FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Advertisement
Advertisement

Haruskah Memakai Mouthwash Setiap Hari?

Tidak hanya menjaga penampilan luar, sejatinya Anda juga harus menjaga kebersihan dalam tubuh seperti memperhatikan kebersihan mulut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash. 

Haruskah Memakai Mouthwash Setiap Hari?

Banyak orang tahu mereka harus menyikat gigi dua hingga tiga kali sehari. Mereka umumnya juga tahu pentingnya menggunakan dental floss setiap hari supaya tidak terjadi penumpukan plak gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Tapi, memakai mouthwash? Sepertinya tidak semua orang menggunakannya. Dan kalaupun iya, hanya digunakan sesekali setelah makan makanan berbau tajam seperti durian dan petai.

Hal ini diakibatkan karena tidak semua orang menganggap obat kumur atau mouthwash adalah perawatan mulut yang penting. Beberapa orang percaya bahwa penggunaan mouthwash hanya diperuntukan untuk saat-saat tertentu saja.

Benarkah demikian? Lalu bagaimana jika digunakan setiap hari? Berbahaya atau tidak ya?

Kegunaan Mouthwash 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk membersihkan gigi, menyikat gigi saja tidaklah cukup. Hal tersebut memang benar sebab karena bulu pada sikat gigi tidak dapat menjangkau seluruh bagian gigi.

Karena itu dibutuhkan bantuan lain seperti obat kumur/ mouthwash untuk membuat mulut bersih dan sehat. 

Meskipun terkesan sepele, intens menggunakan obat kumur akan membantu Anda membersihkan gusi dan sela-sela gigi, menghilangkan bakteri di gigi, serta menetralkan senyawa sulfur yang membuat napas bau.

Tidak hanya itu obat kumur juga akan membantu membunuh banyak bakteri yang menyebabkan sakit dan kerusakan gigi, mengatasi penyakit pernapasan dan penyakit lainnya.

Betadine Obat Kumur, Rp 20.900,- ; Beli di sini

Bagi Anda yang memiliki keluhan pembusukan gigi, fluoride yang terdapat di dalam mouthwash akan menghambat pertumbuhan gigi berlubang.

Sementara jika Anda mengalami bau mulut tanpa infeksi gusi maka gunakanlah perawatan mulut intensif dengan tongue scraper untuk membersihkan lidah dan juga dapat dioptimalkan oleh klorin dioksida yang terdapat di dalam mouthwash.

Aturan Pakai

Mouthwash adalah alat yang hebat tapi Anda tetap harus berhati-hati ketika mengikuti petunjuk yang ada di botol kemasan. Jika bicara mengenai intensitas memakai obat kumur, sebenarnya mouthwash boleh digunakan setiap hari.

Namun tetap perhatikan jumlah yang digunakan saat berkumur. Setiap obat kumur yang dijual biasanya dilengkapi dengan gelas takar kecil yang bisa digunakan untuk mengukur jumlah obat kumur.

Anda cukup berkumur sesuai takaran dan tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya. Setelah berkumur juga jangan lupa dibuang kembali ya, jangan sampai ditelan!

Oleh karena itu juga mouthwash sebaiknya tidak diberikan kepada anak berusia dibawah 12 tahun karena anak kecil biasanya akan menelannya.  

Di sisi lain beberapa mouthwash mengandung alkohol yang dapat menyebabkan luka, jadi sebaiknya Anda menggunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari efek samping tersebut.

Total Care Anti Bacterial Mouthwash Sparkling White, Rp 24.000,- ; Beli di sini

Pada beberapa orang menggunakan mouthwash tidak cukup. Hal ini karena bau mulut yang dialami disebabkan oleh masalah lain yang sudah meluas seperti penyakit gusi, mulut kering, infeksi sinus, penggunaan tembakau, diet atau penyakit perut.

Pada kasus ini, mengatasi masalah dasar adalah yang terpenting. Harap diperhatikan bahwa perawatan mulut intensif dengan obat bakteri tidak memenuhi syarat sebagai pengobatan penyakit gusi dan harus dirawat khusus oleh dokter gigi.

Jadi, selalu bijaksana dalam menggunakan mouthwash akan membuat mulut bersih dan sehat tanpa penyakit.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi