Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Jadi yang pertama untuk mencoba ONE® - The Next Generation Condoms. Beli Sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Inilah Alasan Kenapa Scrub Berbahan Gula Tidak Baik untuk Wajah Anda

Eksfoliasi memainkan peran penting dalam proses perawatan wajah Anda. Namun, tahukah Anda bahwa scrub wajah alami seperti facial scrub berbahan gula tidak sepenuhnya baik untuk wajah Anda? 

Inilah Alasan Kenapa Scrub Berbahan Gula Tidak Baik untuk Wajah Anda

EKSFOLIASI secara rutin adalah salah satu cara untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus. Dengan eksfoliasi, serum serta pelembap dapat menyerap secara lebih maksimal dan bekerja dengan lebih efektif.

Meski begitu, ada cara-cara yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin mulai mengeksfoliasi wajah secara rutin, salah satunya adalah menggunakan scrub berbahan gula.

Apa Saja Efek Samping dari Facial Scrub Berbahan Gula?

Scrub berbahan gula mengandung butiran-butiran kristal yang cukup besar. Biasanya, scrub ini digunakan dengan cara digosokkan ke wajah secara pelan, dengan harapan dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

Meski begitu, tekstur kasar dari scrub berbahan gula sebetulnya terlalu keras untuk digunakan pada kulit wajah dan dapat menyebabkan kerusakan seperti:

  • Kulit iritasi
  • Kemerahan
  • Kulit kering
  • Timbulnya luka atau kelecetan pada beberapa area

Efek samping ini dapat terjadi tidak hanya karena penggunaan scrub berbahan gula buatan, tetapi juga scrub wajah alami yang Anda buat sendiri.

Sebaiknya, scrub ini cukup digunakan sebagai body scrub saja, terutama pada bagian-bagian tubuh yang kulitnya cepat kering seperti siku, lutut, tumit, bahkan telapak tangan.

Karena butir-butir kristal yang cukup besar, hindari penggunaan body scrub pada area kulit yang sedang iritasi, luka atau sensitif karena scrub dapat memperparah kondisi ini.

Coba hubungi dermatologis jika ada efek samping yang tidak diinginkan dari penggunaan scrub berbahan gula.

Lalu, Adakah Bahan Eksfoliasi Wajah yang Lebih Aman?

Scrub dengan partikel yang lebih halus dan kecil dapat Anda pilih untuk eksfoliasi rutin mingguan.

Cara untuk mengetahui apakah sebuah produk aman atau tidak untuk digunakan pada wajah, tentu saja dengan mencobanya terlebih dahulu pada bagian tubuh lain. Jika dirasa terlalu keras, artinya eksfoliator itu berbahaya untuk kulit wajah.

Selain scrub, Anda dapat juga mencoba alternatif eksfoliator yang aman digunakan seperti:

1. Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA)

Pernah dengar kedua istilah di atas? Keduanya adalah zat kimia yang biasanya terdapat pada skin care. Keduanya dapat digunakan sebagai eksfoliator yang sama-sama bekerja untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah.

AHA mencakup asam sitrat, laktat dan glikolat serta memiliki kemampuan untuk merusak lapisan terluar kulit. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat dan kenyal.

Sementara itu, BHA mengandung asam salisilat dan biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk serta minyak yang berlebih. Sebab itulah BHA banyak terdapat pada produk khusus kulit berminyak.

2. Mechanical Exfoliants

Selain dengan zat kimia, Anda dapat juga menggunakan alat bantu dalam mengeksfoliasi kulit—terlebih jika Anda memiliki tipe kulit kombinasi atau berminyak.

Alat yang dapat digunakan beragam, mulai dari kain halus untuk dipakai ketika mencuci muka sampai dengan sikat khusus wajah yang banyak dijual dengan jenis beragam. 

Ingat, gunakan alat bantu ini hanya untuk memijat pelan wajah dalam lingkaran-lingkaran kecil dan jangan digosok dengan tekanan berlebih agar kulit wajah Anda tidak iritasi.

Apa pun eksfoliator yang akan Anda pilih nanti, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap setelahnya ya, guna menghindari kulit wajah yang terlampau kering.

Pastikan juga Anda memberikan waktu yang cukup untuk regenerasi kulit, jadi cukup lakukan eksfoliasi pada kulit satu atau dua kali seminggu.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi