Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Jenis Vitamin untuk Ibu Hamil Apakah Yang Penting Dikonsumsi?

Setiap ibu hamil pasti ingin kehamilannya sehat selalu. Tetapi amankah vitamin untuk ibu hamil dikonsumsi? Di bawah ini adalah jenis-jenis vitamin ibu hamil yang baik dikonsumsi dan mana yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Jenis Vitamin untuk Ibu Hamil Apakah Yang Penting Dikonsumsi

KEBANYAKAN wanita hamil maupun mereka yang baru memulai program hamil biasanya sudah mengonsumsi suplemen nutrisi ibu hamil. Suplemen yang biasa mereka konsumsi adalah multivitamin, vitamin B ekstra atau bahkan mereka sedang dalam suplemen program hamil. Apapun yang Anda konsumsi tentunya agar ibu dan janin sehat dan calon buah hati berkembang dengan sempurna. Masalahnya adalah terkadang masih banyak ibu hamil yang masih bingung soal keamanan vitamin ibu hamil yang mereka konsumsi. Para dokter kandungan dan bidan sepakat soal peraturan sederhana bahwa ibu hamil tidak dibolehkan mengonsumsi suplemen tambahan maupun suplemen herbal kecuali jika memang disarankan oleh dokter. Yang utama dan paling penting yaitu makanan sehat untuk ibu hamil adalah nutrisi yang terbaik, dibarengi juga dengan vitamin dari makanan sehat, air putih yang berkualitas, istirahat cukup dan olahraga ringan.

Baca Juga: Rencanakan Jarak Kehamilan yang Tepat dengan Program KB 

 

Suplemen nutrisi ibu hamil terbaik yang tetap harus dikonsumsi

Multivitamin prenatal

Setiap ibu hamil harus mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil, para dokter maupun bidan menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan vitaminnya dari makanan sehat dan bernutrisi. Multivitamin prenatal memastikan ibu dan janin mendapatkan semua nutrisi vital saat masa kehamilan. Multivitamin prenatal bukan berarti sebagai pengganti makanan kaya nutrisi sehari-hari Anda, multivitamin ini harus menjadi jembatan yang menyempurnakan kesehatan nutrisi.

 

Minyak ikan kod sumber Omega 3, asam lemak yang penting

Sudah banyak penelitian manfaat suplemen asam lemak omega 3. Salah satu cara mendapatkan omega 3 dengan kualitas tinggi adalah dari minyak ikan kod. Menurut beberapa penelitian, minyak ikan kod bisa membantu membuat bayi Anda pintar dalam jangka panjang dengan mendukung perkembangan kesehatan otaknya.

Omega 3 sangat baik sebagai vitamin untuk ibu hamil karena mengandung 2 jenis asam lemak di dalamnya yang krusial untuk kesehatan yaitu DHA dan EPA. Dua jenis asam lemak ini sangat baik untuk kesehatan, kekurangan DHA dan EPA dikatakan berkaitan dengan depresi dan gangguan kesehatan mental. DHA baik untuk perkembangan otak sedangkan EPA mendukung perilaku dan suasana hati yang baik. Tidak hanya bagus untuk janin, nutrisi ini juga baik untuk mencegah depresi pasca melahirkan. Minyak ikan kod juga kaya akan vitamin A dan D3 yang juga jadi nutrisi penting untuk perkembangan bayi.

 

Vitamin D3

Vitamin D3 membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang baik untuk pembentukan tulang. Vitamin ini juga membantu sistem imun, regulasi pertumbuhan sel, membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekuatan otot, membantu produksi hormon dalam tubuh dan bisa membantu mencegah depresi. Konsumsi vitamin D3 juga bisa mencegah kelahiran prematur, preeklamsia, diabetes pada masa kehamilan dan infeksi. Konsumsi vitamin D3 yang cukup juga menaikkan massa tulang yang optimal ketika sang anak tumbuh berkembang setelah lahir.

 

Kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi yang baik. Kalsium juga membuat darah menggumpal dan membuat otot bekerja dengan lancar. Sangat penting untuk mendapatkan kalsium yang cukup setiap harinya karena jika tidak bayi Anda akan mengalami pengapuran. Janin Anda pun akan menyerap kalsium dari tubuh Anda sehingga Anda bisa mengalami kram kaki pada saat kehamilan. Waktu yang baik untuk mengkonsumsi kalsium adalah sebelum makan saat perut kosong agardiserap tubuh lebih baik. Konsumsi kalsium bersamaan dengan magnesium dan vitamin C, takaran kalsium yang disarankan adalah 1000mg per hari, jangan melebihi 1200 IU karena beresiko pembentukan batu ginjal.

 

Magnesium

Mineral ini juga tidak kalah penting untuk nutrisi ibu hamil. Magnesium berperan penting dalam pembentukan tulang dan jaringan untuk jabang bayi dan untuk tubuh Anda sendiri. Sama seperti kalsium, magnesium juga bisa mencegah kram kaki dan memberikan tidur yang nyenyak. Tidur yang cukup penting bagi hamil untuk proses laktasi. 500mg magnesium adalah dosis maksimal untuk konsumsi harian.

 

Asam folat

Asam folat untuk ibu hamil sangat penting, bahkan disarankan sejak sebelum kehamilan untuk mempersiapkan nutrisi bagi calon janin. Asam folat untuk ibu hamil penting karena pada minggu awal kehamilan adalah pembentukan saraf tulang belakang. Asam folat membantu pembentukan tulang belakang yang sempurna. Asam folat bisa didapatkan dari makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung 800mcg asam folat namun jika dokter Anda menyarankan lebih maka Anda boleh mengkonsumsi suplemen asam folat tambahan. 1200mcg asam folat masih aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

Baca Juga: Usia BUkan Halangan, Tips Hamil di Atas 35 Tahun! 

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi