FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Hati-Hati, Ini 7 Pantangan Makan Ketika Haid!

Hasrat makan meningkat saat haid? Itu sih sudah biasa. Sebagian wanita memiliki nafsu makan yang meningkat ketika haid karena pengaruh perubahan hormon di dalam tubuhnya.

MASALAHNYA bukan di peningkatan nafsu makan Anda, tetapi apa yang Anda makan saat haid. Faktanya, tidak semua makanan baik dikonsumsi saat haid, lho. Ada makanan saat haid agar lancar, ada pula yang justru harus dihindari.

Lalu, apa saja sih makanan yang harus dihindari saat sedang haid?

Minuman Berkarbonasi

Suka minum soda? Mungkin Anda harus mengurangi kebiasaan minum soda saat sedang haid. Soda dan minuman manis kemasan umumnya merupakan jenis minuman berkarbonasi.

Minuman ini bisa membuat perut terasa kembung. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu bagi Anda yang selalu mengalami nyeri perut saat haid.

Makanan Cepat Saji

Mengonsumsi makanan cepat saji, terlebih secara berlebihan, memang tidak baik. Entah itu nugget, sosis, mie instan, sampai dengan ayam goreng dari restoran fast food.

Makanan ini bisa mengganggu kelancaran haid. Di samping itu, kandungan natrium yang tinggi pada makanan-makanan cepat saji akan membuat perut mudah kembung.

Gorengan

Sudah menjadi hal umum jika masyarakat di Indonesia sangat gemar mengkonsumsi gorengan. Apakah Anda termasuk salah satunya? Maka Anda harus menghindari gorengan ketika sedang haid.

Gorengan adalah makanan yang mengandung lemak trans yang dapat menjadi lemak jahat. Selain memproduksi kolestrol buruk, lemak trans juga dapat menyebabkan kembung.

Kombinasi nyeri haid dan perut kembung tentu saja akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Kacang-kacangan

Bukankah kacang-kacangan sangat baik untuk memberikan asupan protein pada tubuh? Ya, Anda memang diperkenankan untuk mengkonsumsi kacang merah, buncis, atau kacang hijau saat sedang tidak haid.

Akan tetapi, apabila Anda sedang haid sebaiknya hindari konsumsi kacang-kacangan karena berpotensi menyebabkan perut terasa kembung.

Produk Susu

Satu lagi makanan yang wajib Anda hindari ketika haid adalah semua produk susu, baik itu susu, yogurt, atau es krim. Makanan dan minuman yang mengandung susu akan membuat perut kram dan terasa nyeri.

Bahkan, produk susu bisa menyebabkan diare. Ganti saja kebiasaan konsumsi produk susu dengan konsumsi buah-buahan karena sejauh ini tidak ada buah yang dihindari saat haid.

Gandum Olahan

Meskipun Anda sedang diet, Anda harus menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan gandum, seperti snack bar gandum, roti gandum, dan kue yang bahan bakunya berasal dari gandum.

Makanan yang berasal dari gandum olahan dapat mempengaruhi kelancaran haid. Jadi, pilih makanan yang memang berasal dari gandum murni, seperti oatmeal.

Makanan dan Minuman Berkafein

Kafein biasa terdapat pada teh dan kopi. Sayangnya, minuman dan makanan berkafein tidak termasuk dalam daftar makanan saat haid agar lancar. Semua yang mengandung kafein justru bisa memperburuk gejala PMS.

Sebagai gantinya, ketika haid, perbanyaklah konsumsi serat yang bisa Anda peroleh dari buah dan sayur. Sejauh ini belum ada jenis buah yang dihindari saat haid, sehingga Anda bebas mengkonsumsi jenis buah-buahan yang Anda sukai.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi