalamnya, dan taruh bunga-bung Anda di atasnya. Pastikan jika bunga-bunga Anda tidak saling bertumpuk satu sama lain.
  4. Tutup lagi permukaan bunga dengan silica gel, taburkan silica gel dengan hati-hati di seluruh kelopak bunga agar bunga-bunga Anda tidak rusak bentuknya.
  5. Tutup wadahnya dan simpan di tempat yang hangat, kering, dan jauh dari cahaya matahari.
  6. Periksa bunga Anda setelah empat hari. Jika bunga Anda sudah berubah warna, lebih rapuh, dan kering, maka bunga Anda sudah kering sempurna.
  7. Untuk menyatukan tangkai-tangkai bunga dan membentuk buket kembali, gunakan lem tembak dan ikuti bentuk buket bunga Anda yang sebelumnya sudah difoto.

Jangan buang silica gel Anda, sebab silica gel dapat digunakan berkali-kali. Tidak hanya untuk bunga, loh! Anda bisa menggunakannya untuk menjaga pakaian agar tetap kering atau bahkan makanan. Selamat mengeringkan buket bunga agar dapat Anda kagumi lebih lama!

Baca juga: Bunga Hias Untuk Mempercantik Kamar Tidur



Sebelumnya: Bingung Memilih Ukuran Kondom? Ini Dia Tipsnya


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_buket bunga, Beli buket bunga, Beli bunga, Beli bunga meja, Beli kategori_bunga, Beli rangkaian bunga, Beli toko bunga

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com