Advertisement
Advertisement

Hati-Hati Ladies, Ini 3 Efek Samping Menggunakan Vaginal Douche!

Setiap wanita pasti ingin memiliki organ kewanitaan yang bersih dan sehat. Ini dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit dan juga menumbuhkan percaya diri ketika berhubungan intim.

SALAH satu cara yang cukup banyak dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan miss V yang sehat dan terawat adalah dengan menggunakan vaginal douche.

Douche merupakan bahasa Perancis yang berarti mengairi atau membasuh. Seperti namanya, vaginal douche ini memang digunakan untuk membasuh miss V dari kotoran yang mungkin menempel baik di luar maupun di dalam miss V dengan menggunakan air atau cairan lainnya.

Vaginal douche umumnya berisikan air yang dicampur vinegar, baking soda atau iodine, beberapa brand juga menambahkan pewangi dan antiseptik yang dikemas dalam kantong dengan semprotan atau selang.

Saat ini vaginal douche bisa dengan mudah didapatkan karena banyak toko obat dan minimarket yang menjualnya.

Cara menggunakan pembersih miss V menggunakan vaginal douche adalah dengan menyemprotkan atau memasukkannya ke dalam vagina, cairan yang masuk ke dalam vagina kemudian akan keluar kembali.

Ada banyak alasan mengapa wanita menggunakan vaginal douche. Selain tujuan utama yaitu untuk membersihkan miss V, alat kesehatan miss V yang satu ini juga diklaim mampu menghilangkan bau tidak sedap pada organ kewanitaan, membersihkan bakteri setelah berhubungan intim atau setelah menstruasi dan mencegah kehamilan.

Namun, apakah penggunaan vaginal douche ini aman?

Para ahli yang berasal The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) tidak merekomendasikan wanita untuk menggunakan pembersih miss V  jenis vaginal douche!

 

Baca Juga : Hati-Hati Ladies, Kenali 6 Gejala Infeksi Jamur Vagina Ini

 

Secara alami, vagina memiliki mekanisme perlindungan dan pembersihan oleh dirinya sendiri untuk menjaga keseimbangan pH.

Di dalam vagina sendiri terdapat bakteri baik yang dapat membantu mencegah dan menghentikan iritasi.

Penggunaan vaginal douche dapat membunuh bakteri baik di dalam vagina sehingga merusak keseimbangan pH yang pada akhirnya justru dapat menimbulkan berbagai gangguan di vagina antara lain iritasi, infeksi dan komplikasi penyakit berbahaya lainnya.

Efek Samping Vaginal Douche

Jika Anda menggunakan douche secara rutin maka kemungkinan besar bakteri baik di dalam vagina Anda akan mati dan menghilang serta menimbulkan beberapa efek samping, seperti berikut ini:

1.Infeksi

Bakteri sehat di dalam vagina mencegah tumbuhnya jamur secara berlebihan di vagina. Hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur.

Jadi, jika Anda saat ini tengah menggunakan douche dengan harapan dapat menghilangkan infeksi maka itu salah besar karena justru dapat memperparah keadaan bahkan infeksi ini dapat menyebar ke bagian organ reproduksi lainnya.

2.Penyakit Radang Panggul dan Sulit Hamil

Penyakit radang panggul merupakan infeksi yang muncul di organ reproduksi. Sebagian besar kasus radang panggul disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS).

Sedangkan, wanita yang menggunakan perawatan miss V douching memiliki resiko sebesar 73% mengalami radang panggul. Satu dari delapan wanita dengan riwayat radang panggul mengalami kesulitan hamil. Efek dari douching ini bisa beruntun ya ladies.

3.Kanker Serviks

Seperti halnya radang panggul, kanker serviks ini juga banyak disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Namun, wanita yang selalu menggunakan vaginal douche ini juga beresiko besar terkena kanker serviks.

Sebenarnya Anda tidak perlu repot menggunakan alat kesehatan miss V seperti vaginal douche untuk membersihkan organ kewanitaan.

Hal ini dikarenakan vagina menghasilkan lendir yang bertindak sebagai agen pembersih alami untuk membersihkan darah, air mani dan keputihan.

Perawatan ideal pada miss V dapat dilakukan dengan mudah yatu dengan mencuci bagian luar vagina dengan sabun ringan dan air bersih, basuh dengan air hangat jika diperlukan dan mandi teratur saja sudah cukup untuk kebersihan organ kewanitaan yang maksimal.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi