Makna di Balik Karangan Bunga Duka Cita

Sebelum meminta floris langganan Anda untuk menyusun karangan bunga duka cita atau rangkaian bunga duka cita sebagai ucapan duka cita untuk kerabat Anda, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu makna dari bunga duka cita. Apakah berduka untuk kepergian kekasihnya? Anggota keluarganya? Sahabatnya? Atau mungkin ia terkena musibah lainnya? 

Makna di Balik Karangan Bunga Duka Cita

KARANGAN bunga atau rangkaian bunga terutama buket bunga memang kerap kali digunakan untuk merayakan sebuah momen spesial dan ucapan selamat kepada mereka yang akan memulai kehidupan baru. Tak hanya menunjukkan suka cita saja, rangkaian bunga juga identik dengan menunjukkan rasa bela sungkawa atas musibah yang menimpa, atau kepergian seseorang.

Namun jangan sampai salah memilih, sebab setiap bunga duka cita memiliki makna tersendiri. Perhatikanlah makna di balik rangkaian bunga duka cita atau karangan bunga duka cita di bawah ini.

Bunga Lili

jual bunga lili terlengkap hanya di AsmaraKu

Bunga Lili adalah bunga yang paling umum untuk digunakan pada acara pemakaman. Ternyata di balik aroma menyengat Lili, terdapat makna yang mendalam. Bunga Lili adalah simbolis ketenangan serta kesucian jiwa, dan dipercaya bahwa arwah yang ditinggalkan akan mudah mencapai ketenangan.

Tanaman Lili

Tanaman Lili juga melambangkan hal yang sama dengan bunganya. Dengan memadukannya dengan bunga Lili, maka karangan bunga duka cita akan terlihat lebih indah.

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Tentang Bunga Lili

Bunga Mawar

jual karangan bunga mawar duka cita murah

Bunga mawar juga kerap kali ditemukan di sekitar pemakaman setelah bunga Lili. Namun bunga mawar, memiliki makna yang berbeda dari bunga Lili. Setiap warnanya pun memiliki konotasi yang berbeda pula, warna merah melambangkan cinta dan duka yang mendalam, warna kuning menunjukkan eratnya hubungan dengan yang ditinggalkan, dan warna ungu tua melambangkan rasa terima kasih kepadanya.

Bunga Anggrek

jual bunga anggrek ungkapan duka cita murah

Bunga Anggrek memang identik dengan bunga suka cita karena keindahannya dari variasi warna yang sangat beragam. Namun untuk suasana berduka, bunga Anggrek memberi makna rasa syukur dan rasa terima kasih yang lebih mendalam dibandingkan dengan bunga Mawar berwarna ungu gelap.

Bunga Seruni

Berbeda dengan bunga-bunga lainnya, bunga Seruni memiliki arti dan makna yang berbeda di seluruh penjuru dunia. Begitu pula dengan warnanya, memiliki arti yang berbeda pula.

Di Amerika Serikat dan beberapa negara bagian Eropa, bunga Seruni bermakna rasa simpati yang mendalam dan juga sebagai bentuk penghargaan bagi yang ditinggalkan. Bunga Seruni berwarna merah melambangkan cinta, dan warna putih melambangkan kesucian.

Bunga Anyelir

jual bunga papan lengkap dan murah

Di beberapa wilayah, bunga Anyelir pun sering digunakan untuk ucapan duka cita. Umumnya, bunga Anyelir dirangkai dengan standing spray.

Bunga Anyelir merah melambangkan kasih sayang kepada dia yang telah pergi, dan warna putih melambangkan kesucian. Bagi masyarakat Katolik dan beberapa umat Kristen, bunga Anyelir Pink bermakna pemberkatan oleh bunda Maria  karena dipercaya Anyelir Pink berasal dari air matanya.

Bunga Hyacinth

Bunga Hyacinth lebih jarang digunakan sebagai ungkapan duka ketimbang bunga lainnya. Hal ini dikarenakan bunga ini memiliki makna yang berbeda bagi setiap individu. Ada yang beranggapan bahwa bunga Hyacinth adalah bentuk ucapan penyemangat dalam kompetisi olahraga, atau tergesa-gesa.

Namun bagi sebagian orang, bunga Hyacinth simbol 'doa kami akan selalu menyertai'. Jika Anda menginginkan bunga Hyacinth dalam rangkaian bunga, sebaiknya hanya gunakan sebuah saja yang diletakkan di bagian tengah agar tidak menyinggung mereka yang ditinggalkan.

Baca juga: Etika Memberikan Karangan Bunga Duka Cita

Bunga Hortensia

Bunga ini juga merupakan bunga yang jarang dipakai untuk mengungkapkan rasa duka. Hal tersebut dikarenakan maknanya yang masih sangat jarang diketahui.

Makna dari bunga Hortensia ialah ketulusan yang mendalam. Hortensia dipakai dalam rangkaian bunga duka cita karena bunga ini lebih tahan lama ketimbang bunga-bunga lainnya.

 

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait