FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Guys, Ini Dia Perawatan Jenggot yang Harus Anda Ketahui

Jenggot dan kumis masih dianggap sebagian besar pria mampu membuat penampilan terlihat lebih menarik dan maskulin. Meskipun demikian, bukan berarti Anda para pria membiarkan jenggot dan kumis tumbuh begitu saja. Agar penampilan ganteng maksimal, jenggot dan kumis juga perlu diberikan perawatan khusus lho. 

Guys, Ini Dia Perawatan Jenggot yang Harus Kamu Ketahui

MENJAGA penampilan kini tidak hanya penting bagi wanita namun juga bagi Anda para pria. Mulai dari cara berpakaian, tatanan rambut, perawatan wajah hingga hal yang tak kalah penting yaitu perawatan jenggot.

Meskipun seringkali agak terlupakan, merawat jenggot dan kumis adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar jenggot dapat tumbuh rapi dan bersih. Jenggot yang bersih dan rapi akan membuat penampilan Anda ganteng maksimal layaknya selebriti papan atas seperti  Adam Levine dan Zayn Malik. 

Di sisi lain, banyaknya selebriti pria yang menumbuhkan jenggot membuat banyak wanita akhirnya menganggap pria dengan jenggot dan kumis terlihat lebih menarik dan seksi. Hal ini akhirnya membuat tren menumbuhkan jenggot dan kumis semakin booming.

Nah, apakah Anda ingin mulai menumbuhkan jenggot agar nampak seperti para selebriti, atau sudah mulai melakukannya tapi belum tahu bagaimana cara merawatnya? Tenang, melansir Mens Health, berikut 6 perawatan jenggot yang harus Anda ketahui. 

1. Biarkan Jenggot Anda Tumbuh

Hal pertama yang perlu diketahui dalam perawatan jenggot yaitu membiarkannya terus tumbuh jika Anda memang ingin mendapatkan tampilan yang agak brewok. Memang diawal akan terasa agak sulit apalagi jika Anda sudah tidak sabar untuk memangkasnya.

Tahanlah rasa gemas Anda yang ingin mengubah jenggot tersebut. Biarkan jenggot Anda tumbuh liar karena menurut ahli, waktu yang paling tepat membentuk jenggot adalah pada saat tumbuh sekitar 1 cm hingga 1,5 cm.

Tidak sabar dan terburu-buru memotong jenggot justru akan membuat Anda tidak dapat membentuk jenggot sesuai keinginan. 

Schick Quattro Titanium Freestyle, Rp 126.100,- ; Beli di sini

2. Lakukan Persiapan yang Baik Ketika Hendak Akan Bercukur

Perawatan jenggot selanjutnya yang harus diketahui oleh para pria adalah melakukan persiapan yang baik ketika hendak bercukur. Persiapan ini dilakukan agar hasil yang didapatkan setelah bercukur maksimal.

Persiapan tersebut mencakup menyiapkan alat cukur yang bersih dan tidak berkarat serta membasuh jenggot dengan air hangat untuk menghindari iritasi pada saat bercukur. Anda juga sangat disarankan menyediakan pre-shave oil yang akan membantu membuat rambut jenggot keras menjadi lembut. 

3. Bersihkan dengan Sampo dan Kondisioner Khusus

Bukan hanya untuk rambut, sampo dan kondisioner juga dibutuhkan oleh jenggot Anda. Tapi di sini Anda tidak boleh menggunakan sampo rambut biasa melainkan sampo khusus untuk perawatan jenggot. Formula sampo untuk rambut biasanya dibuat untuk mengurangi minyak alami kepala sehingga jika digunakan untuk jenggot justru akan membuatnya kering.

Di sisi lain, membersihkan jenggot dengan sampo dan kondisioner khusus sangat penting agar rambut jenggot bersih, wangi, dan sehat. Untuk pemakaian, cukup gunakan sampo dan kondisioner khusus tersebut dua kali seminggu atau sesuai dengan beratnya aktivitas yang Anda jalani. 

Baca juga: 5 Tips Alternatif untuk Grooming

4. Jangan Tegang Pada saat akan Bercukur

Step ini mungkin dianggap kurang penting pada saat akan bercukur, tapi sebenarnya kumis dan jenggot Anda memang memerlukan perhatian lebih pada saat akan dicukur.

Berikan perhatian khusus dengan cara beristirahat dan tidak tegang pada saat akan bercukur. Pada saat Anda lebih rileks maka kulit muka tidak akan tertarik sehingga memudahkan pada saat bercukur.

Selain itu terlalu tegang pada saat bercukur akan menyebabkan kulit tertarik hingga membuat rambut jenggot tumbuh ke arah dalam. Hal ini adalah salah satu penyebab utama terjadinya ruam pada kulit pada saat bercukur.

5. Ingat Merawat Jenggot = Merawat Kulit

Kebanyakan lelaki saat ini beranggapan bahwa merawat dan mencukur jenggot hanya berguna untuk menjaga penampilan. Padahal merawat jenggot dan kumis sama saja dengan merawat kulit wajah Anda. Hal ini karena, segala bentuk perawatan yang Anda lakukan pada jenggot dan kumis akan turut mempengaruhi kulit.

Contohnya saja pada saat bercukur, pria yang kurang memperhatikan beberapa tahap persiapan sebelum bercukur kebanyakan akan mengalami iritasi, ruam pada kulit dan gatal-gatal.

Oleh karena itu merawat jenggot sekaligus kulit Anda sangat penting untuk menjaga kulit di tempat jenggot tumbuh tetap sehat sehingga penampilan menjadi maksimal. 

Wak Doyok Krim Jambang & Rambut, Rp 170.000,- ; Beli di sini

6. Tahu Perbedaan Beard Oil dan Beard Balm

Kedua produk perawatan jenggot ini bisa dibilang salah satu aspek yang tak boleh terlupakan pada saat akan merawat jenggot dan kumis. Namun karena namanya yang hampir serupa, terkadang para pria tidak tahu kapan harus menggunakan beard oil dan beard balm.

Perlu diketahui, beard oil digunakan sebagai pelembab yang dapat merangsang pertumbuhan jenggot. Sementara itu, beard balm adalah adalah salah satu produk styling agent yang digunakan untuk menambah volume jenggot dan membentuk jenggot.

Dengan mengetahui fungsi kedua produk tersebut, Anda bisa menggunakan beard oil untuk menutrisi rambut jenggot dan menggunakan beard balm untuk membentuk dan melindungi jenggot dari dehidrasi.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi