Menu
Cart

WANITA

Efektifkah Kondom Wanita untuk Mencegah Penyakit Seksual?

Oleh: Natalia P | 4 menit membaca


Wanita secara biologis lebih rentan terhadap penyakit menular seksual dari pasangan yang terinfeksi dibandingkan pria. Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah penyakit menular seksual, penyakit kelamin dan mencegah kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Sehingga dilakukan berbagai pengembangan teknologi alat kontrasepsi yang terbaik untuk wanita yaitu kondom wanita. Memberikan perlindungan bagi wanita yang bekerja seperti kondom pada umumnya namun dengan bentuk kondom dan cara pakai kondom yang berbeda.

Efektifkah Kondom Wanita untuk Mencegah Penyakit Seksual?

Apa Itu Kondom Wanita

Kondom wanita adalah sebuah sarung berbahan poliuretan atau lateks sintetis yang memiliki pelumas dengan lingkaran seperti cincin fleksibel pada setiap ujung kondom. Pada tahun 1993, penggunaan kondom wanita sudah disetujui oleh badan makanan dan obat Amerika Serikat (Food and Drug Administration) sebagai salah satu alat kontrasepsi untuk seks yang aman.

Kondom wanita pertama atau FC1 terbuat dari polyurethane, tetapi banyak orang mengeluh karena bahan yang kurang nyaman sehingga digantikan oleh FC2. Kondom wanita ini terbuat dari lateks sintetis yang disebut nitrile. Terasa lebih nyaman serta aman digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk perlindungan penyakit menular seksual dan HIV.

Cara Pakai Kondom Wanita

jual kondom wanita termurahKondom wanita dimasukkan langsung ke dalam vagina sebelum berhubungan seks, mirip seperti memasukkan tampon. Salah satu ujung kondom wanita ini dimasukkan ke dalam vagina sementara ujung yang lain berada diluar vagina.

Anda bisa membaca instruksi cara pakai kondom wanita sebelum menggunakan kondom wanita dan pastikan kondom tersebut tidak terpelintir atau sobek ketika sedang dimasukkan. Gunakan pelumas dalam kondom wanita untuk meningkatkan kenyamanan dan efektivitas.

Selama hubungan seksual, penis akan memasuki kondom tanpa membuat kontak langsung dengan vagina. Setelah selesai berhubungan seks, putar cincin luar kondom lalu tarik keluar dari vagina dengan lembut dan berhati-hati agar sperma tidak tumpah.

Kondom wanita dapat dimasukkan pada vagina hingga delapan jam sebelum hubungan seksual, namun kondom harus dibuang segera setelah berhubungan seks dan tidak digunakan kembali. Tidak disarankan untuk menggunakan kondom pria dan kondom wanita bersamaan karena akan menimbulkan gesekan.

Baca juga: Amankah Memakai Kondom Pria & Kondom Wanita Secara Bersamaan?

Manfaat Menggunakan Kondom Wanita

Kondom wanita memiliki banyak manfaat yang sama seperti kondom pria, termasuk kenyamanan, sebagai cara mencegah kehamilan, perlindungan dari penyakit menular seksual dan penyakit kelamin serta minimnya efek samping. Manfaat lain kondom wanita bisa menjadi sebuah foreplay, cara yang sensual sebelum memulai hubungan seksual.

Salah satu manfaat potensial dari kondom wanita dibandingkan dengan kondom pria adalah bahwa perempuan dapat mengambil tanggung jawab lebih aktif dalam mencegah kehamilan. Karena kondom perempuan dapat dimasukkan ke dalam vagina hingga delapan jam sebelum berhubungan seks, wanita juga dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seksual.

Efektivitas Kondom Wanita

jual kondom pasutri lengkapSeperti kondom pria, kondom wanita sangat efektif bila digunakan dengan cara pakai kondom yang benar dan konsisten. Sebagai alat kontrasepsi, kondom wanita lebih baik dibandingkan dengan metode pengaman lainnya.

Kondom wanita memang sedikit lebih mahal dibanding kondom pria, tetapi kini kondom wanita dapat dengan mudah Anda dapatkan di toko obat, pusat-pusat kesehatan atau toko online. Sebuah studi Cina yang membandingkan efektivitas kontrasepsi dari kondom wanita dengan kondom pria menunjukkan tingkat kehamilan yang hampir sama.

Sementara sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa penggunaan kondom wanita membantu mencegah penyakit trikomoniasis secara efektif. Walaupun menurut beberapa penelitian mengatakan penggunaan kondom wanita memiliki sejumlah hambatan seperti ketidakpercayaan pengguna, ketidaknyamanan, kesulitan dalam penggunaan dan rasa tidak nyaman atau nyeri, kenyataannya, wanita di Kenya dan laki-laki dan perempuan di Cina, mengungkapkan bahwa kondom wanita membuat hubungan seksual lebih menyenangkan.

Seperti kondom pria, kondom wanita harus digunakan dengan benar dan konsisten agar efektif. Terutama dalam hal melindungi dari penyakit menular seksual dan sebagai cara mencegah kehamilan. Selain itu, kondom juga sangat mudah digunakan, murah dan tersedia secara umum. Sehingga benar-benar penting untuk menggunakan kondom ketika Anda akan berhubungan seks.

Baca juga: Kondom Wanita vs Kondom Pria, Apa Saja Perbedaannya?



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_kondom wanita, Beli kategori_wanita, Beli kondom, Beli kondom wanita, Beli lubricant, Beli wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com