FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Inilah 4 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Hanya Dalam Semalam!

Apakah jerawat membuat harimu menyebalkan dan frustrasi? Jika iya, Anda tidak perlu panik dan pusing. Anda hanya perlu tenang.

 

ADA cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dalam semalam saja. Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang diperkirakan dialami oleh 85% orang selama hidupnya.

Jadi jika Anda mengalami jerawat di kulit, Anda tidak sendirian karena banyak sekali orang di dunia ini mengalami masalah jerawat bahkan jerawat seringkali dihubungkan dengan tanda pubertas dan proses seseorang menuju fase dewasa.

Apa yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Jerawat muncul akibat terjadi radang ketika kelenjar minyak kulit terinfeksi bakteri dan membengkak. Jerawat juga dikenal sebagai pustula atau papula dan flek. Kelenjar minyak terdapat di seluruh permukaan kulit kecuali di telapak kaki dan tangan akan mengeluarkan zat lilin berminyak yang disebut sebum.

Sebum ini berfungsi membantu menjaga keseimbangan minyak kulit dan membuatnya terlihat sehat. Nah, ketika ada kelainan pada sebum inilah awal mula jerawat mulai berkembang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat antara lain adalah perubahan hormon, stres, makanan berlemak dan mengandung gula tinggi, jerawat remaja, keturunan dan masih banyak lainnya.

Dokter menyarankan untuk mengatasi jerawat dengan baik dan benar karena jika tidak akan meninggalkan bekas jerawat yang justru mengundang masalah baru.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Untuk Menghilangkan Keriput Pada Wajah!

Cara Alami Mengatasi Jerawat

Cara menghilangkan jerawat konvensional memang cukup efektif namun biasanya cara tersebut dikaitkan dengan beberapa efek samping seperti iritasi kulit, kulit kering dan bopeng.

Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang beralih pada perawatan jerawat secara alami.

Ada banyak cara alami yang dapat Anda lakukan, namun cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang sudah banyak dibuktikan antara lain adalah berikut ini:

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon endemik dari Australia. Tea tree oil tekenal karena kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit.

Secara spesifik, tea tree oil membantu melawan P. Acnes dan S. Epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa dalam 5 persen gel tea tree oil hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali efektif dalam mengurangi peradangan jerawat.

Utama Spice Essential Oil Tea Tree - 10 mL, Rp.84,000; Beli Di Sini

Dalam penelitian lainnya, 5 persen gel tea tree oil terbukti sama efektifnya dengan 5 persen gel benzoyl proxide dalam mengurangi jerawat. Namun perawatan dengan tea tree oil menghasilkan efek samping yang lebih sedikit daripada benzoyl peroxide.

Yang perlu Anda ketahui bahwa tea tree oil memiliki efek yang sangat kuat dan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi ketika dioleskan langsung ke kulit.

Oleh karena itu, tea tree oil ini harus diencerkan terlebih dahulu dengan air atau minyak khusus.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan tea tree oil dengan air
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan langsung pada jerawat
  • Jika ingin, Anda dapat mengoleskan pelembab
  • Ulangi proses ini satu hingga dua kali per hari sesuai kebutuhan

Saat ini juga telah tersedia beberapa brand perawatan jerawat berbasis tea tree oil yang bisa Anda pilih dan langsung pakai.

2. Minyak Esensial Anti Bakteri

Selain tea tree oil, ada banyak minyak esensial lainnya yang bersifat anti bakteri dan anti radang sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang cepat.

Sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender dan cengkeh mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Minyak esensial dari rosemary dan serai juga terbukti menghambat bakteri. 

Sebuah penelitan membandingkan kemampuan melawan jerawat dari minyak cengkeh, 10 persen benzoyl peroxide dan plasebo. Hasilnya, 2 persen dan 5 persen minyak cengkeh lebih efektif dan lebih cepat dalam mengurangi jerawat dibandingkan dengan benzoyl peroxide.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa gel yang mengandung asam asetat, jeruk dan minyak atsiri menghasilkan 75 persen peningkatan penyembuhan jerawat.

Seperti halnya tea tree oil, minyak esensial ini sangat peka dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit.

Cara menggunakan:

  • Campurkan minyak esensial dengan air
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan langsung ke jerawat
  • Gunakan pelembab jika diperlukan
  • Lakukan langkah ini dua kali sehari

3. Teh Hijau

Banyak orang minum teh hijau untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan, namun teh hijau juga baik untuk tubuh jika dioleskan langsung ke kulit.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Teh hijau juga mengandung antioksidan epidallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi dan telah terbukti dapat melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan jerawat mengalami penurunan produksi sebum dan jerawat secara signifikan ketika menggunakan ekstrak teh hijau pada kulit mereka.

Saat ini tersedia beberapa produ perawatan kulit di pasaran yang mengandung teh hijau, tetapi akan sangat  sederhana dan hemat jika Anda membuat campuran teh hijau sendiri di rumah.

Cara menggunakan:

  • Rendah teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit dan biarkan menjadi dingin
  • Oleskan ke wajah Anda dengan kapas atau bisa juga dimasukkan dalam botol semprot
  • Biarkan selama 10 menit atau semalam, lalu bilas wajah Anda dengan air
  • Terapkan aktivitas ini 1-2 kali per hari sesuai dengan kebutuhan

Teh hijau yang sudah direndam tadi dapat disimpan di dalam kulkas hingga dua minggu. Lebih hemat bukan?

Baca Juga : 6 Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

4. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening.

Ketika diaplikasikan pada kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lidah buaya sangat populer dalam perawatan berbagai kondisi kulit seperti psoriasis, ruam, dan luka bakar.

Sebuah penelitian mencoba menganalisis kemampuan lidah buaya untuk melawan jerawat dan hasilnya cukup menjanjikan.

Lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur yang mana mampu menghambat bakteri penyebab jerawat.

Dalam penelitian lainnya, gel lidah buaya dicampurkan dalam ekstrak minyak cengkeh, hasilnya semakin banyak kandungan gel lidah buaya maka semakin efektif untuk mengurangi jerawat.

Cara menggunakan:

  • Ambil gel lidah buaya dengan sendok
  • Oleskan gel pada kulit bersama dengan perawatan jerawat lainnya.
  • Ulangi langkah ini 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan

Anda juga dapat membeli gel lidah buaya, namun pastikan bahwa yang Anda beli adalah lidah buaya murni dan tidak mengandung bahan tambahan.

 

Itulah cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang diklaim ampuh. Cara tersebut relatif lebih aman karena alami dan rendah efek samping. Hasil yang didapatkan mungkin akan berbeda dari satu orang ke lainnya namun tidak ada salahnya Anda mencobanya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi