FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Fakta-Fakta Strech Marks yang Harus Anda Tahu!

Kulit yang mulus tanpa noda adalah impian setiap orang termasuk wanita. Namun seiring bertambahnya usia, kulit tidak bisa lepas dari noda alami yang muncul seperti stretch mark. 

Fakta-Fakta Strech Marks yang Harus Anda Tahu

STRETCH marks merupakan hal yang umum muncul pada kulit manusia. Biasanya, stretch mark atau selulit muncul pada wanita hamil atau mereka yang sedang dalam masa pubertas.

Namun, aakah wanita saja yang bisa mengalami selulit? Bagaimana dengan pria? Dan apakah ada perawatan kulit intensif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark?

Simak penjelasan seputar fakta stretch mark berikut ini: 

1. Mengetahui jenis Stretch Mark yang dialami

Banyak orang berpikir selulit atau stretch mark hanya terjadi pada wanita saat hamil atau pubertas. Padahal, stretch mark terbagi dalam beberapa jenis seperti berikut: 

  • Distension Stretch Mark : Biasanya muncul pada wanita hamil atau pria yang mengalami penurunan berat badan secara drastis. Stretch mark ini biasanya berada di area dada, perut dan payudara.
  • Dark Red Purple : Stretch mark ini berbentuk garis halus yang terjadi karena sering mengonsumsi corticoids (semacam jenis obat)
  • Puberty Stretch Mark : Terjadi ketika wanita maupun pria berada pada masa pubertas. Biasanya berbentuk garis halus yang berada di atas atau bagian bawah punggung, pinggul dan payudara.
  • Rapid Muscle Growth Stretch Mark : Stretch mark ini terjadi karena adanya pembentukan tubuh dan pertumbuhan otot yang begitu cepat, dimana membangun otot trisep dan otot bahu yang menyebabkan peregangan dari otot-otot.

Bio Oil Botol, Rp 120.000,- ; Beli di sini

2. Menyamarkan Stretch Mark

Cara menghilangkan selulit sebenarnya bisa dilakukan dengan dua acara yaitu secara langsung maupun tidak langsung.

Olahraga seperti jogging, renang atau bersepeda merupakan salah satu cara menyamarkan stretch mark secara tidak langsung, karena olahraga membawa aliran darah menjadi lebih baik dan membawa zat-zat oksigen yang lebih baik.

Sedangkan cara yang tidak langsung adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan menjalani pola hidup sehat.

3. Penyebab Stretch Mark

Stretch mark disebabkan oleh proses pertumbuhan dan pembesaran tubuh ketika hamil maupun obesitas yang membuat kulit meregang. Ternyata tak hanya itu, ada beberapa penyebab lain yang menjadi penyebab munculnya stretch mark :

  • Obat-Obatan : Kolagen sangat dibutuhkan untuk elastisitas kulit, kekurang kolagen dapat meningkatkan risiko pembentukan stretch mark. Nah, ada beberapa obat-obatan yang justru malah dapat mengurangi jumlah kolagen di kulit. Jadi sebelum mengonsumsi suatu obat, tanyakan dulu apakah obat tersebut dapat mengurangi jumlah kolagen dalam tubuh atau tidak. 
  • Makanan berkalori tinggi : Untuk menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh, sebaiknya jangan berlebihan ketika mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Bukan tanpa alasan, makanan jenis ini bisa memicu timbulnya stretch mark pada tubuh.
  • Celana dan pakaian ketat : Penggunaan pakaian dan celana yang ketat dapat merusak kulit bagian dermis/ atas. Hal ini juga bisa memicu munculnya stretch mark di tubuh Anda, karena kulit juga membutuhkan oksigen. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan pakaian maupun celana yang ketat ya.

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

4. Gejala Awal Sebelum timbulnya stretch mark

Adapun gejala awal sebelum munculnya stretch mark ditandai rasa gatal dan panas. Konon katanya, apabila tidak digaruk maka garis-garis halus tersebut tidak akan muncul.

Padahal bukan seperti itu, walaupun kulit yang gatal tersebut tidak digaruk, stretch mark akan tetap muncul pada waktunya. Jadi pernyataan di atas hanya mitos ya. 

Palmer's Cocoa Butter Formula Tummy Butter, Rp 208.300,- ; Beli di sini

5. Salep atau krim penghilang stretch mark

Banyak wanita yang merasa terganggu akan kehadiran stretch mark di area tubuhnya. Maka, tak jarang wanita melakukan berbagai cara menghilangkan selulit dengan perawatan tubuh intensif  dan penggunakan krim atau obat  tertentu untuk menghilangkan stretch mark.

Salah satu obat yang bisa manfaatkan adalah Bio Oil. Obat berbentuk minyak ini dapat menyamarkan stretch mark di tubuh Anda dengan memperbaiki pertumbuhan kolagen, sekaligus dapat melembabkan kulit.

Selain untuk menyamarkan stretch mark, Bio Oil juga bisa digunakan untuk pencegahan munculnya stretch mark pada wanita hamil. Bagi Anda yang sedang hamil dapat menggunakan Bio Oil saat trimester dua untuk menghambat munculnya stretch mark di tubuh.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi