FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Hilangkan Bau Rambut Tak Sedap dengan 6 Bahan Ini

Keringat, panas matahari dan polusi tanpa disadari dapat membuat rambut Anda memiliki bau tak sedap. Selain dapat mengurangi keprcayaan diri Anda, bau rambut tidak sedap juga dapat membuat orang disekeliling merasa risih bahkan menjauh lho

Hilangkan Bau Rambut Tak Sedap dengan 6 Bahan Ini

MENJAGA penampilan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, melakukan perawatan diri sangat penting, karena selain berdampak untuk diri sendiri juga memiliki dampak bagi orang-orang yang berinteraksi dengan Anda.

Contohnya saja ketika ingin bepergian atau hang out dengan teman, mereka tentu akan jauh lebih nyaman berada di dekat Anda jika penampilan Anda bersih dan terawat.

Selain untuk kehidupan sosial, merawat diri juga sangat baik untuk investasi karir Anda di masa mendatang. Contohnya requirement job saat ini sudah kebanyakan mengharuskan penampilan yang good looking

Jika sudah demikian, apakah Anda masih mau cuek terhadap penampilan?

Nah, untuk menjaga penampilan, selain mandi dan menjaga bau badan tetap wangi,  kebersihan rambut juga menjadi salah satu hal yang wajib Anda perhatikan.

Bukan tanpa sebab, rambut yang kusam dan lepek tentu akan membuat penampilan Anda kurang maksimal. Terlebih, bau rambut yang tidak sedap, dapat membuat orang di sekeliling Anda risih bahkan menjauh. 

Nah, agar Anda terhindar dari masalah bau rambut tidak sedap, berikut telah kami rangkum cara menghilangkan bau rambut dengan 6 bahan ini. 

1.Baking Soda

Bau pada rambut ditimbulkan oleh kotoran dan minyak berlebih di rambut. Oleh karena itu orang yang memiliki jenis rambut berminyak lebih gampang terkena rambut bau. Kulit berminyak jauh lebih memancing polusi yang ada di lingkungan yang akan terjebak di kepala dan kemudian menyebabkan rambut menjadi bau.

Selain itu jamur dan kotoran di kulit kepala adalah salah satu penyebab hal yang cukup memalukan ini. Untuk menghilangkan rambut bau, Anda bisa menggunakan bahan baking soda.

Baking soda merupakan salah satu bahan rumahan yang sering sekali digunakan, karena baking soda dapat menetralkan bau rambut Anda dan mengurangi minyak berlebih di rambut Anda dengan cara :

  • Campurkan baking soda dengan air
  • Bilas tangan Anda dengan air lalu campurkan pasta baking soda ke rambut Anda yang sudah lembab
  • Diamkan sekitar 5 menit lalu bilaslah rambut Anda
  • Lakukan rutinitas untuk rambut Anda ini sekali seminggu

Dapatkan Mustika Ratu Penyubur Rambut dengan harga Rp 20.700,- Beli di sini

2. Cuka Apel

    Cuka sari apel adalah skin care yang banyak direkomendasikan oleh para beauty vlogger, karena ternyata, selain sebagai bahan makanan, cuka sari apel memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti sebagai toner wajah dan penghilang bekas hitam bintik-bintik hitam karena jerawat.

    Bukan hanya untuk wajah, Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel agar mimpi memiliki rambut bersih dan sehat bisa terwujud. Cuka apel bekerja secara alami menghilangkan rambut bau dan mengurangi minyak berlebih pada rambut Anda.

    Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengembalikan pH normal rambut, membuanya berkilau dan mencegah rambut kusut. Berikut step cara menggunakan cuka apel sebelum diaplikasikan dirambut :

    • Tambahkan satu setengah gelas sari cuka apel ke dalam 2 gelas air suling
    • Agar tidak bau, karena memang cuka sari apel memiliki bau yang cukup menyengat, tambahkan aroma lavender, mawar atau berbagai wewangian lainnya
    • Semprotkan campuran air, dan sari cuka apel ke rambut Anda dan biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin

    Selain cara diatas, terdapat juga alternatif cara lain yaitu

    • Campurkan satu setengah sendok baking soda ke dalam satu gelas air
    • Lalu diamkan sekitar satu menit lalu bilas dengan air putih

    Untuk hasil maksimal rambut bersih dan sehat, Anda bisa menggunakan campuran cuka sari apel setelah menggunakan ramuan baking soda tadi. Namun yang perlu diingat jangan melakukan ritual ini lebih dari dua kali seminggu ya

    Baca juga: Cara Mencuci Rambut dengan Baik dan Benar

    3. Jus Lemon

      Jus lemon memang sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan baik wajah maupun rambut. Jus lemon dapat menghilangkan rambut bau Anda dan menggantinya dengan bau yang harum, segar dan bersih.

