Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

Jangan Tidur Dulu Sebelum Wajah Bersih dari Sisa Makeup

Oleh: AsmaraKu Editorial | 4 menit membaca


Makeup merupakan salah satu aspek yang mempunyai peran penting dalam kehidupan wanita. Karena dengan menggunakan makeup, wanita terlihat semakin segar dan cantik. Namun, terkadang banyak wanita yang lupa cara merawat wajah dan cara membersihkan wajah dari sisa makeup karena disibukkan oleh pekerjaan yang menumpuk. Padahal jika makeup dibiarkan berlama-lama menempel di wajah Anda, itu akan berdampak buruk pada kulit wajah. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan alasan mengapa membersihkan sisa makeup sebelum tidur itu baik untuk kulit Anda. Simak ulasannya. 

Menghapus Makeup Sebelum Tidur

1.       Bahan Kimia yang Buruk Bagi Wajah Anda

Apapun jenis makeup yang Anda gunakan, baik itu untuk kulit sensitif, kulit kering ataupun kulit berminyak, semua memiliki bahan kimia yang dapat membahayakan kulit Anda. Bahan kimia ini ketika digunakan di kulit dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain menyebabkan keriput, tanda-tanda penuaan, bulu mata rontok, dan menghambat kulit dalam melakukan regenerasi, bahan kimia ini juga menghambat kulit untuk bernapas. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pembersih wajah pada saat membersihkan sisa makeup agar bahan kimia yang menempel dapat terangkat. 

Baca Juga: Atur Asupan Air Agar Kulit Tetap Cantik Selama Puasa Ramadhan

 

2.      Dapat Menimbulkan Jerawat

Jika Anda tidak rajin membersihkan makeup sebelum tidur, jerawat akan timbul di wajah Anda. Makeup yang Anda gunakan dapat memblok pori-pori kulit sehingga menghalangi aliran alami sebum, yaitu minyak alami kulit yang dapat menjadi pelumas kulit Anda serta membantu mengangkat sel kulit mati dan polutan dari kulit Anda. Ketika por-pori di wajah tersumbat, maka sel-sel kulit kering tersebut akan menempel pada pori-pori sehingga dampaknya akan timbul jerawat, komedo, dan lainnya.


3.      Dapat Menyebabkan Iritasi Mata dan Infeksi

Terlepas dari membersihkan makeup di wajah Anda, membersihkan makeup di area sekitar mata juga penting dilakukan. Hal ini harus patut untuk diperhatikan karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan gatal-gatal, iritasi mata, alergi, infeksi, dan bahkan menyebabkan bulu mata menjadi rapuh dan rontok. Jumlah polutan lingkungan serta bahan kimia dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan kulit Anda serta menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang berguna untuk memelihara kulit agar tetap elastis dan terlihat awet muda.

 

4.      Usia Kulit Sangat Cepat

Penggunaan makeup dapat memperlambat proses regenerasi kulit pada saat tidur. Kulit yang dilapisi dengan makeup tentu tidak dapat bernapas dan bahan kimia yang menembus kulit mengganggu mekanisme perbaikan kulit. Selain itu, makeup dan polutan yang menempel pada kulit dapat menimbulkan stres oksidatif yang menyerang kulit Anda dengan radikal bebas berbahaya.

 

jual perawatan wajah untuk kulit kering lengkap

5.      Menyebabkan Kulit Kering

Kelelahan setelah beraktivitas dapat membuat Anda menjadi lupa untuk membersihkan sisa makeup yang menempel pada wajah. Padahal jika tak dibersihkan, tekstur permukaan kulit akan 10 persen lebih buruk. Hal ini dikarenakan sedikitnya jumlah oksigen yang masuk ke dalam lapisan kulit. Kulit kering juga memperlambat proses regenerasi kulit sehingga kulit menjadi lebih cepat keriput dan kusam. 

Baca Juga: Perlukah Memakai Serum Wajah?

 

6.     Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit

Menurut para ahli, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka kemungkinan besar Anda akan menderita bercak-bercak merah pada kulit. Ketika Anda tidur, kotoran dan debu dari lingkungan sekitar akan menempel di kulit. Jika Anda malas untuk membersihkan sisa makeup, kualitas kulit akan menurun dan penuaan akan cepat terjadi. Maka dari itu, Anda disarankan harus melakukan cara membersihkan wajah dengan tepat menggunakan pembersih wajah.

 

7.      Pori-Pori Wajah Membesar


jual produk pembersih wajah lengkap dan murah
Pori-pori wajah wanita yang tidur dengan menggunakan
makeup cenderung akan mengalami 5 persen lebih besar dibandingkan wanita yang tidur dengan wajah yang bersih. Membesarnya pori-pori di wajah karena kulit kehilangan elastisitas, tidak dapat menghasilkan kolagen dan tidak melakukan regenerasi. Faktor usia juga dapat menurunkan elastisitas kulit sehingga struktur yang menjaga dan menopang pori-pori tidak akan bekerja secara optimal. Selain itu, pori-pori yang membesar juga terlihat tidak enak dipandang mata.

Selain dampak-dampak yang ditimbulkan akibat tidak menghapus makeup sebelum tidur. Selanjutnya yang akan dibahas adalah tips-tips untuk melindungi kulit wajah saat menghapus makeup. Ada beberapa pembersih wajah yang dapat Anda beli tetapi ada juga beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

  • Untuk pembersih wajah disarankan menggunakan pembersih berbasis minyak
  • Gunakan pembersih khusus untuk maskara dan eyeliner
  • Untuk membersihkan sisa makeup di sekitar area mata, ambil kapas lalu direndam dalam pembersih wajah. Dan pejamkan mata selama beberapa detik, mulai lah bersihkan sedikit demi sedikit sisa makeup yang menempel di atas mata
  • Pembersih wajah yang Anda miliki biasanya cukup baik untuk menyingkirkan foundation dan concealer. Jika Anda tidak ingin menggunakan pembersih wajah buatan, Anda dapat mencoba menggunakan susu hangat sebagai penggantinya. Cara ini tidak hanya sehat tetapi juga murah
  • Hindari menggosok mata dan wajah Anda ketika ingin membersihkan sisa makeup karena dapat membuat wajah menjadi iritasi
  • Dalam menghapus lipstik, gunakan pembersih yang sesuai. Hal ini dilakukan agar menjaga bibir Anda supaya tetap lembut. 



    Sebelumnya: Oral Seks Dengan Kondom? Why Not?


    Artikel Terkait


    0 comments

    Tinggalkan komentar


    Belanja produk di artikel ini

    Beli a_pembersih wajah toner, Beli kategori_wanita, Beli pembersih wajah toner, Beli perawatan wajah, Beli wanita

    HALO CINTA!

    Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

    Kita tunggu yah belanjanya :3

    PRIAWANITA
    Halaman Privasi
    Kembali —

    Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
    ketika berbelanja di Asmaraku.com