FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Hati-Hati Guys, 8 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Bau Badan

Tidak hanya dialami oleh remaja yang sedang puber, bau badan juga banyak dialami oleh orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Selain karena keringat yang berlebih, bau badan juga dapat ditimbulkan oleh beberapa jenis makanan.

Hati-Hati Guys, 8 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Bau Badan

BAU badan merupakan salah satu masalah besar ketika sedang berkumpul dengan teman, keluarga maupun rekan kerja. Hal ini mampu menjadikan seseorang tidak percaya diri dan dijauhi sekitar.

Untuk penyebabnya sendiri, bau badan selama ini selalu dikaitkan terhadap sesuatu yang berhubungan dengan genetika, parfum murah, keringat berlebih, jenis pekerjaan atau jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Dalam hal jenis makanan, banyak orang yang setuju bahwa beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan bau badan tidak sedap.

Meski penggunaan deodoran bisa secara efektif menghilangkan atau bahkan menutupi bau badan tidak sedap dari tubuh Anda, namun pewangi yang dipakai terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan.

Nah, agar Anda tidak lagi pusing, berikut daftar delapan makanan yang menyebabkan bau badan.

  • 1. Daging Merah

     
  • Siapa sangka jika daging merupakan salah satu makanan penyebab bau badan. Memakan daging steak tebal mungkin terasa lezat, tapi diketahui bahwa makan daging yang berlebihan akan menganggu kesehatan Anda dan menimbulkan bau badan dalam jangka pendek.

    Sebagian besar daging merah sulit dicerna di saluran pencernaan yang mengakibatkan tertinggalnya residu, dan membuat keringat akan bercampur dengan bakteri dan timbulah bau badan tidak sedap.

  • 2. Alkohol dan Kopi

  • Meskipun mengonsumsi kopi dan alkohol telah menjadi kebiasaan Anda, mungkin dengan membatasi kedua minuman tersebut badan akan terasa lebih wangi dan tidak menimbulkan bau.

    Untuk alkohol sendiri seperti bir, bau pada minuman tersebut akan menyerap dalam tubuh, kemudian pada proses metabolisme, zat pada bir akan berubah menjadi asam asetat. Produksi asam asetat itu kemudian akan dikeluarkan kembali melalui pori-pori kulit. Itu sebabnya, Anda akan bau badan setelah minum bir.

     

    Dapatkan Adidas Climacool Deo Body Spray dengan harga Rp 42.000,- Beli di sini

  • 3. Sayuran Jenis Kubis

  • Meski tinggi potassium dan antioksidan, sayuran yang berasal dari keluarga Brassicaceae seperti brokoli, kol, bawang merah dan bawang putih mengandung sulfur yang merupakan zat kimia yang secara alami memiliki aroma yang tak sedap.

    Makanan penyebab bau badan ini akan menyebabkan bau mulut dan aroma tubuh yang wangi berubah menjadi aroma yang tidak sedap. Jadi, meskipun sayur-sayuran tersebut sehat, batasi jumlah konsumsinya ya guys

  • 4. Asparagus

  •  Asparagus juga dikaitkan dengan makanan penyebab bau badan. Disinyalir asparagus dapat menimbulkan bau badan bahkan menyebabkan bau urin tidak sedap pada sebagian orang.

    Hal ini dikarenakan senyawa dalam asparagus dapat memecah senyawa sulfur dalam urin. Jika setelah mengonsumsi asparagus Anda tidak menjadi bau, maka hal ini mungkin dikarenakan tubuh Anda tidak memiliki enzim untuk mencerna merkaptan (salah satu unsur sulfur)

    Baca juga: 7 Langkah Agar Pria Lebih Wangi

  • 5. Ikan

  • Sudah bukan rahasia lagi, ikan memang memiliki bau yang amis dan tak sedap. Tidak hanya saat hidup, setelah dikonsumsi, orang yang memakan ikan juga akan memiliki bau badan tak sedap.

    Ikan dipercaya mengandung nutrisi minyak ikan serta vitamin B kompleks yang akan membuat tubuh Anda bau. Ini juga memungkinkan berkembangnya bakteri dan kuman di kulit yang keluar bersama keringat. Semakin berkeringat dan banyak mengonsumsi ikan, dapat dikatakan seseorang akan lebih mudah mengalami bau badan.

  • 6. Diet Rendah Karbohidrat

       
  • Saat seseorang melakukan diet karbo, maka secaratidak langsung tubuh akan dipaksa untuk memproduksi tiga asam yaitu asam acetoacetic, aseton, dan beta-hydroxybutyric sebagai pengganti tenaga yang biasa dihasilkan oleh karbohidrat. 

  • Salah satu asam tersebut yakni aseton dapat memproduksi gas yang akan membuat bau napas menjadi bau. Jadi itu sebabnya Anda akan lebih bau saat tidak makan karbohidrat. 

  • Dapatkan Calvin Klein Be EDT dengan harga Rp 430.000,- Beli di sini

  • 7. Makanan Pedas

      
  • Makanan pedas tentu tidak mempunyai aroma yang spesifik untuk menimbulkan bau badan. Tapi, makanan pedas dapat membuat suhu tubuh meningkat sehingga produksi keringat akan bertambah banyak.

    Semakin banyak keringat yang keluar dari tubuh Anda, maka bakteri akan semakin banyak. Saat bakteri bercampur dengan keringat, aroma tubuh yang wangi akan berubah jadi aroma yang menganggu dan menyengat.

  • 8. Junk Foods ( Makanan cepat saji)

  • Mengonsumsi makanan cepat saji yang terlalu banyak garam, gula, tepung, dan minyak terhidrogenasi dapat membuat kandungan-kandungan tersebut cenderung mengendap di perut. Jika tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur akan menyebabkan bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan tidak sedap.

    Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait

    Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
    Download sekarang:

    Logo Google Play Logo Google Play
    icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
    Keranjang Belanja
    Halaman Privasi
    Gambar Halaman Privasi