      Selain itu, jus lemon juga bisa meningkatkan kelembutan rambut, membuat rambut berkilau dan membantu melawan masalah rambut seperti ketombe dan infeksi kulit kepala. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari jus lemon tersebut Anda hanya perlu melakukan :

      • Cairkan 2 buah lemon didalam satu gelas air
      • Setelah menggunakan sampo, oleskan campuran lemon dan air tadi ke rambut dan kulit kepala Anda
      • Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan ritual ini hanya sekali dalam seminggu

      Jika kulit kepala Anda terinfeksi jamur Anda bisa menggunakan cara :

      • Campurkan lemon kedalam satu gelas yogurt
      • Campurkan ke kulit kepala Anda, lalu diamkan selama 30 menit
      • Bilas bersih rambut Anda, dan lakukan hal ini satu kali seminggu

      Anda juga bisa mencoba cara lain seperti :

      • Kombinasikan jus lemon dengan weangian harum seperti bau mawar dan lavender
      • Diamkan pada rambut Anda semalaman
      • Lakukan ritual ini 2-3 kali dalam seminggu

      Menggunakan ramuan jus lemon pada rambut memang memiliki banyak manfaat namun jika Anda menggunakannya secara berlebihan akan membuat rambut Anda memutih. Jadi pastikan Anda hanya menggunakan seperlunya saja.

      4. Jus Tomat

        Buah satu ini kaya akan vitamin C dan bisa digunakan sebagai perawatan rambut intensif Anda. Selain digunakan sebagai bahan dasar sambel ataupun berbagai masakan lainnya, tomat isa gunakan di kepala agar rambut bersih dan sehat segera menjadi milik Anda.

        Tidak hanya itu, tomat bisa menghilangkan bau tak sedap pada rambut Anda. Tingkat keasaman pada buah tomat juga bisa membantu menyeimbangkan kadar pH di rambut Anda. Untuk mengaplikasikan jus tomat ini ke kulit kepala dan rambut, lakukan beberapa step penting ini :

        • Aplikasikan jus tomat segar ke kulit kepala Anda
        • Diamkan di kulit kepala selama kurang lebih 10 hingga 15 menit
        • Bilas dengan air bersih. Lakukan ritual ini sekali hingga dua kali dalam seminggu

        Seperti halnya jus lemon, menggunakan jus tomat di kulit kepala terlalu sering juga memicu rambut Anda memutih sebelum waktunya. Anda pasti tidak mau rambut sudah terlihat seperti uban padahal umur Anda masih sangatlah muda. Untuk itu lakukan sesuai porsinya dan jangan berlebihan ya.

        Dapatkan Garnier Neril Hair Tonic Anti-Loss Guard 100ml dengan harga Rp 45.800,- Beli di sini

        5. Tea Tree Oil

          Tea tree oil atau yang lebih dikenal sebagai minyak pohon teh adalah minyak atsiri esensial yang berasal dari tanaman Australia yang bernama Melaleuca alternifolia.

          Meskipun Anda belum familiar dengan bahan alami yang satu ini ternyata, minyak pohon teh ini kaya akan antimikroba yang dapat membantu mengatasi rambut bau akibat infeksi di kulit kepala.

          Selain itu, minyak pohon teh ini juga bisa membantu mengurangi ketombe dan jerawat di kulit kepala. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari minyak pohon teh ini yang kaya akan antimikroba Anda hanya perlu :

          • Mencampurkan sedikit minyak pohon teh ke dalam air
          • Aplikasikan campuran tadi langsung ke kulit kepala Anda
          • Diamkan selama 20 hingga 30 menit lalu gunakan sampo di kepala seperti biasa

          Jika Anda merasa malas melakukan beberapa step tadi Anda juga bisa mencampurkan sedikit minyak pohon teh ke dalam sampo dan seperti biasa. Lakukan ritual ini secara rutin sekali dalam seminggu dan rambut harum dan fresh akan segera menjadi milik Anda seutuhnya.

          6. Neem Oil

            Neem oil atau minyak nimba merupakan minyak yang berasal dari tanaman daerah tropis yang kaya akan manfaat baik. Minyak nimba juga telah lama dikenal dapat menyembuhkan beberapa infeksi.

            Selain itu, minyak nimba atau neem oil juga dapat menyembuhkan infeksi kulit kepala yang menyebabkan rambut menjadi bau dengan zat antiseptik yang dimilikinya.

            Untuk menghilangkan bau rambut, Anda hanya perlu melakukan beberapa step sederhana dibawah, yaitu :

            • Pertama, Anda bisa mencampurkan minyak nimba pada sampo, lalu gunakan seperti biasanya
            • Pilihan alternatif kedua, Anda juga bisa mengaplikasikan langsung minyak nimba ini pada kulit kepala lalu diamkan semalaman. Bilas dengan sampo dan air di pagi harinya
            • Pilihan terakhir, jika tak memiliki minyak nimba, Anda bisa mengambil segenggam daun neem dan merebusnya di air. Air rebusannya bisa Anda gunakan sebagai air bilasan pada rambut setelah keramas

            Sementara itu, untuk batasan kadar penggunaannya, Anda bisa menggunakan minyak nimba ini sekali dalam seminggu pada rambut dan kulit kepala.


            Itu dia beberapa bahan alami yang akan membantu menghilangkan bau rambut dan mengganti aroma rambut Anda menjadi harum, sehat dan indah sepanjang waktu.

            Rambut yang wangi bukan hanya bisa membuat Anda merasa jauh lebih percaya diri, namun juga membuat orang-orang yang ada di sekitar jauh lebih nyaman di dekat Anda. 

            Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

            Tinggalkan komentar

            Artikel Terkait

            Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
            Download sekarang:

            Logo Google Play Logo Google Play
            icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
            Keranjang Belanja
            Halaman Privasi
            Gambar Halaman Privasi