Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Happy Valentine's Day!
Advertisement
Advertisement

Hilangkan Ketombe dengan 8 Cara Alami

Ketombe adalah masalah rambut yang paling umum terjadi di seluruh dunia, dan bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, bukan berarti Anda boleh membiarkan itu terjadi kepada Anda!

FAKTANYA, hampir 50% orang di dunia ini memiliki masalah dengan rambut dan kulit kepala, khususnya ketombe.

Tanda umum kehadiran ketombe antara lain adalah kulit kepala yang gatal dan muncul serpihan-serpihan putih, namun ada juga tanda yang hanya seperti bercak berminyak pada kulit kepala dan juga kulit kesemutan.

Penyebab utama ketombe adalah kulit kepala kering, dermatitis seboroik, sensitif terhadap produk perawatan rambut, dan adanya pertumbuhan jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Saat ini tentu banyak produk perawatan sebagai cara mengatasi ketombe yang mudah ditemukan di toko-toko terdekat, namun tahukah Anda bahwa ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang juga efektif?

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil telah digunkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat hingga  psoriasis.

Tea tree oil juga telah terbukti berfungsi sebagai antimikroba yang sangat kuat dan sebagai antiinflamasi yang dapat mengatasi gejala-gejala ketombe.

Faktanya, berdasarkan sebuah study, tea tree oil sangat efektif untuk menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tea tree oil dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif.

Akan lebih baik jika Anda mencairkannya dengan menambahkan beberapa tetes ke minyak seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

2. Minyak Kelapa

Selain diketahui memiliki bermacam-macam manfaat untuk kulit, minyak kelapa juga sering digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. 

Minyak kelapa dapat memperbaiki kelembapan kulit dan mencegah kulit kering yang dapat memperparah ketombe.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, mengaplikasikan minyak kelapa akan 68% lebih efektif dibandingkan dengan hanya menggunakan minyak dari golongan minyak mineral .

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan jenis tumbuhan kaya air yang sering ditambahkan pada produk perawatan kulit seperti salep, kosmetik dan lotion.

Ketika diaplikasikan pada kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu memperbaiki kondisi kulit seperti terbakar, psoriasis, dan radang kulit. Namun ternyata, lidah buaya juga ampuh untuk mengatasi ketombe.

Menurut sebuah penelitian, antibakteri dan antijamur di dalam lidah buaya dapat melindungi kulit dari tumbuhnya ketombe. Cara mengatasi ketombe dengan lidah buaya ini sangat efektif, lho.

4. Minimalisir Stres

Stres dipercaya memiliki dampak pada berbagai aspek kesehatan. Stres dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental.

Jadi, sebenarnya stress tidak dapat menyebabkan ketombe secara langsung, namun bisa jadi memunculkan gejala seperti kulit kering dan gatal.

Stress dalam jangka panjang dapat melemahkan sistem imun, dan ini akan melemahkan tubuh Anda saat terjadi infeksi seperti jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan mengatur stres dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti meditasi, yoga, olah nafas atau dengan melakukan hal-hal yang menghibur Anda.

5. Cuka Apel

Menurut penelitian, cuka apel telah terbukti terkait dengan berbagai manfaat kesehatan. Hal ini termasuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan berat badan.

Namun, cuka apel juga umum digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Zat asam di dalam cuka apel dipercaya dapat membantu stimulasi sel kulit kepala mati yang berketombe.

Cuka apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mereduksi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

6. Omega 3

Asam lemak omega 3 memiliki peran penting dalam tubuh. Tidak hanya dapat membentuk membran sel yang mengelilingi sel di dalam tubuh, omega 3 juga sangat penting untuk fungsi jantung, sistem kekebalan tubuh dan paru-paru.

Selain itu, omega 3 juga penting untuk kesehatan kulit karena dapat membantu mengatur produksi dan hidrasi minyak, meningkatkan penyembuhkan mencegah penuaan dini.

Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan serangkaian gejala, termasuk rambut kering, kulit kering dan bahkan ketombe. Konsumsi ikan berlemak seperti salmon, trout, makarel, dan ikan kembung adalah sumber asam omea-3 yang baik.

Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan atau dengan menambah asupan makanan yang kaya omega-3 lainnya seperti biji rami, biji chia, dan kacang walnut.

7. Probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Ada banyak manfaat dari probiotik termasuk membantu mencegah alergi, mengurangi kolesterol dan meningkatkan berat badan.

Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan fungsi imun yang berfungsi untuk melawan infeksi jamur penyebab ketombe.

Faktanya, sebuah studi menunjukkan bahwa dengan konsumsi probiotik selama 56 hari dapat menurunkan tingkat keparahan ketombe secara signifikan pada 60 orang.

8. Baking Soda

Anda cukup pergi ke dapur Anda untuk menemukan baking soda untuk segera menghilangkan ketombe secara alami.

Baking soda dipercaya dapat berguna sebagai zat eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati dan mereduksi gatal dan pengelupasan kulit. Jadi, sebenarnya baking soda memiliki fungsi antijamur yang sangat bermanfaat untuk melawan ketombe.

Untuk hasil yang maksimal, cobalah untuk menggunakan baking soda secara langsung ke rambut basah dan pijat perlahan. Biarkan selama satu atau dua menit, kemudian gunakan sampo seperti biasa.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi