Advertisement
Advertisement

Hindari Lelah saat Mudik dengan 5 Tips Ini!

Mudik ke kampung halaman menjelang beberapa hari lebaran tentu akan diwarnai dengan kemacetan panjang yang menimbulkan lelah. Membayangkan terjebak di dalam kendaraan selama berjam-jam sudah pasti membuat Anda lelah membayangkannya. Lalu apa yang bisa dilakukan?

Hindari Lelah saat Mudik dengan 5 Tips Ini!

KETIKA Anda ingin menempuh perjalanan jauh, selain kondisi kendaraan, kesehatan pengemudi pun juga harus diperhatikan. Tubuh sehat dan bugar sangat dibutuhkan saat berkendara menempuh perjalanan jauh dan waktu yang panjang saat mudik.

Perjalanan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam atau beberapa hari bisa membuat tubuh kurang istirahat. Faktor utama yang paling banyak menjadi penyebab kecelakaan adalah kesalahan manusia itu sendiri (human error).

Hal ini disebabkan banyaknya pengemudi yang tetap memaksakan diri berkendara menempuh perjalanan jarak jauh, padahal kondisi tubuh dalam keadaan yang kurang fit akibat kelelahan.

Lantas bagaimana tips tubuh sehat dan bugar meskipun sedang berkendara menempuh perjalanan yang jauh?

Artikel kali ini AsmaraKu.com akan berbagai 5 tips mudik untuk menghindari rasa lelah saat mudik lebaran. Check this out guys!

1. Pilihlah Jalur yang Tepat

Tips mudik pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jalur yang mudah dilewati tanpa hambatan sehingga jarak tempuh menjadi lebih singkat dan efisien.

Untuk mengetahui jalur tersebut Anda bisa menggunakan navigasi peta yang tersedia di mobil atau dengan smartphone. Biasanya navigasi akan memberikan informasi seputar jalur dekat dan bebas hambatan yang bisa dilewati.

 

 Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day, Rp 490.000,- ; Beli di sini

2. Tetap Sabar dan Tahan Emosi

Saat mudik lebaran tentu jumlah kendaraan di jalan akan meningkat tajam. Kemacetan pun akan sulit dihindari, terutama jika Anda harus melewati daerah langganan macet.

Jika sudah begini, hal yang paling dasar adalah tetap sabar dan berusaha untuk tidak emosi. Bukan tanpa alasan, emosi hanya akan menguras tenaga Anda sehingga perjalanan mudik terasa makin melelahkan.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menyalakan musik dengan playlist lagu kesukaan sambil meregangkan otot-otot Anda di tengah perjalanan agar tidak kaku dan tidak cepat stres menghadapi kemacetan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyediakan aneka cemilan kesukaan dengan rasa yang manis seperti cokelat dan permen. Hal ini karena mengonsumsi makanan manis bisa membuat mood lebih baik.

3. Berisitirahat secara Berkala

Tips mudik selanjutnya adalah beristirahat sejenak. Jika Anda menempuh perjalanan hingga 6 jam lamanya disarankan untuk beristirahat setiap 2 jam sekali. Meskipun ini membuat waktu tempuh Anda menjadi lebih lama, tetapi hal ini sangat dibutuhkan tubuh.

Mengapa? Hal ini dilakukan agar bisa menghilangkan ketegangan otot-otot sekaligus untuk memulihkan tenaga dengan makan atau sekedar berbaring. Apabila Anda memaksakan melanjutkan perjalanan bisa saja Anda malah kurang konsentrasi saat berkendara.

Baca juga: Ngantuk saat Puasa? Atasi dengan 5 Hal Ini!

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pastikan Anda telah menyiapkan air minum yang cukup saat melakukan perjalanan mudik. Konsentrasi penuh dan duduk terlalu lama bisa menyebabkan tubuh kekurangan banyak energi.

Anda bisa memulihkan energi dengan mengonsumi banyak air putih dan ditambah dengan suplemen kesehatan. Selain untuk membuat tubuh terasa lebih segar, air putih dan suplemen kesehatan juga bisa membantu Anda kembali berkonsentrasi loh.

 

 Sea-Quill Mega Vite Iron Free, Rp 294.000,- ; Beli di sini

5. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Menyerap Keringat

Perjalanan mudik biasanya memerlukan waktu seharian penuh, bahkan lebih. Untuk membuat perjalanan mudik Anda nyaman, usahakan menggunakan pakaian yang simpel dan nyaman.

Rasa gerah atau panas pun dapat lebih mudah untuk dihindari. Gunakan warna terang untuk mengurangi rasa panas akibat udara atau paparan sinar matahari. Hal ini juga memudahkan Anda bergerak dan menjalankan aktivitas lainnya selama dalam perjalanan mudik lebaran.
 

Nah, agar semuanya berjalan dengan lancar, berdoa juga menjadi ritual wajib loh. Kadang Anda tidak bisa memprediksi hal-hal yang di luar kemampuan Setelah persiapan yang matang dan safety riding, jangan lupa untuk berdoa memohon keselamatan.

Selalu ingat, semua akan sia-sia jika Tuhan tidak memberikan perlidungan kepada Anda selama perjalanan mudik. Selamat mudik dan tetap berhati-hati selama di perjalanan!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi