Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Jaga Miss V Tetap Bersih saat Haid dengan 5 Cara Ini

Sebagian besar wanita yang sedang datang bulan kerap merasakan rasa tidak nyaman di area kewanitaan. Maklum saja, noda kerap menempel di kulit sekitar area kewanitaan dan paha membuat risih dan kurang higienis. Belum lagi, terkadang ada aroma tidak sedap dari bagian organ intim.

Jaga Miss V Tetap Bersih saat Haid dengan 5 Cara Ini

LALU bagaimana cara menjaga kebersihan Miss V di saat datang bulan agar tetap percaya diri dan bebas beraktivitas? Cek infonya yuk!

1. Miss V yang sehat

Patut diketahui banyak orang bahwa menstruasi merupakan suatu siklus yang berkaitan tentang kesuburan. Beberapa wanita terkadang perlu selalu membasuh Miss V dengan sabun karena memiliki sugesti vagina yang terasa kotor, risih, atau tidak nyaman.

Masalahnya adalah, vagina sebenarnya memiliki sistem pembersihan secara alamiah. Cara menjaga kebersihan Miss V secara alami dan sehat adalah dengan tetap mempertahankan keseimbangan atau pH lingkungan.

Sebagai contoh, ruangan kamar tidur Anda harus dijaga dalam suhu normal atau tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin.

Sama halnya dengan Miss V yang sehat, membutuhkan keseimbangan populasi bakteri normal yang bekerja sama dengan hormon untuk menjaga pH tetap normal dan seimbang.

2. Sabun tanpa wewangian

Bila Anda merasa lebih segar dengan mencuci atau membasuh Miss V memakai sabun khusus kewanitaan, maka sebaiknya hindari yang mengandung wewangian atau aroma tertentu. Jangan menggunakan sabun di daerah vulva yang sensitif karena bisa berisiko mengiritasi area vulva.

Iritasi atau alergi bisa menyebabkan ruam dan peradangan, bahkan rasa gatal dan nyeri saat berhubungan intim. Lebih baik, bersihkan saja vulva dengan air biasa atau sabun berformula lembut tanpa wewangian.

3. Sering mengganti celana dalam dan pembalut wanita

Selanjutnya, cara menjaga kebersihan Miss V yang terbaik adalah seringlah mengganti pakaian dalam dan pembalut wanita. Hal ini bisa menghindari perkembangbiakan kuman atau bau tidak sedap selama datang bulan.

Ganti 4-5 kali sehari ketika menstruasi sedang deras-derasnya atau 2 hari pertama menstruasi berlangsung. Selain itu, Anda bisa menggunakan pembalut khusus wanita di malam hari atau melapisi tempat tidur dengan handuk agar tetap merasa bersih dan nyaman.

Baca juga: 10 Tips Kebersihan Ketika Menstruasi yang Harus Anda Ketahui

4. Jangan memakai celana ketat

Selama datang bulan, sebaiknya hindari menggunakan pakaian ketat atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik karena hal ini bisa menyebabkan kelembapan dan rasa panas yang memicu pertumbuhan bakteri.

Kenakan saja jenis pakaian katun atau longgar agar bagian area kewanitaan tetap segar dan kering. Tidak perlu memakai deodoran Miss V ataupun semprotan feminin karena dapat menyebabkan iritasi.

5. Hati-hati memakai toilet umum

Bila menggunakan toilet di tempat umum, pastikan untuk mencuci area kewanitaan dari arah depan ke belakang untuk menghindari transfer bakteri berbahaya ke Miss V. Segera keringkan atau lap dengan tisu, dan ganti pembalut dengan yang baru sehabis buang air kecil maupun besar.

Jika sering muncul bau tidak sedap, hal ini masih relatif normal selama masa datang bulan. Akan tetapi, jika baunya benar-benar menyengat dan sangat mengganggu, sebaiknya segera menemui dokter untuk memastikan kondisi tersebut karena mungkin Anda mengalami infeksi tertentu.

Ikuti cara menjaga kebersihan Miss V tersebut agar Anda merasa nyaman dan segar setiap hari meski sedang dalam periode haid.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

1 komentar

  • Terimakasih artikelnya bermanfaat

    https://rosevsolusiwanita.com/

    Mican on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi