Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Haid Tidak Teratur? Simak 7 Tanda Kehamilan Lainnya!

Cara paling umum untuk menduga tanda awal kehamilan adalah melalui haid. Namun, bagaimana jika haid Anda memang tidak teratur dan sering telat? Dari mana Anda tahu tanda tanda hamil?

HAID kerap kali menjadi patokan tanda awal kehamilan. Terlambatnya kedatangan haid sering dijadikan pertanda bahwa sel telur berhasil dibuahi sperma.

Bahkan, tenaga kesehatan menggunakan data hari pertama haid terakhir (HPHT) untuk menganalisis usia kehamilan. 

Bagi perempuan yang memiliki siklus haid teratur dari bulan ke bulan, tanggal haid berpotensi akurat untuk memprediksi tanda awal kehamilan. Namun, bagaiman dengan perempuan yang mengalami haid tidak teratur?

Harus bergantung pada apakah untuk mengetahui tanda tanda hamil? Tak perlu cemas, ladies. Masih ada berbagai cara untuk mengetahui tanda tanda hamil selain melalui tanggal haid.

Payudara Terasa Sakit

Tanda tanda hamil pertama yang bisa Anda deteksi adalah melalui payudara. Ketika terjadi konsepsi, pembuahan sel telur oleh sperma, level estrogen akan meningkat dan menyebabkan payudara terasa sakit, nyeri, dan geli.

Namun, memang, rasa sakit pada payudara ini hampir sama dengan ketika Anda mengalami PMS sehingga sulit dikenali bedanya.

Areola Menghitam

Lantas, apa perbedaan kondisi payudara saat PMS dengan saat hamil? Warna areola adalah jawabannya. Di awal kehamilan, areola akan menghitam dan meningkat diameternya pada beberapa minggu setelah konsepsi.

Anda juga akan melihat bintik-bintik kecil yang bentuknya sama seperti ketika Anda sedang merinding di areola. Ini akan berfungsi sebagai kelenjar yang melumasi puting saat Anda menyusui.

Merasa Lelah

Meski haid tidak teratur, Anda masih mengenali kehamilan melalui kondisi tubuh yang mulai lelah.

Ini disebabkan hormon kehamilan yang membuat Anda lebih lamban dan mudah mengantuk. Namun, tetap perlu dicatat bahwa rasa lelah bisa timbul karena PMS, terlalu stres, atau kurang tidur.

Merasa Mual

Bila haid tidak teratur, kenali saja tanda kehamilan dari munculnya mual hingga muntah. Pada awal masa setelah konsepsi, Anda akan mengalami morning sickness dan mulai merasa mual di pagi hari.

Ini terjadi karena hormon kehamilan yang tiba-tiba meningkat. Namun, sekali lagi, kenali apakah mual timbul karena kehamilan atau karena pola makan Anda yang tidak tepat alias maag.

Sensitif terhadap Bau

Beberapa ibu hamil yang menginjak trimester pertama melaporkan bahwa sensitivitasnya terhadap bau meningkat. Ini terjadi karena level hormon estrogen yang ikut meningkat selama kehamilan.

Perut Kembung

Meningkatnya hormon progesteron saat hamil bisa memperlambat kinerja pencernaan. Inilah mengapa ibu hamil kerap merasakan perut kembung di awal masa kehamilannya, karena ada gas yang terjebak di dalam usus.

Frekuensi Berkemih Meningkat

Jika tiba-tiba di luar kebiasaan Anda merasa harus buang air kecil terus-menerus, bisa jadi ini adalah tanda awal kehamilan.

Sekitar 2 minggu setelah konsepsi, biasanya ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring limbah dalam darah yang berasal dari janin dalam kandungan.

Tak hanya itu, bertambahnya hormon progesteron serta berkembangnya rahim yang mendesak kandung kemih juga berperan dalam meningkatkan rasa ingin buang air kecil.

Itulah beberapa tanda kehamilan yang bisa Anda jadikan patokan bila haid tidak teratur. Jadi, bagaimana? Apakah si kecil sedang berkembang dalam rahim Anda?

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

10 komentar

  • mgSbnjkdcpKlYtDB

    eXuSzFBDI on
  • lfwTdJZjuMkGWaiA

    NyrHUEhKpVeX on
  • NrxPdHhukKlezab

    rcdEaNQIyY on
  • xbIlhkRzZ

    pVqTPfXUlxLRWYKD on
  • ewdihcoVKYS

    KVUeXRmq on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi