FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Jangan Buang Buket Bunga Anda, Awetkan dengan 4 Cara Ini

Mendapatkan buket bunga dari seseorang tentu akan membuat Anda senang. Sayang, selang seminggu bunga biasanya akan layu dan mati. Meskipun masih sayang, namun biasanya Anda akan membuang bunga tersebut ke tempat sampah. 

Jangan Buang Buket Bunga Anda, Awetkan dengan 4 Cara Ini

SETIAP benda pemberian seseorang yang dikasihi pasti memiliki arti dan kenangan tersendiri sehingga ingin Anda simpan selamanya. Untuk barang-barang yang memang bisa bertahan lama seperti boneka pasti tidak akan menjadi masalah yang berarti.

Namun apa jadinya jika pemberian tersebut tidak bisa bertahan lama seperti buket bunga. Bunga memang salah satu benda cantik yang ingin selalu ingin Anda simpan dan kenang. Sayangnya bunga biasanya hanya bertahan satu sampai dua minggu. 

Setelah jangka waktu tersebut, rangkaian bunga akan pelahan layu, membusuk dan kemudian berakhir di tempat sampah. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? 

Nah ketimbang membuang bunga yang memiliki banyak kenangan, ada baiknya mengawetkan bunga dengan 4 cara ini. 

1. Mengeringkan Bunga dengan Buku

Cara mengawetkan bunga agar tidak layu yang pertama adalah mengeringkannya dengan buku. Pertama atur bunga Anda di atas kertas putih yang agak besar sesuai ukuran bunga yang ingin Anda keringkan dan pastikan bunga tidak dapat tersentuh.

Selanjutnya agar bunga tidak berantakan, tempelkan selotip kecil di beberapa bagian penting saja. Jangan terlalu banyak karena bunga akan lebih menempel dan dapat merusak bunga.

Setelah itu, tutup bunga yang sudah ditempel dengan kertas putih yang sama besar lalu letakkan di atas tumpukan buku. Tambahkan beberapa tumpukan buku yang lebih berat. Tunggu selama 2 hingga 4 minggu lalu bunga Anda akan kering dan bisa bertahan lebih lama.

Dapatkan Forever Baby Pink Flower In Light Brown Wooden Ring Box dengan harga Rp 550.000,- Beli di sini

2. Tekan Bunga dengan Setrika

Cara mempercepat proses pengeringan bunga agar bisa bertahan lama lainnya adalah dengan menggunakan setrika. Untuk mengawetkan bunga untuk hiasan dengan cara seperti ini, Anda hanya perlu memanakan bunga dengan setrika selama 5 menit saja.

Untuk langkahnya, pertama letakkan bunga di atas kertas/ paper towel kemudian pastikan setrika Anda bebas. Sementara itu atur panas setrika mulai dari medium hingga panas.

Selanjutnya, tekan bunga dengan setrika selama 10 hingga 15 detik lalu angkat. Lakukan hal ini secara berkelanjutan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Baca juga: Ingin Merangkai Buket Bunga Sendiri? Begini Caranya!

3. Keringkan dengan Udara Segar

Jika Anda ingin mengawetkan bunga tanpa proses penekanan, coba jemur langsung bunga di bawah sinar matahari. Mengawetkan bunga sebagai hiasan dengan cara ini merupakan yang paling umum digunakan karena sangat alami dan tidak memerlukan alat- alat bertenaga listrik seperti microwave dan setrika.

Untuk cara seperti ini, pertama Anda harus membuat rangkaian bunga sesuai dengan jenisnya yang berisi kurang lebih 10 bunga. Anda tak bisa mencampur rangkaian bunga dari berbeda jenis karena tiap jenis bunga memiliki waktu kering berbeda.  

Langkah selanjutnya, gantung rangkaian bunga secara terbalik lalu keringkan dengan cahaya matahari dan udara segar. Gantung dan keringkan selama 2 hingga 4 minggu dan bunga kering siap untuk Anda pajang. Agar bunga bertahan jauh lebih lama, Anda juga bisa menyemprotnya dengan hairspray.

Dapatkan Beautiful Red and Pink Rose Hand - Tied dengan harga Rp 495.000,- Beli di sini

4. Keringkan di dalam Microwave

Seperti halnya menekan bunga di dalam buku, Anda juga bisa mempercepat proses pengeringan bunga dengan mengeringkannya di dalam microwave.

Tapi perlu diingat, untuk melakukan cara ini Anda harus terlebih dahulu menyiapkan bahan yang berfungsi menyerap kelembaban pada jaringan batang bunga seperti silica gel. Silica gel adalah produk yang aman digunakan untuk mencegah terjadinya kelembaban berlebih.

Untuk mencoba cara ini, masukkan bunga ke dalam mangkok khusus microwave lalu tambahkan silica gel hingga seluruh permukaan bunga tertutup. Panaskan mangkuk di dalam microwave selama dua menit lalu keluarkan.

Selanjutnya, ambil bunga dalam mangkuk dan cek apakah sudah kering seuruhnya. Jika bunga belum benar-benar kering panaskan lagi selama satu menit sampai benar-benar kering.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi