cepat lelah , kesehatan -

Ini Dia Cara Agar Anda Tidak Cepat Lelah Ketika Bekerja

Semua orang pernah merasa lelah dari waktu ke waktu, mungkin karena tidak bisa tidur dengan nyenyak atau sering terjaga hingga larut malam. Pada saat yang bersamaa, Anda tetap harus melakukan kegiatan harian Anda baik pekerjaan, kehidupan sosial atau keluarga. Tentu semua ini menyebabkan tubuh terasa lebih cepat lelah.

Ini Dia Cara Agar Anda Tidak Cepat Lelah Ketika Bekerja

KELELAHAN merupakan kondisi di mana tubuh Anda tidak bisa bekerja secara maksimal. Terutama ketika Anda bekerja, kelelahan menyebabkan Anda menjadi lebih mudah mengantuk, kurang fokus, dan menghambat pekerjaan Anda. Sehingga Anda perlu mengatasi penyebab kelelahan dengan berbagai tips kesehatan yang tepat.

Lelah Saat Bekerja

Saat Anda merasa lelah, bekerja menjadi semakin sulit dilakukan bahkan terkadang tidak mungkin bekerja. Anda menjadi lebih sulit berkonsentrasi, kehilangan fokus dan kurang termotivasi yang semuanya memengaruhi produktivitas Anda di tempat kerja.

Sering merasa lelah dalam jangka waktu yang panjang dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda. Untuk mengatasi kelelahan, cobalah mengubah kebiasaan dengan cara bekerja lebih produktif berikut ini:

1. Makan secara teratur dan sehat

Tips kesehatan ini mungkin terdengar sederhana, namun makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu menjaga tenaga dan mengurangi rasa lelah di tempat kerja. Mulailah dari sarapan yang sehat untuk mengawali aktivitas Anda, seperti sereal, oatmeal, dan buah-buahan.

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang menjadikan Anda merasa lelah dan kurang bertenaga. Untuk menjaga energi dan konsentrasi Anda selama bekerja, cobalah ide makanan ringan dan sehat ini:

    • Buah-buahan
    • Yogurt rendah lemak
    • Sereal
    • Puding rendah lemak

Makanan dengan kandungan gula tinggi seperti kue dan biskuit mungkin bisa meningkatkan energi tetapi Anda akan merasa lebih cepat lelah. Berbeda dengan makanan ringan yang sehat, akan membantu pikiran Anda tetap fokus dan bertenaga saat bekerja.

2. Tidur yang cukup dan lelap

Sebarapa nyenyak dan cukup tidur malam Anda? Jika kurang lelap atau tidak cukup, sebaiknya Anda mulai mengatur pola tidur Anda. Hindari pula penyebab susah tidur yang utama seperti stres dan rasa cemas. Tidak bisa tidur dengan baik dapat menyebabkan tubuh cepat lelah dan mengganggu pekerjaan Anda.

Untuk membantu Anda lebih bertenaga di siang hari, ikuti tips kesehatan untuk tidur malam yang baik:

    • Pastikan kamar tidur Anda tenang dengan suhu yang pas serta Kasur yang nyaman
    • Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari termasuk akhir pekan.
    • Tetap aktif di siang hari dapat membantu Anda lebih lelap saat tidur malam.
    • Jangan menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur, seperti telepon selular, TV, laptop, dan lainnya, karena cahaya yang memancar dari layar akan mengaktifkan otak Anda dan membuat Anda terjaga.
    • Bagi Anda yang sering merasa cemas atau stres, cobalah menuliskan kekhawatiran Anda pada buku catatan sebelum tidur. Hal ini dapat membantu Anda mengosongkan pikiran agar bisa tidur lebih cepat dan lelap.

3. Olahraga secara rutin

Ketika Anda merasa cepat lelah walaupun hanya melakukan kegiatan rutin di kantor, maka saatnya Anda berolahraga. Kenapa olahraga? Sebab dengan melakukan olahraga secara rutin akan membantu Anda merasa lebih segar baik secara fisik maupun mental.

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati, kualitas tidur yang baik serta mengurangi stres yang menyebabkan kelelahan. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan cepat atau senam selama 15 menit setiap hari untuk meningkatkan kebugaran Anda secara bertahap.

Berikut ini, beberapa cara sederhana untuk tetap aktif di siang hari untuk mengatasi kelelahan.

    • Gunakan tangga dan hindari  lift atau elevator
    • Mulailah berjalan lebih sering untuk mengambil minum atau bertemu rekan kerja.
    • Manfaatkan saat makan siang Anda untuk keluar dari kantor dan berjalan kaki bersama teman kantor Anda.

Salah satu olahraga yang efektif membuat tubuh lebih segar serta pikiran lebih tenang adalah yoga. Membantu mengatasi merelaksasi tubuh dan melepaskan stres yang menyebabkan Anda cepat lelah.

4. Rencana dan prioritas

Cara bekerja lebih produktif dan efektif adalah dengan perencanaan waktu yang baik. Membantu Anda mengatur kegiatan harian baik di kantor maupun di rumah. Cobalah membagi setiap pekerjaan kantor dan rumah menjadi sebuah daftar, lalu tentukan mana yang penting dan kurang penting.

Membuat perencanaan waktu serta menentukan prioritas pekerjaan mana harus diselesaikan terlebih dulu akan menjadikan pola hidup lebih teratur, mengurangi tingkat stres dan mengatasi rasa cepat lelah selama bekerja.


Jika Anda merasa pekerjaan Anda terlalu banyak yang menyebabkan Anda cepat merasa lelah cobalah mengubah pola hidup dengan tips kesehatan diatas. Serta satu tips jitu yang dapat mengatasi tubuh cepat lelah yaitu luangkan waktu 10-15 menit saat bekerja untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran untuk mulai bekerja lebih produktif.


Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

BERLANGGANAN

Artikel Terbaru

Semakin Gagah dan tahan Lama dengan Obat Kuat Mensibro

6 Tips Merencanakan Liburan Kejutan Romantis Untuk Pasangan

Ini Dia Jawaban dari 6 Pertanyaan Anda Tentang Parfum Pria

Panduan Perawatan Kulit yang Terpercaya Untuk Musim Panas

Bersihkan Racun di Wajah Anda Dengan Masker Wajah

Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com