Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Merusak Gigi Anda!

Selain tubuh yang wangi, untuk dapat tampil percaya diri di depan umum Anda membutuhkan senyum yang cantik dan tampak bersahabat. Tapi bagaimana mau memberikan senyum terbaik jika gigi Anda tidak sehat dan rusak? 

Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Merusak Gigi Anda!

GIGI yang bersih tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga penampilan dan kepercayaan diri. Dengan senyum yang cantik, Anda dapat lebih berani bertemu banyak orang dan mampu menyebarkan senyum positif.

Tapi sayang, kebanyakan orang masih kurang perhatian terhadap kesehatan gigi mereka. Jarang sikat gigi, mengontrol gigi ke dokter setiap enam bulan sekali dan makan-makanan yang dapat merusak gigi menjadi beberapa penyebab gigi rusak. 

Dari sisi makanan, jenis makanan yang terlalu dingin, panas, manis, dan asam menjadi penyebab paling umum kerusakan gigi. Makanan-makanan tersebut umumnya mampu meningkatkan asam penyebab rongga, melemahkan email, dan mengeringkan mulut Anda.

Nah, agar Anda terhindar dari kerusakan gigi, sebaiknya hindari atau setidaknya mengontrol konsumsi 7 makanan berikut ini. 

1. Es

Bagi sebagian orang, bagian yang menyenangkan dari minuman dingin adalah mengunyah es. Namun, dokter gigi mengatakan bahwa mengunyah es adalah hal yang sangat tidak disarankan.

"Anda akan terkejut melihat betapa banyak orang berpikir bahwa es itu bagus untuk gigi mereka," kata Janice Yanni, DDS, seorang ahli ortodontik di Orthodonsi Keluarga Yanni di West Springfield, MA.

"Ini terbuat dari air, bagaimanapun, dan tidak mengandung gula atau aditif lainnya. Namun, mengunyah zat keras bisa merusak email dan membiarkan gigi jadi rentan."

Dapatkan Betadine Obat Kumur - 190ml dengan harga Rp 20.900,- Beli di sini

2. Buah Kering

Meskipun berstatus makanan sehat, buah kering termasuk kismis, aprikot, plum dan sejenisnya memiliki dampak besar pada gigi seperti dapat menempel di celah-celah gigi karena menyimpan banyak gula alami dalam prosesnya.

"Semua buah mengandung gula alami, dan begitu airnya habis, apa yang tersisa sangat terkonsentrasi dengan gula, lengket, dan menempel pada gigi, menjebak bakteri penghasil asam," menurut perusahaan wisata gigi, Departemen Gigi.

3. Roti

Sekilas, nampaknya makanan yang satu ini tidak dapat merusak gigi Anda. Tapi jangan salah, karena roti memiliki banyak kandungan gula yang dapat merusak gigi.

"Begitu Anda mulai mengunyah roti, enzim dalam air liur Anda memecah pati yang segera berubah menjadi gula," menurut Dental Departures.

Saat Anda terus mengunyah, roti putih dan pati lainnya seperti pasta, maka ia akan berubah menjadi pasta manis dan lembut yang mudah menempel di celah-celah antara gigi dan memberikan celah untuk bakteri penyebab rongga.

Tidak hanya roti, camilan renyah seperti keripik kentang dan pretzel juga cenderung termasuk makanan perusak gigi yang dapat menghasilkan masalah serupa.

Baca juga: Penyebab Bau Mulut yang Menggangu

4. Alkohol

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Tapi, dalam kasus ini bukan gula atau pigmen yang harus disalahkan, tapi mulut yang kering.

"Orang yang minum berlebihan mungkin mendapati aliran air liur mereka berkurang dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya seperti penyakit gusi," kata Dr. Yanni.

Aliran air liur dengan jumlah yang tepat di mulut berfungsi untuk memulai proses pencernaan, membersihkan partikel dan bakteri makanan, dan melindungi jaringan lunak dari iritasi dan infeksi.

Jadi, jika jumlah air liur dalam mulut Anda berkurang secara drastis, proses di atas tadi jadi terganggu dan akhirnya merusak gigi.

Selain alkohol, minuman berkafein, termasuk kopi, teh, dan minuman energi, juga bisa mengeringkan mulut Anda, berkontribusi pada gigi berlubang.

5. Permen Asam

Permen juga termasuk makanan perusak gigi selanjutnya yang perlu Anda hindari. "Setiap jenis permen asam memiliki kandungan asam yang sangat tinggi, yang dapat memecah enamel gigi," kata Timothy Chase, DMD, seorang partner latihan di SmilesNY di New York City.

Dan jika Anda berpikir menyikat gigi dengan baik akan menghapus kerusakan, Anda mungkin akan memperburuk keadaan.

"Menyikat terlalu cepat atau terlalu keras setelah makan permen asam dengan kandungan asam tinggi bisa menyikat enamel yang sudah mulai pecah di permukaan gigi Anda," tambahnya.

Ini harus pergi tanpa mengatakan bahwa lemon asam dan jeruk nipis yang asam secara alami dapat melakukan kerusakan yang sama, jika tidak lebih, sebagai permen asam.

Dapatkan Albothyl Concentrate 10ml dengan harga Rp 44.000,- Beli di sini

6. Soda

Minuman ringan menyebabkan triple-whammy efek merusak gigi. Pertama, jika Anda minum soda non-diet, Anda secara efektif “memandikan” gigi dengan gula, memberi bakteri rumah subur untuk berkembang.

"Saat Anda menyesap minuman bergula untuk jangka waktu yang lama, bakteri plak akan menggunakan gula tersebut untuk menghasilkan asam yang menyerang enamel Anda," ujar Dr. Yanni.

Kedua, minuman berkarbonasi paling banyak - diet dan non-bersifat asam, musuh lain dari enamel, tambahnya. Dan yang terakhir, jika Anda memiliki preferensi untuk cola, soda anggur, atau soda non-jelas lainnya, katakan selamat tinggal pada senyuman putih.

"Selain kandungan gula, minuman ringan berwarna gelap bisa menodai atau menghitamkan gigi," kata Dr. Chase.

7. Bit dan Beri

Makanan berpigmen tinggi dari bit merah dan berry hingga kari emas dan kecap mahoni, cenderung akan mengendap pada gigi saat Anda sedang makan dan menyebabkan senyuman kurang putih.

"Setiap makanan yang akan menodai t-shirt putih juga akan menodai gigi Anda," kata Joseph Banker, DMD, dokter gigi dan pendiri Creative Dental Care di Westfield, NJ.

"Bersihkan mulut Anda langsung setelah makan bit, beri, dan sayuran yang sangat hued seperti kale dan chard Swiss untuk menghindari noda permanen pada gigi.”

Baca juga: Jaga Kesehatan Napas dan Mulut Anda dengan Obat Kumur

Resep “Mulut-Sehat”

Para ahli sepakat: Cara termudah untuk melindungi gigi dari rongga dan noda adalah menyimpan segelas air di sekitar kita setiap saat. Aktivitas mulut yang menyerap air secara cepat dapat membantu membersihkan gula, mengusir partikel makanan, dan mengencerkan residu dari minuman berwarna gelap.

 

Nah, itu dia 7 makanan perusak gigi yang perlu Anda hindari. Jadi, mulai sekarang pastikan untuk selalu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi untuk menjaga gigi bersih dan sehat.

Dengan gigi yang bersih dan sehat, bau napas segar akan terpancar sehingga Anda tidak perlu khawatir akan napas yang tidak sedap.

Semoga bermanfaat!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi