Advertisement
Advertisement

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Memulai Program Diet

Sebagian wanita mencari berbagai cara menguruskan badan. Berbagai cara mulai dari program diet alkali, elimination diet sampai juice cleanse. Namun tak sampai sehari Anda sudah merasa bersalah dan menyerah, hindari 5 kesalahan ini agar program diet Anda sukses! 

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Memulai Program Diet

PERUBAHAN memang berat maka dari itu cara terbaik adalah dengan memulai langkah kecil lalu bertambah seiring kekuatan Anda. Saat memulai program menurunkan berat badan, Anda mungkin akan cepat terdistraksi terutama di minggu awal. Hal ini dikarenakan karena kebiasaan baru diet sehat belum teguh dalam diri Anda dan membuat Anda menjadi gampang kembali ke kebiasaan buruk yang lama. Teguhkan diri Anda pada diet sehat dan hindari 5 kesalahan dalam tips diet berikut ini.

Menghindari makanan tertentu

Jika Anda berpikir untuk menghindari produk olahan susu atau makanan bebas gluten dalam program diet, hal tersebut bisa berakibat buruk. Larangan memakan jenis makanan tertentu, jika bukan karena Anda alergi terhadapnya bisa membuat program diet Anda berantakan. Pelarangan memakan makanan tertentu bisa meningkatkan rasa keinginan akan makanan tersebut dan otak Anda akan memberi sinyal bahwa makanan tersebut akan lebih enak ketika dimakan. Lebih buruknya lagi, otak Anda akan memberi sinyal bahwa makanan terlarang tersebut sebagai kelangkaan dan membuat Anda memakan makanan terlarang ini dalam jumlah banyak begitu ada kesempatan. Cara diet sehat seperti itu tidak selalu cocok untuk semua orang.

Baca Juga: Aturan "Cheat Day" Saat Melakukan Program Diet 

 

Mengabaikan rasa lapar

Jika Anda memakan makanan dengan prosi yang Anda ketahui bahwa porsi tersebut tidak cukup dan Anda akan lapar lagi dalam 30 menit, sebenarnya porsi makan yang dikontrol tidak selalu efektif. Mengikuti cara menguruskan badan dengan mengikuti porsi makan orang lain kurang tepat karena tingkat kekenyangan orang berbeda-beda. Dibandingkan dengan mengatur seberapa banyak Anda harus makan lebih baik makanlah sampai terasa cukup kenyang.

Mengubah semuanya sekaligus

Anda tentu saja bisa mengikuti sebuah program diet secara total akan tetapi seringkali perubahan yang drastis tidak dapat bertahan lama. Cara diet sehat terbaik adalah dengan mengatur gol jangka panjang dengan ritme yang bagi Anda terasa nyaman. Selain menghasilkan hasil yang lebih tahan lama, memulai program diet secara bertahap juga menghindari berat badan yo-yo. Sebagai contoh, mulailah menambah rutinitas olahraga sehari-hari, setelah terbiasa mulai ditambah dengan mengubah pola makan diet sehat. Tentunya butuh waktu berbulan-bulan namun hasilnya tentu akan sangat pantas.

Mengorbankan waktu tidur untuk olahraga dan menyiapkan makanan

Memulai program diet baru dan merencakan rutinitas olahraga membutuhan waktu dan usaha yang lebih dan tidak jarang Anda mengorbankan waktu tidur agar semuanya berjalan lancar. Jika Anda mengurangi waktu tidur karena untuk menurunkan berat badan sebaiknya jangan diteruskan. Rasa lapar dan keinginan untuk ngemil bisa diseimbangkan dengan tidur yang cukup dan ketika tidur pula otot tubuh juga diperbaiki pasca berolahraga. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi kalori yang lebih banyak.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa menambah Berat Badan! 

 

Memilih jenis olahraga berdasarkan kalori yang dibakar

Berlari bisa saja membakar lebih banyak kalori dibandingkan yoga namun jika Anda tidak suka olahraga lari, Anda akan berlari dengan malas-malasan dan pada akhirnya Anda tidak membakar kalori sama sekali. Pilihlah olahraga yang Anda sukai, melakukan yoga sebanyak 3 atau 4 kali seminggu dengan semangat akan membakar kalori lebih banyak dibanding dengan lari 3 kali seminggu dengan malas-malasan.

Menurunkan berat badan memang sebuah perjuangan, akan lebih baik jika Anda mengenali karakter tubuh Anda sendiri lalu memilih tips diet yang sesuai dengan Anda. 

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Diet 

 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi