Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

[SALE] ONE® Condoms Diskon Up to 49%!

Beli Sekarang
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Hmm, Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar ketika Berhubungan Intim?

Pernahkah Anda menyadari, terkadang berhubungan intim itu sama seperti sedang latihan berolahraga? Selain mengeluarkan keringat dan aktif melakukan gerakan intens, berhubungan seks ternyata juga mampu membakar kalori persis seperti olahraga. Hmm, lalu sebenarnya berapa banyak jumlah kalori yang terbakar di atas ranjang? 

Hmm, Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar Ketika Berhubungan Intim?

UNTUK menjawab pertanyaan ini, para peneliti pada tahun 1984 dalam makalah yang diterbitkan berjudul “Archives of Internal Medicine” melaporkan bahwa seks setara dengan olahraga intensitas ringan dan sedang. Beberapa penelitian lain setelah tahun 1984, juga mendapatkan kesimpulan yang sama.

Dengan kata lain, jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat, tentunya yang paling ideal tetap adalah dengan berolahraga  teratur, bukan hanya berhubungan intim.

Jumlah Kalori yang Terbakar Ketika Berhubungan Seks

Pada dasarnya, belum ada studi skala besar yang memastikan berapa jumlah kalori yang terbakar saat berhubungan intim. Meskipun, ada sebagian peneliti yang telah mendapatkan estimasi jumlah kalori tersebut.

Pada studi pada tahun 2013 oleh ilmuwan dari University of Quebec di Montreal yang melibatkan 21 pasangan muda dan sehat, peneliti melihat berapa banyak energi yang mereka habiskan selama empat sesi seks yang berbeda.

Studi yang dipublikasikan di PLOS One, menemukan bahwa selama sesi aktivitas seksual, rata-rata peserta studi melakukan foreplay, hubungan intim, serta klimaks atau puncak orgasme. Diketahui bahwa hasilnya adalah laki-laki membakar sekitar 101 kalori, sedangkan wanita membakar 69,1 kalori.

Dengan memperhitungkan berapa lama setiap sesi berlangsung, para peneliti kemudian membuat kesimpulan bahwa para pria membakar rata-rata 4,2 kalori per menit. Sementara, para wanita hanya membakar sekitar 3,1 kalori per menit.

Nilai jumlah kalori ini sangat jauh bila dibandingkan peserta yang sama berolahraga di treadmill. Laki-laki mampu membakar 9,2 kalori per menit. Sedangkan, perempuan membakar 7,1 kalori per menit. Jadi, kesimpulannya berolahraga treadmill atau di tempat gym masih lebih banyak membakar kalori hingga dua kali lipat ketimbang berhubungan seks.               

Studi Lain Melaporkan 21 Kalori Terbakar Selama 6 Menit

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2013 dari New England Journal of Medicine menyimpulkan hasil yang sama, yaitu seorang pria berusia 30-an hanya dapat membakar 21 kalori selama 6 menit berhubungan seksual.

Lima sampai enam menit menjadi durasi rata-rata berhubungan seksual, belum termasuk foreplay. Dan tentu saja, jumlah kalori yang terbakar bergantung pada kondisi masing-masing setiap peserta studi.

Cara Membakar Lebih Banyak Kalori Saat Berhubungan Seks

Sebenarnya, konsepnya sederhana. Siapa pun yang berada di posisi atas ketika berhubungan seks, kemungkinan besar akan membakar lebih banyak kalori karena banyak bergerak.

Jadi, jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori selama berhubungan intim, ambillah kendali atau minta pasangan untuk bergantian, sehingga Anda berdua mendapatkan kepuasan yang sama. Mengeluarkan keringat adalah indikasi bahwa Anda telah membakar kalori dengan gerakan.

Selain itu, buatlah sesi bercinta yang lebih lama dengan harapan agar bisa membakar lebih banyak kalori. Namun, perlu diingat bahwa saat berhubungan intim, Anda dan pasangan juga harus mengutamakan kenyamanan, bukan sekadar bergerak untuk berkeringat atau membuang kalori semata.

Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan beberapa latihan dengan pasangan sebelum melakukan hubungan seks, misalnya foreplay yang intens, baru kemudian fokus pada kenikmatan seks inti.

Manfaat Seks Melebihi Pembakaran Kalori

Jika Anda merasa kecewa karena ternyata seks tak mampu membakar kalori sebanyak yang diharapkan, ingatlah bahwa seks masih punya segudang manfaat kesehatan lainnya.

Lebih lanjut, penelitian Karelis mencatat bahwa berhubungan seks secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan dapat memperpanjang usia, terutama jika Anda sering meraih orgasme secara rutin. Manfaat ini tentu jauh lebih bagus ketimbang hanya membakar kalori, kan?

Namun, menurut Karelis, memang dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam dan rinci untuk mempelajari secara jelas tentang efektivitas pembakaran kalori saat berhubungan seks, serta berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

12 komentar

  • EnzlYZhrVm

    YTeEkCDqh on
  • YGHhzRDBFloQ

    XZYrnfVyvSiHuR on
  • ijfhsDcEalByqYR

    cfaeKRMd on
  • EahucnSKLXoA

    AOdnYsJNoLFK on
  • ZKiYSDpLjX

    HjNGvOBxVLu on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi