We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Guys, Kenali Waktu yang Tepat Buang Produk Grooming Anda!

Untuk menunjang penampilan, tidak hanya wanita, para pria juga sering membeli produk grooming seperti alat cukur dan pomade. Sayangnya, karena tidak terlalu memperhatikan tanggal kedaluawarsa, beberapa pria tanpa disadari harus menggunakan produk grooming yang seharusnya sudah dibuang. 

Guys, Kenali Waktu yang Tepat Buang Produk Grooming Anda!

UNTUK tampil lebih percaya diri, baik pria maupun wanita tentu menggunakan beberapa produk perawatan wajah dan tubuh yang dipakai setiap hari. Untuk pria, biasanya akan memiliki beberapa produk andalan seperti pisau cukur, pomade rambut, sampai face wash khusus. 

Produk- produk tersebut biasanya akan digunakan dengan hemat terlebih jika harganya mahal. Namun, dibalik sikap hemat tersebut, kadang tanpa disadari Anda akan terlanjur menggunakan produk grooming yang sudah seharusnya dibuang karena kedaluwarsa atau kualitasnya sudah rusak.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya karena memakai produk perawatan yang sudah kedaluwarsa secara terus menerus dapat membuat kulit berjerawat sampai infeksi. Untuk menghindarinya, cara paling gampang adalah dengan membaca tanggal kedaluwarsa pada kemasan.

Jika tanggal kedaluwarsa kemasan pada produk masih bisa terbaca dengan jelas, Anda tentu akan lebih mudah untuk membuang barang yang sudah tidak layak. Namun bagaimana jika tanggal kedaluwarsa sudah tidak terbaca? Bagaimana cara mengetahui kapan produk grooming harus dibuang?

Jangan khawatir guys, berikut kami berikan 10 ulasan kapan membuang produk grooming dan cara merawatnya. 

1. Pelembab & Krim

Secara umum, barang yang diperuntukkan untuk kulit seperti pelembab dapat bertahan di atas satu satun sejak Anda membukanya. Tapi perlu diingat, itu semua tergantung dari bahan pembuatan produk tersebut.

Misalnya, sebuah brand yang mengklaim menggunakan bahan alami, maka secara otomatis hal itu akan menurunkan usia produk tersebut. Tapi selain bahan, cara Anda menyimpan produk tersebut juga akan mempengaruhinya. 

Untuk memastikan krim wajah tidak kehilangan fungsinya lebih awal dari seharusnya, Anda bisa meletakkannya di tempat yang sejuk dan gelap. Jika mungkin gunakan pompa untuk mengurangi kontak produk dengan udara dan meminimalisir bakteri yang mungkin masuk. 

Dapatkan Wak Doyok Krim Jambang dan Rambut - 75ml dengan harga Rp 170.000,- Beli di sini

2. Produk Jerawat & Anti Aging

Entah itu peroksida benzoil, asam salisilat, retinoid atau lainnya, jerawat atau kerutan tidak akan bekerja tanpa bahan aktif yang efektif dari produk anti aging/ acne yang digunakan. Masalahnya adalah bahan kimia ini sangat mudah menguap, bahkan dalam kondisi terbaik mereka hanya bertahan sekitar 3-6 bulan setelah dibuka. 

Jadi, untuk memastikan produk ini bertahan lebih lama, Anda bisa menempatkannya di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung karena dapat memecah bahan kimia di dalamnya. Sebaliknya, tempatkan di tempat yang sejuk seperti kulkas karena dapat memperlambat aktivitas aktif peluruhan bahan.

3. Tabir Surya

Berbicara tentang bahan aktif untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya, tabir surya menggunakan formula spesifik dari komponen yang efektif melindungi kulit. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menjaga suhu kamar tetap dingin dan menyingkirkan semua kosmetik dari sinar matahari.

Jika terkena matahari, botol-botol tabir surya cenderung menjadi tidak stabil dan mengurangi kemampuan mereka untuk melindungi Anda. Simpan dengan benar meskipun tabir surya bisa bertahan sepanjang tahun sejak dibuka.

Baca juga: 5 Tips Alternatif untuk Grooming

4. Sabun dan Sampo

Sebagai produk yang langsung bersentuhan dengan kulit, menjaga kebersihan sabun mandi dan sampo sangat penting. Hal ini karena sabun yang terkontaminasi dapat membuat kulit Anda iritasi. Jika Anda menggunakan sabun batangan, sebaiknya letakan dalam tempat khusus agar selalu kering. 

Sementara itu, untuk sampo dan body wash kemasan, Anda hanya perlu menutup tutupnya dengan rapat untuk menghindari kuman masuk ke dalam. Jika ini dilakukan dengan benar, kedua produk tersebut dapat bertahan sekitar satu setengah tahun sejak pertama kali digunakan.

Sedangkan untuk sabun batangan dan botol yang belum dibuka, mereka bisa bertahan sampai 3 tahun dengan sendirinya, dengan kejadian terburuk karena mengering sedikit.

5. Produk Styling

Anda sudah lama menggunakan pomade rambut yang sama? Apakah Anda menyadari bahwa setiap kali jari bersentuhan dengan gel pomade/ rambut maka bakteri akan memiliki peluang besar untuk masuk ke dalam.

Untuk menjaga agar pomade bebas kuman, pastikan untuk selalu menggunakan tangan yang bersih. Selain itu, tempatkan pomade di tempat yang lembab, seperti kamar mandi dan jangan lupa membuangnya saat sudah berusia 2 tahun.

Dapatkan Gillette Fusion Proglide dengan harga Rp 116.500,- Beli di sini

6. Antiperspirant

Antiperspirant atau deodorant adalah produk yang mampu bekerja sebagai disinfektan alami yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan di ketiak Anda. Dengan fungsi tersebut biasanya produk jenis ini mampu bertahan kurang dari tanggal kedaluwarsa yang diiklankan. 

Misalnya, Anda membeli deodorant dengan tahun kedaluwarsa 2020, maka usahakan gunakan produk sebelum mencapai tahun tersebut. Di sisi lain, produk jenis ini memiliki keuntungan yaitu memiliki bahan yang cenderung cukup stabil, terlepas dari suhu, matahari atau elemen lainnya yang biasanya mempengaruhi kedaluwarsa.

7. Cologne

Tidak peduli seberapa bagus botol cologne Anda, jika menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau berdekatan dengan produk lain berbau menyengat maka cologne akan kehilangan aromanya. 

Hal itu terjadi karena cologne terdiri dari campuran bahan kimia reaktif yang rumit, sehingga terlalu banyak sinar matahari dan tercampur dengan bau produk lain akan membuat aroma cologne menjadi hambar. 

 

Itu dia waktu yang tepat kapan Anda perlu membuang alat cukur kumis dan jenggot atau produk grooming lainnya. Namun, jika Anda tidak ingin produk perawatan wajah kadaluarsa sebelum waktunya, pastikan untuk memerhatikan tempat penyimpanannya dengan benar.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi