FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Jaga Kulit Tetap Terhidrasi saat Puasa dengan 7 Cara Ini

Saat berpuasa, kulit tentu menjadi lebih kering akibat kurangnya asupan air mineral selama berpuasa. Lalu apakah ada cara agar kulit tetap terhidrasi saat puasa? 

Jaga Kulit Tetap Terhidrasi saat Puasa dengan 7 Cara Ini 

BULAN Puasa adalah bulan suci bagi umat Islam. Umat muslim yang melaksanakan puasa diwajibkan menahan nafsu, lapar dan haus sejak matahari terbit hingga terbenam.

Selama berpuasa, tidak jarang tubuh mulai merasakan perubahan karena mungkin cenderung kering karena kurang terhidrasi. Gejala yang umum terjadi biasanya kulit menjadi lebih kering dan kusam terlebih jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Namun tidak perlu khawatir, dengan mengikuti tips berikut Anda bisa menjaga kulit tetap segar dan bercahaya sekaligus mendetoksifikasi kulit.

Yuk, intip beberapa tips cantik saat puasa agar kulit senantiasa sehat dan bercahaya tanpa harus mengganggu ibadah Ramadhan berikut ini: 

1. Tetap Menghidrasi Kulit

Cara pertama agar julit tetap segar dan sehat selama berpuasa adalah tetap menghidrasi kulit. Bagaimana caranya? Tentu dengan mengonsumsi air mineral. 

Air mineral membantu memenuhi cairan tubuh setiap hari. Termasuk melembapkan kulit saat berpuasa. Karena itu minumlah 2 gelas air putih saat berbuka dan 2 gelas air putih saat sahur.

Kemudian, saat malam hari minum minimal 4 gelas air putih. Dengan begitu, kebutuhan 8 – 10 gelas per hari dapat terpenuhi meski bepuasa sehingga kulit tetap terhidrasi. 

2. Gunakan Tabir Surya

Meski tidak berpuasa, tabir surya adalah salah satu produk perawatan kulit yang harus selalu Anda gunakan. Bukan tanpa sebab, paparan sinar ultraviolet matahari dapat membuat kulit Anda jadi kusam dan kering.

Terlebih saat puasa ketika tubuh hanya meminum air pada pagi dan malam hari, pemakaian tabir surya/ sunscreen menjadi lebih penting lho. 

Karena itu agar kulit tetap terhidrasi, pilih dan gunakan tabir surya yang setidaknya memiliki kadar 30 SPF atau lebih tinggi. Jangan lupa selalu oleskan kembali pada tubuh setiap 2 – 3 jam sekali.

 Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50, Rp 95.000,- ; Beli di sini

3. Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Selama berpuasa, kemungkinan besar kulit kekurangan cairan dan cenderung kering. Hal ini akan bertambah parah ketika Anda terlalu sering mencuci wajah. Jika memang dirasa perlu, gunakan saja face mist atau semprotan wajah. Simpan face mist di dalam lemari es untuk mendapatkan sensasi dingin ekstra.

4. Mengonsumsi Nutrisi yang Tepat

Agar kulit senantiasa bercahaya dan sehat, bahkan ketika Anda sedang berpuasa, pilih asupan nutrisi yang mengandung antioksidan dan kaya serta selama berbuka puasa dan sahur.

Anda bisa memilih aneka buah stroberi, bluberi, almond, cokelat hitam dan buah delima. Super food ini akan menyumbangkan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat meski seharian penuh berpuasa.

Baca juga: Wajah Bebas Minyak? Lakukan 7 Cara Ini!

5. Merawat Kulit

Setelah merawat kulit dari dalam tubuh dengan berbagai nutrisi dan cukup minum air putih, pastikan Anda juga merawat kulit dari luar. Yaitu, menggunakan masker wajah 1 – 2 kali seminggu, dan lulur seminggu 2 kali.

Lulur tubuh membantu agar kulit terasa lebih halus dan terlihat berkilau. Selain itu, lulur juga dapat menstimulasi sirkulasi peredaran darah yang lebih lancar. Bilas lulur dengan air dingin untuk membantu menutup pori – pori.

6. Pelembab Kulit

Setelah rutinitas perawatan kulit harian, jangan lupa untuk selalu melembabkan kulit seperti menggunakan body lotion pelembab yang sesuai jenis kulit. Perawatan ini penting untuk membantu kulit lebih terhidrasi dari luar. 

Untuk kulit kering, pilih body lotion yang teksturnya krim atau minyak. Sementara, bagi kulit berminyak, pilih pelembab berbasis gel yang lembut agar kulit tetap terlihat segar dan tidak kusam.

Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day, Rp 260.400,- ; Beli di sini

7. Mengonsumsi Suplemen

Tidak hanya tubuh yang membutuhkan suplemen kesehatan agar tetap terjaga stamina fisik. Kulit Anda juga butuh nutrisi dan multivitamin. Suplemen yang direkomendasikan untuk mendapatkan kulit sehat adalah suplemen kesehatan yang mengandung vitamin C, E, A, Selenium dan Zinc.

 

Nah, berbekal tips cantik saat puasa di atas, Anda masih bisa terlihat segar dan mempesona dengan kulit yang lembap dan kenyal. Pastikan di saat sahur dan berbuka puasa, asupan cairan tubuh selalu terpenuhi dengan minum setidaknya 8 – 10 gelas air putih setiap hari ya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi