bra , kesehatan , lingerie , pakaian dalam , tidur , wanita -

Ini yang Terjadi Bila Anda Tidur Menggunakan Pakaian Dalam

Pada umumnya, baik pria maupun wanita di dunia pasti selalu memakai pakaian dalam saat beraktivitas di dalam ataupun luar ruangan. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah bagi para wanita perlukah memakai pakaian dalam saat tidur?

Ini yang Terjadi Bila Anda Tidur Menggunakan Pakaian Dalam


BANYAK
yang beranggapan bahwa mengenakan bra saat tidur dapat mencegah payudara kendur di usia lanjut. Bahkan, beberapa artis besar seperti Marilyn Monroe mengenakan bra saat tidur. Meskipun memakai pakaian tidur tapi kebanyakan wanita tetap memakai bra karena menganggap ini dapat membantu menjaga payudara tetap kencang.

Namun, di satu sisi ternyata ada juga yang beranggapan bahwa memakai pakaian dalam saat tidur malah bisa memicu payudara kendur. Tidak hanya mengatakan bahwa tidur dengan bra tidak dapat membantu payudara, Dr. Seth Rankin juga mengklaim bahwa bra malah dapat membatasi kelenjar getah bening yang membantu melepaskan toksin dari payudara.

Padahal kita tahu bahwa tidur bukan hanya sekedar kebiasaan atau mengembalikan kebugaran tubuh saja melainkan proses perbaikan pada seluruh organ tubuh dan proses detoksifikasi. Untuk memperlancar proses tersebut, aliran darah ke seluruh jaringan pun harus bebas supaya memberi keleluasaan organ tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imun. Oleh karena itulah, kita tidak disarankan untuk memakai pakaian tidur dengan bra. Lingerie halus tanpa bra adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin tidur dengan nyaman.

Dr. Seth Rankin dari Klinik Dokter London pun mengungkapkan bahwa kita tidak bisa menghindari payudara kendur pada usia berapapun karena pada dasarnya jaringan akan kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu dan dia yakin mengenakan bra ke tempat tidur akan berdampak kecil untuk menyegahnya.

Dia mengatakan kepada Cosmopolitan: "Ketika Anda berbaring telentang, efek gravitasi mendorong jaringan payudara kembali ke dada Anda, bukan ke arah jari-jari kaki Anda.

“Jadi memakai pakaian dalam seperti bra saat tidur (yang tujuannya untuk menopang payudara dari bawah) pada dasarnya dinilai berlebihan karena payudara secara alami menekan kembali ke dada.”

Meskipun tidak mungkin mengenakan bra saat tidur untuk mencegah payudara kendur, Dr. Rankin juga mengatakan bahwa ada efek negatif yang dapat ditimbulkan. Kelenjar getah bening seperti pintu keluar untuk cairan limbah dari payudara, menyalurkan estrogen dan mengirimnya ke hati atau ginjal untuk dipecah.

Dia melanjutkan, "Hal yang sama berlaku untuk sistem limfatik: bra yang ketat dapat membatasi aliran getah bening ke banyak kelenjar getah bening penting di sekitar payudara dan ketiak, yang menghambat fungsi vital sistem dari pembilasan produk limbah beracun dari tubuh." 

Pakar lain sebelumnya telah mengonfirmasi teori ini dengan Profesor Mokbel memperingatkan wanita agar tidak memakai bra yang terlalu ketat. Dia sebelumnya mengatakan kepada MailOnline: “Mengenakan bra yang konstriktif untuk tidur memengaruhi fisiologi payudara.

Hal ini dapat mengganggu aliran darah dan drainase limfatik, yang paling parah, dapat menyebabkan peradangan kronis, edema (retensi cairan), dan ketidaknyamanan.”


BAGAIMANA CARA MENCEGAH PAYUDARA KENDUR?

Dr. Foued Hamza, ahli bedah kosmetik yang terkenal secara internasional, mengungkapkan tipsnya ke MailOnline pada tahun 2016.

“Jika Anda sehat, makan dengan baik, olahraga dan menghindari paparan sinar UV dan merokok yang berlebihan, ini akan memainkan peran penting dalam menjaga kualitas kulit Anda,” katanya.

Diet Yo-yo juga bisa memiliki efek merugikan pada area payudara karena akan menyebabkan kulit kendur dan akan membuat stretch mark yang sulit dihilangkan.

“Mengaplikasikan krim dan lotion yang bisa memperbaiki corak kulit dan mencegah penuaannya, juga diklaim dapat membantu selain memakai hanya pakaian tidur tanpa bra.”

 

Manfaat tidak memakai bra saat tidur

Berikut ini ada beberapa manfaat tidak memakai bra saat tidur, antara lain:

  • Melancarkan peredaran darah

Selama seharian penuh, payudara ditekan dengan bra. Penekanan ini dapat membuat aliran darah di sekitar payudara tergganggu. Untuk itulah, wanita disarankan tidak memakai bra saat tidur untuk memberikan waktu bagi payudara aga rmelancarkan aliran darah di payudara.

  • Menyegah iritasi

Apabila wanita melepaskan bra saat tidur, dia akan terhindar dari iritasi. Berbeda halnya dengan wanita yang memakai bra saat tidur. Iritaasi dapat terjadi pada punggung di mana garis luar bra menempel dan melekat. Tali bra akan bergesekan langsung dengan kulit punggung yang dapat meninggalkan bekas merah.

  • Menghindari kanker payudara

Penelitian menunjukkan bahwa maksimal pemakaian bra adalah selama 12 jam saja. Survei membuktikan bahwa wanita yang memakai bra lebih dari 12 jam rentan terkena kanker payudara. Aliran dara yang tidak masimal di payudara juga dapat memicu kerusakan pada jaringan di payudara yang memuat sel-sel abnormal bermunculan dan mulai tumbuh di payudara. 

Itu dia ulasan untuk menjawab pertanyaan yang selama ini mungkin ada di dalam benak Anda mengenai efek memakai pakaian dalam saat tidur. Bagi wanita, mulai sekarang untuk mulai menghindari pemakaian pakaian dalam saat tidur. Hal ini berdampak bagi kesehatan. Atau, Anda bisa memakai lingerie halus tanpa harus memakai bra sehingga tidur akan tetap terasa nyaman.

 


Tinggalkan komentar


Artikel Terkait


BERLANGGANAN

Artikel Terbaru

6 Musuh Dalam Hubungan Anda yang harus Anda Kalahkan

Mengapa Anda Harus Pergi Liburan Dengan Pasangan?

7 Mitos Salah Tentang Protein

5 Tips Memilih Lingerie untuk Malam Pertama

10 Cara untuk Mengapresiasi Pasangan Anda

Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com