We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Haid Tidak Teratur, Wajarkah?

Haid memang merupakan siklus yang terjadi setiap bulannya pada wanita yang telah mengalami pubertas. Meskipun datang setiap bulan, nyatanya tidak semu wanita mengalami siklus haid yang teratur. 

Haid Tidak Teratur, Wajarkah?

SETIAP wanita tentu mendambakan siklus haid yang selalu teratur setiap bulan. Namun faktanya  sangat sedikit wanita yang beruntung memiliki periode haid seperti jam kerja dan selalu tepat waktu.

Bagi sebagian wanita hal tersebut bukanlah masalah besar selama haid tetap datang setiap bulan. Namun jangan dianggap sepele, nyatanya siklus haid tidak normal dapat menjadi kondisi yang harus Anda waspadai.

Apa saja risiko dari siklus haid tidak normal? Berikut penjelasannya: 

 

1. Apa yang dimaksud dengan siklus haid normal?

Saat seorang wanita mengalami menstruasi pertama kali, selama beberapa waktu siklus haid akan tidak teratur. Namun setelah itu pendarahan akan terjadi secara teratur baik dari segi frekuensi, durasi, dan juga volume. 

Hal ini disebabkan karena kadar progesteron dan estrogen (hormon yang bertanggung jawab pada penebalan dan peluruhan pada dinding rahim alias menstruasi) akan menyeimbangkan diri pada beberapa tahun pertama. 

Tetapi jika ini tidak terjadi maka kemungkinan Anda mengalami siklus haid tidak teratur dimana haid bisa datang kapan saja dan sulit dilacak.

Pengertian lainnya, siklus haid tidak teratur merupakan kondisi dimana menstruasi terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Umumnya wanita mengalami haid pada masa 23-35 hari. Sebelum atau di luar jangka waktu tersebut, haid dikatakan tidak teratur. 

 

Avail Feminine Comfort Sanitary Pad Day Use, Rp 34.000,- ; Beli di sini

2. Apa yang menyebabkan haid tidak teratur?

Banyak kasus haid tidak teratur disebabkan oleh faktor hormonal. Tapi tidak hanya faktor hormon, setiap fase kehidupan dan gaya hidup juga mungkin mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berinteraksi dalam tubuh.

Fase kehidupan

  • Pubertas
  • Kehamilan
  • Melahirkan
  • Menyusui  
  • Menopause

Pemicu dari gaya hidup

  • Penggunaan kontrasepsi seperti pil KB, implan dan coil
  • Penurunan berat badan atau penambahan berat badan ekstrem
  • Stres
  • Nutrisi buruk
  • Pelatihan ketahanan

Jika penyebab haid tidak teratur Anda diketahui berasal dari gaya hidup atau salah satu fase dalam kehidupan, maka mengembalikan keadaan dengan menghilangkan salah satu faktor bisa jadi hal yang dilakukan.

Misalnya penyebab haid tidak teratur Anda adalah nutrisi yang buruk, maka dengan mengubah pola makan jadi lebih bernutrisi bisa jadi cara membuat siklus haid normal. 

Sementara penyebab yang berkaitan dengan usia tidak memerlukan pengobatan karena hanya menunggu waktu yang tepat saja. Namun jika cara di atas tidak berhasil juga, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. 

3. Masalah kesehatan yang menyebabkan haid tidak teratur

Dalam banyak kasus, menstruasi tidak teratur dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan serius yang memerlukan pemeriksaan dan pengobatan medis lebih lanjut. Masalah kesehatan yang juga menyebabkan haid tidak teratur antara lain:

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Penyakit radang panggul
  • Kanker serviks
  • Gangguan tiroid
  • Endometriosis
  • Sindrom fase tidur yang tertunda
  • Penyakit pada Miss V
  • Diabetes

Jika Anda khawatir akan risiko penyakit di atas, sempatkanlah waktu untuk mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan sedini mungkin. 

Baca juga: 9 Penyebab Fase Menstruasi Terlalu Lama

4. Bagaimana dampak haid tidak teratur pada kesehatan?

Jika merasa haid tidak teratur bukanlah imbas dari masalah kesehatan yang serius, mungkin Anda tidak akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menganggapnya sebagai berkah dari Tuhan.

Namun menurut para ahli jika seseorang mengalami siklus haid tidak teratur lebih dari satu tahun maka Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini sangatlah berdasar karena pada beberapa kasus, wanita yang mengalami menstruasi berat dan tidak teratur mengalami penumpukan lapisan rahim dan ini dapat menyebabkan kanker endometrium.

Penting diketahui bahwa obesitas diperkirakan terkait dalam sepertiga kasus kanker rahim. Selain itu, masalah kesehatan tulang pun perlu diperhatikan karena apapun yang menganggu keseimbangan hormonal dan tingkat estrogen teratur dari siklus menstruasi dapat menjadi masalah pada kepadatan tulang dalam jangka panjang.

5. Apakah haid tidak teratur dapat mempengaruhi kesuburan?

Jawaban dari pertanyaan cukup sederhana dan tegas yaitu ya. Jika megalami haid tidak teratur maka Anda tidak dapat berovulasi dan ketika haid akan terasa lebih menyakitkan di tubuh – yang juga dikenal sebagai pendarahan anovulateri – atau kondisi dimana Anda menstruasi namun tidak berovulasi.

Tetapi tenang saja karena selalu ada solusi ketika Anda ingin hamil. Saat ini sudah ditemukan berbagai jenis obat-obatan seperti clomid yang dapat diresepkan untuk menginduksi ovuasi.

Atau jika memiliki berat badan berlebih maka Anda dapat mengonsumsi suplemen diet inositol dan jangan lupa untuk melakukan perawatan Miss V karena akan lebih mengoptimalkan hasilnya.

Tong Jing Bao Lancar Haid, Rp 21.000,- ; Beli di sini

6. Perawatan untuk haid tidak teratur

Jika mengalami haid tidak teratur atau bahkan tidak ada sama sekali, penting bagi Anda untuk segera mencari nasihat medis dari dokter umum atau dokter spesialis.

Penting juga bagi Anda untuk mengamati gaya hidup yang diterapkan serta kondisi kesehatan selama ini karena itu akan sangat membantu dokter untuk mengidentifikasi penyebab sehingga dapat menemukan solusi yang tepat.

Ada beberapa langkah yang dapat dicoba oleh semua wanita supaya haid menjadi teratur, antara lain:

  • Makan diet seimbang
  • Olahraga dengan moderasi
  • Pertahankan berat badan ideal
  • Kurangi stres
  • Pengobatan alternatif seperti akupuntur yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon dan mengatur menstruasi
  • Ubah metode kontrasepsi yang digunakan
  • Lakukan perawatan Miss V  dengan baik

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi