FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ini yang Terjadi pada Kulit Anda ketika Menstruasi

Menstruasi adalah siklus yang normal dialami wanita setiap bulannya. Dan sudah umum diketahui bahwa kondisi yang menandai permulaan ovulasi ini dibarengi dengan berbagai gejala yang tidak nyaman.

Apa yang Terjadi dengan Kulit Anda Ketika Menstruasi?

BAGI sebagian besar perempuan, datang bulan adalah saat yang menyebalkan. Dari perasaan sensitif, sakit perut, jerawatan, kulit kusam akan dialami menjelang datang bulan. Biasanya, masalah kulit akan jadi masalah yang paling tidak menyenangkan untuk dilewati.

Ternyata begini penjelasan kondisi kulit Anda sebelum, selama, dan sesudah datang bulan.

Minggu 1 - dua minggu sebelum menstruasi

Periode ini akan jadi minggu saat di mana kulit Anda berada pada kondisi paling buruk. Tingkat hormon sex estradiol mengalami penurunan di minggu ini.

Dan hormon testosteron (hormon utama pada pria) berada pada tingkat yang lebih tinggi. Ini menyebabkan membesarnya pori pori wajah sehingga jerawat lebih rentan muncul, terutama buat Anda pemilik kulit sensitif.

Baca juga: Hilangkan Jerawat dengan 4 Resep Rumahan Ini

Minggu 2 - seminggu sebelum menstruasi

Di minggu ini, kelenjar minyak di wajah lebih banyak memproduksi minyak. Pori-pori juga akan membesar dibanding minggu sebelumnya. Biasanya, jerawat  muncul di bagian dagu dan rahang.

Baca juga: Wajah Bebas Minyak? Lakukan 7 Cara Ini!

Minggu 3 - selama menstruasi berlangsung

Selama periode menstruasi berlangsung, tubuh akan memproduksi hormon bernama prostagladin. Hormon ini  membuat kullit pada tubuh Anda menjadi lebih halus.

Tapi sayangnya di minggu ini, Anda akan merasa lebih sensitif terhadap rasa sakit. Untuk itu, hindari melakukan waxing selama siklus datang bulan, ya!

Minggu 4 - pasca menstruasi

Pada periode ini, perputaran hormon Anda sebagian besar dikuasai oleh estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini berperan dalam membuat kulit menjadi lebih halus, lembut, bersinar, dan kenyal.

Dan bagusnya lagi, jumlah keduanya selalu meningkat setiap bulannya di saat periode menstruasi Anda berlangsung.

Jadi apa pun kondisi kulit Anda, tetaplah cinta diri sendiri dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah ya. Cucilah wajah sehari dua kali, saat pagi dan malam hari. Memperbanyak minum air putih, makan buah, dan sayuran juga akan membantu dalam mempertahakan kesehatan dan kecantikan kulit Anda, lho.

 

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan kondisi siklus haid setiap bulan untuk mengetahui bagaimana kesehatan menstruasi. Tak perlu repot untuk mengecek siklus mentruasi, karena Anda dapat dengan mudah mengetahuinya melalui Aplikasi Hawa yang bisa diunduh di Google Play atau di App Store.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi