Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Belanja sekarang, 3 JAM langsung sampai (area terbatas)! 3-hour instant delivery, Order Now

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ini 7 Alasan Cedera Nyeri Otot Anda Tak Kunjung Membaik

Berbagai macam kecelakaan saat berolahraga seperti cedera lutut atau nyeri otot sangatlah menyebalkan. Apalagi bila tak kunjung sembuh. Untuk mengatasinya, tak cukup dengan minum obat nyeri otot atau konsumsi suplemen fitnes saja. Ada banyak sebab dan alasan yang perlu Anda tahu dan atasi. Berikut 7 di antaranya! 

cedera otot tak kunjung membaik

BAGI Anda yang adalah seorang atlet atau penyuka olahraga yang gemar berlatih, cedera pasti sangat menyebalkan. Di saat tertimpa cedera, Anda pasti berharap untuk segera sembuh agar mampu berlatih kembali dan memenuhi target. Sayangnya, harapan seperti ini kadang tak terpenuhi. Cedera seperti nyeri pinggang atau nyeri otot malah bersarang di tubuh, bahkan hingga menahun. Tahukah Anda? Ini dapat terjadi bukan karena cederanya yang membandel. Tapi, bisa jadi karena Anda tak tahu perlakuan yang tepat untuk mengatasinya. Bila ingin cedera segera sembuh, simaklah tujuh hal penyebab cedera tak kunjung membaik di bawah ini, lalu atasi! 

 

1. Anda Berhenti Berolahraga

Saat cedera mendera, mayoritas dari kita akan berhenti berolahraga dengan harapan cedera segera menghilang. Padahal, anggapan ini salah besar. Bila cedera datang, kita mesti tetap melanjutkan rutinitas olahraga untuk memperkuat diri terhadap cedera yang mungkin terjadi di masa mendatang. Dengan melanjutkan latihan, potensi cedera untuk segera sembuh pun akan lebih besar. Selain itu, target kita akan tetap tercapai, bukan?

Hanya saja. Saat cedera lutut, nyeri pinggang, atau nyeri otot melanda, porsi latihan harus sedikit diubah. Mungkin ada beberapa bagian yang perlu ditambah, dikurangi di lain sisi, bahkan mungkin dihilangkan sama sekali. Fokuslah pada latihan-latihan yang dapat menguatkan bagian tubuh yang mengalami cedera.

Baca Juga: Nyeri Otot Setelah Berolahraga? Ini Mitos dan Faktanya! 

 

2. Gunakan Waktu yang Cukup untuk Istirahat

Berolahraga itu baik. Namun, jangan berlebihan. Atur porsi yang seimbang antara waktu olahraga dan waktu istirahat Anda. Jangan lupa untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman. Konsumsi pula suplemen fitnes dan makanan berprotein tinggi. Bila pola ini rutin Anda jalani, risiko terkena berbagai macam cedera seperti nyeri otot, nyeri pinggang, dan cedera lutut dalam rentang waktu yang panjang dapat dihindari. Atau, Anda mau cara mudah? Ikuti program fitnes untuk pemula yang mengatur program olahraga Anda dengan seimbang.

 

3. Konsumsi Nutrisi yang Tak Optimal

Saat cedera melanda, Anda perlu mengaplikasikan diet yang tepat dan seimbang agar cedera segera sembuh. Benar bila Anda perlu mengurangi porsi makan. Namun, hal ini akan menjadi salah bila Anda menghentikan konsumsi semua karbohidrat. Karbohidrat tetap diperlukan untuk menghasilkan energi yang tubuh perlukan untuk penyembuhan. Makanan berprotein tinggi juga diperlukan. Anda memerlukan paling tidak 2 gram protein per kilogram tubuh Anda setiap harinya. Jangan lupa konsumsi suplemen fitnes agar kebutuhan vitamin dan mineral Anda terpenuhi.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Anda Harus Konsumsi Whey Protein

 

4. Tak Berhenti Meminum Alkohol

Alih-alih mengonsumsi obat nyeri otot, beberapa orang malah meminum alkohol untuk meredakan sakit. Padahal, minuman satu ini sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan. Alkohol dapat menghambat pertumbuhan otot, membuat tubuh dehidrasi, dan memperlambat proses penyembuhan. Jadi, lebih baik Anda konsumsi obat nyeri otot daripada alkohol, ya.

 

5. Tidak Tidur dengan Cukup

Kesalahan fitnes untuk pemula ialah tidak tidur dengan cukup setelah latihan panjang. Padahal, jumlah tidur yang optimal dapat membantu meningkatkan kinerja sistem imun serta menaikkan masa otot dan energi. Jadi, bagi pelaku fitnes untuk pemula, pastikan Anda tidur dengan cukup sembari menyeimbangkan pola makan dan nutrisi Anda.

 

6. Enggan Menggunakan Jasa Profesional

Selain memanfaatkan informasi dari internet, Anda memerlukan jasa para profesional untuk mengatasi cedera. Tak hanya mengatasi cedera Anda yang sekarang secara tuntas, profesional juga bisa membuat Anda terhindar dari cedera yang akan datang.

 

7. Jangan Menyepelekan Komitmen

Persoalan mental juga krusial dalam menyembuhkan cedera. Tak sebatas keinginan, Anda perlu niat yang teguh untuk sembuh. Jalani setiap terapi Anda dengan baik, perketat pola, dan jangan tinggalkan suplemen dan obat Anda.

Baca Juga: Suplemen Andalan Saat Workout

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi